Rekomendasi Makanan Untuk Radang Tenggorokan

Rabu, 27 Januari 2021 | 14:44:26

LS Health

Penulis : LS Health

Rekomendasi Makanan Untuk Radang Tenggorokan

Dikenal dengan nama ilmiah faringitis, ini adalah sebuah kondisi dimana faring atau bagian belakang tenggorokan mengalami peradangan. Biasanya, sakit tenggorokan adalah gejala umum dari berbagai penyakit seperti misalnya flu ataupun demam monunukleosis. Apabila kasusnya ringan, radang tenggorokan biasanya akan pulih setelah satu hingga dua minggu. Ini tentu bukan waktu yang sebentar mengingat enggorokan yang radang menimbulkan rasa sakit ataupun kurang nyaman ketika penderitanya makan atau minum. Rasa sakit yang muncul ketika menelan kerap membuat penderita radang tenggorokan menjadi enggan makan dan minum.

Sup ayam

Sup ayam dapat membantu untuk mengurangi terjadinya peradangan dan juga mengurangi gejala sakit tenggorokan. Kuah sup ayam akan membantu menghidrasi tubuh, sementara rasa gurih asinnya akan membantu untuk memenuhi kebutuhan elektrolit pada tubuh. Agar nutrisinya lebih optimal, tambahkan sayuran seperti wortel ataupun kentang dalam sup ayam buatanmu. 

Bawang putih

Bawang putih mengandung antibakteri, fungisida serta sifat antivirus lain yang sangat baik untuk mengobati gejala radang tenggorokan atau faringitis yang kamu alami. Untuk mendapatkan khasiat bawang putih ini, kamu hanya perlu mengunyah atau menghisap aroma bawang putih selama 15 menit. Apabila terasa terlalu pahit di mulut, kamu bisa mencampur bawang putih dengan minyak zaitun ataupun madu. Selain itu, kamu juga bisa mencampurkannya dalam jus sayuran. Namun, memakan bawang putih mentah atau sesegera mungkin setelah dihancurkan tentu lebih efektif efeknya dibanding cara lain.

Jahe

Jahe memiliki sifat anti inflamasi, yang sangat membantu untuk penderita radang tenggorokan karena dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit yang terjadi. Kamu dapat merasakan khasiat jahe dalam mengatasi radang tenggorokan melalui berbagai bentuk, baik jahe utuh, teh jahe, hingga bubuk jahe.

Pisang

Selain rasanya yang enak, tekstur pisang yang lembut membuatnya digemari oleh banyak orang. Ternyata, pisang mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh, lho. Pisang juga lebih mudah untuk dikonsumsi ketika radang berkat teksturnya yang lebih lembut dibanding buah-buahan lain.

Madu

Madu memiliki kandungan antioksidan dalam kadar tinggi, bersifat anti-inflamasi dan anti-bakteri sehingga sangat efektif untuk melawan terjadinya infeksi dan juga membantu mempercepat sembuhnya luka. Ini menjadi alasan mengapa cairan kental yang berasal dari lebah ini sangat cocok untuk menjadi salah satu makanan yang mempercepat penyembuhan radang tenggorokan.

Jadi, makanan untuk radang tenggorokan yang dapat membantu proses penyembuhan mana yang ingin kamu coba?

Sumber Foto Utama: istockphoto.com