5 Rekomendasi Makanan Lezat Khas Bajawa, Flores yang Wajib Kamu Cicipi

Rabu, 8 September 2021 | 06:22:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

5 Rekomendasi Makanan Lezat Khas Bajawa, Flores yang Wajib Kamu Cicipi

Foto: instagram.com/ria_niknik

Etnis Bajawa atau Bhajawa merupakan satu dari dua etnis yang menempati Kabupaten Ngada di Pulau Flores bagian tengah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Etnis yang lain yakni Riung. Kedua etnis ini mempunyai latar belakang sosial budaya yang berbeda. Adat istiadat, kebiasaan dan bahasa sangat berlainan.

Kota Bajawa ini berada di Provinsi Flores, tepatnya di daerah Indonesia bagian Timur. Salah satu destinasi wisata menarik di Flores yaitu Pulau Komodo yang terletak di Kabupaten Manggarai Barat. Pulau Komodo menjadi tujuan travelling untuk para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kuliner Khas Bajawa

Tapi, jalan-jalan rasanya kurang lengkap jika tidak mencicipi kulinernya juga. Flores pun kaya akan wisata kulinernya yang katanya lezat, unik dan jarang ditemukan di daerah lainnya. Penasaran apa saja makanan khas Bajawa?

1. Jagung Bose Khas Flores

Makanan Lezat Khas Bajawa
Foto: sajiansedap

Makanan Khas Bajawa Kabupaten Ngada yang pertama yaitu ada Jagung Bose. Kuliner Jagung Bose merupakan bubur jagung yang berasal dari Flores. Makanan ini berasal dari jagung yang diolah dengan bahan lain yakni kacang merah, santan dan juga kacang tanah.

Jagung Bose biasanya dihidangkan dengan makanan lain yakni ikan bakar atau se’i. Makanan ini pun umumnya dibuat menu sarapan atau makan malam. Tidak hanya di Flores saja, kuliner ini juga terdapat Nusa Tenggara Timur.

2. Rumpu Rampe, Makanan Khas Bajawa Kabupaten Ngada

Makanan Lezat Khas Bajawa
Foto: capamaumere

Makanan Khas Bajawa Kabupaten Ngada yang berikutnya ada Rumpu Rampe. Makanan ini berasal dari bahan dasar daun ubi dan juga daun pepaya. Kuliner khas Flores ini banyak berada di Maumere dan biasanya dihidangkan dengan ikan bakar.

Makanan ini tentu rasanya sangat lezat sebab adanya kombinasi rasa khas daun pepaya dan gurihnya ikan bakar. Bila kamu liburan ke Flores, jangan lupa guna mencicipi kuliner Rumpu Rampe, ya!

3. Kuliner Kolo

Makanan Lezat Khas Bajawa
Foto: masakandapurku

Makanan Kolo ini berupa nasi bakar yang diolah dalam sebilah bambu. Lalu pada bambunya sendiri pun tidak boleh asal, sebab Kolo mesti dimasak dalam bambu muda sepanjang 30 sentimeter.

Yang namanya nasi tentu kurang lengkap jika tidak terdapat lauknya. Makanan Kolo ini disajikan pada waktu upacara adat dengan beragam jenis lauk. Kenikmatan Nasi Kolo ini menjadikannya masuk ke dalam daftar kuliner atau Makanan Khas Bajawa Kabupaten Ngada yang menjadi buruan wisatawan.

4. Jagung Titi, Oleh-Oleh Khas Flores

Makanan Lezat Khas Bajawa
Foto: indoblognet

Kondisi geografis Flores yang memiliki curah hujan yang tidak tinggi, mengakibatkan tanaman jagung yang tumbuh di sini memiliki cita rasa yang berbeda dari daerah lainnya.

Rasa jagung di Flores lebih gurih dan teksturnya yang kering sehingga pas jika dimasak menjadi jagung titi. Makanan ini merupakan sejenis keripik jagung yang dapat digoreng tanpa diberi bumbu. Mengenai rasa sudah tentu nikmat dan kamu pasti tertarik mau membawanya pulang.

5. Kuliner Se’i Sapi Khas Flores

Makanan Lezat Khas Bajawa
Foto: instagram.com/ria_niknik

Makanan Khas Bajawa Kabupaten Ngada yang selanjutnya ini merupakan makanan khas Flores NTT yang bahan utamanya yaitu daging asap. Daging yang dipakai dapat daging sapi maupun daging babi. Ya, makanan ini diberi nama Se’i.

Proses pengasapan dilaksanakan supaya makanan atau daging tersebut lebih awet. Usai proses pengasapan, se’i akan dimasak dengan cara digoreng atau dapat juga ditumis dengan bahan lain yakni bunga pepaya. Tertarik untuk mencicipi? Ada baiknya kalian liburan ke Flores terlebih dulu.

Apakah kamu tertarik untuk mencoba makanan khas Bajawa di atas?

Berita Terkait