Rekomendasi Pelembab Wajah Humektan ! Cocok Untuk Kulit Berminyak

Minggu, 1 Agustus 2021 | 14:21:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Rekomendasi Pelembab Wajah Humektan ! Cocok Untuk Kulit Berminyak

Foto: Ladiestory.id

Pelembab merupakan salah satu item dari serangkaian skincare yang digunakan oleh kebanyakan wanita.  Pelembab juga kerap disebut dengan moisturizer yang digunakan untuk melindungi, melembabkan, dan memberi lumasan pada permukaan kulit. Oleh sebab itu, dengan adanya pelembab membuat kulit tidak akan mengelupas dan kusam.

Pada dasarnya para wanita yang memiliki kulit kering menggunakan pelembab sebagai krim atau lotion yang dapat mengatasi permasalahan kulit mereka. Namun bukan berarti wanita yang memiliki kulit berminyak tidak memerlukan pelembab.

Pelembab Wajah Humektan, Oklusif, Emelion

Sebab, beberapa orang menganggap bahwa dengan moisturizer akan menyebabkan muka semakin berminyak. Padahal hal itu tidaklah benar. Terlebih sekarang ada beberapa kandungan dalam pelembab yang disesuaikan dengan berbagai jenis kulit.

Apakah Anda tahu kandungan yang ada di dalam pelembab? Pada umumnya bahan atau kandungan yang terdapat dalam pelembab adalah emelion, oklusif, dan humektan. Apa bedanya? Yuk kita bahas

 

1. Humektan

Pelembab wajah humektan merupakan jenis pelembab yang memiliki kandungan humektan. Humektan sendiri merupakan kandungan yang berfungsi untuk menarik air agar kandungan air yang dibutuhkan kulit. Hal ini bertujuan agar kulit tidak mengalami dehidrasi.

Asam amino, sugar alcohols, molasis, gel lidah buaya, ceramides, hyaluronic acid, madu, glycerin, alpha hydroxyl merupakan beberapa humektan yang ada dalam moisturizer.

Pelebab humektan yang berbahan dasar air, biasanya akan meninggalkan rasa greasy dan less sticky. Kulit berminyak dan berjerawat sangat dibutuhkan moisturizer humektan sebagai lapisan pertama kelembapan. Bahkan kulit kombinasi sangat cocok dengan pelembab wajah humektan. Sebab moisturizer humektan tidak mengandung minyak yang lebih berat

2. Oklusif

Pelembab wajah oklusif memiliki bahan dasar dimethicone, beeswax, petroleum jelly, petrolatum, mineral oil. Namun pelembab ini tidak direkomendasika untuk digunakan sehari-hari sebab memiliki tekstur yang cenderung berat. Namun kandungan oklusif angat ampuh untuk mengatasi kulit yang alergi ataupun mengelupas.

3. Emmolient

Sedangkan pelembab wajah emmolient memiliki bahan dasar sunflower seed oil, jojoba oil, lanolin, dan vegetable oil. Sedangkan pelembab ini sangat cocok digunakan pada udara yang dingin sebab memiliki tekstur yang padat. Biasanya pelembab wajah yang mengandung emmolient digunakan pada anak-anak.

Rekomendasi Pelembab Wajah Humektan?

Jika Anda ingin menggunakan pelembab wajah humektan, berikut rekomendasi untuk Anda.

1. Neutrogena Hydro Boost Water Gel

Foto: Instagram/neutrogenaid

 

Neutrogena Hydro Boost Water Gel merupakan salah satu pelembab wajah humektan  yang memiliki tekstur air dan gel yang sangat ringat jika diaplikasikan ke kulit. Moisturizer dari produk ini memiliki salah satu kandungan humektan yakni hyaluronic acid yang dapat menghindarasi dan mengikat kelembapan kulit.

Selain itu, moisturizer humektan ini memliki kandungan gliserin, prebiotik, dan  ekstrak zaitun. Kandungan-kandungan ini yang dapat memperkuat lapisan perlindungan kulit dan melembutkannya.

Bahkan produk pelembab wajah humektan yakni Neutrogena Hydro Boost Water Gel mengklaim bahwa dapat menahan kelembapan kulit hingga 72 jam.

2. Hada Labo Perfect 3D Gel

Foto: Instagram/cosrx_indonesia

 

Pelembab wajah humektan selanjutnya merupakan pelembab yang cocok untuk semua jenis kulit yakni Hada Labo Perfect 3D Gel. Tak hanya sebagai pelembab humektan, produk ini juga dapat sebagai whitening dan anti aging. Bahkan dalam produk ini mengandung humektan hyaluronic acid yang menjadi andalan Hada Labo Perfect 3D Gel.

Mouiturizer humektan ini memiliki tekstur gel yang cepat meresap serta tidak membuat rasa lengket dikulit. Selain itu, produk ini digemari sebab tidak memiliki aroma pewangi, pewarna, alcohol, dan mineral oil. Ditambah dengan keistimewaan produk ini yang bisa dipakai pada siang dan malam hari.

3. COSRX Aloe Vera Oil-Free Moisture Cream

Foto: Instagram/hadalaboid

 

Nyatanya nama moisturizer cream tidak sesuai dengan kenyataannya. Sebab pelembab wajah humektan satu ini memiliki tekstur cenderung ke gel. Kurang lebihnya, tekstur moisturizer produk ini seperti aloe vera  yang ringan dan mudah menyerap.

Produk ini termasuk moisturizer humektan sebab memiliki kandungan utama aloe vera yang dapat menghidari dan menenangkan kulit. COSRX Aloe Vera Oil-Free Moisture Cream sangat cocok digunakan bagi kulit semua jenis kulit. Bahkan yang menjadi istimewa produk ini adalah dapat diaplikasikan ke wajah hingga badan.

Diformulasikan dengan oil free membuat pelembab ini cepat meresap jika diaplikasikan dan tidak lengket di kulit.

Inilah pelembab wajah humektan beserta dengan rekomendasinya. Pada intinya, untuk Anda yang memiliki jenis kulit berminyak tetap harus menggunakan moisturizer. Namun Anda harus memilih pelembab wajah humektan. Semoga membantu!