Rekomendasi Skincare Untuk Kulit Berjerawat

Thursday, 17 Jun | 19:02:52

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

Rekomendasi Skincare Untuk Kulit Berjerawat

Foto: Ladiestory.id

Jerawat adalah kondisi kulit yang timbul ketika pori-pori tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Selain itu jerawat juga dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan, gaya hidup, dan hormon.

Merawat kulit berjerawat butuh kesabaran ekstra karena proses penyembuhan jerawat berbeda-bada bagi setiap orang.

Salah satu yang memengaruhi keberhasilan dalam merawat kulit berjerawat adalah skincare atau perawatan kulit. Tak perlu butuh banyak produk, kamu bisa coba menerapkan beberapa tips di bawah ini.

Tips Merawat Kulit Berjerawat

Perawatan kulit berjerawat membutuhkan beberapa rangkaian skincare. Nah, berikut ini tips merawat dan urutan skincare untuk kulit berjerawat.

      1. Rajin eksfoliasi

Eksfoliasi bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati di kulit. Kegiatan ini perlu dilakukan seminggu sekali dan tidak lebih dari 2 kali seminggu. Eksfoliasi membantu meminimalisir sumbatan minyak dan sel kulit mati yang menyebabkan jerawat.

Terdapat dua macam eksfoliasi yang bisa dipilih, yakni physical exfoliation dan chemical exfoliation.

Physical exfoliation adalah proses pengangkatan sel kulit mati dengan cara menggosok langsung permukaan wajah. Sedangkan, chemical exfoliation adalah proses pengangkatan sel kulit mati dengan gentle acid atau bahan kimia cair yang bekerja dari lapisan dalam kulit.

Produk physical exfoliation ini seperti scrub yang terbuat dari gula, biji-bijian, atau bahan-bahan natural lain. Eksfoliasi dengan cara ini lebih disarankan untuk mereka yang memiliki kulit normal cenderung berminyak.

Perlu diingat pula bahwa menggosok kulit terlalu kencang dan keras dapat membuat kulit iritasi, terlebih jika kamu memiliki masalah jerawat yang meradang.

Sedangkan, untuk produk chemical exfoliation biasanya mengandung bahan seperti, AHA, BHA, atau PHA. Bahan-bahan ini bekerja mengangkat sel kulit mati dari lapisan dalam kulit, sehingga bagi pemilik kulit berjerawat dan meradang, eksfoliasi dengan cara ini dirasa lebih aman.

      2. Double cleansing

Double cleansing adalah kegiatan membersihkan wajah dengan dua tahapan. Gunanya untuk membersihkan makeup, kotoran, dan debu yang menempel lalu melanjutkan dengan facial wash untuk mebersihkan sisa kotorannya.

Kulit yang bersih dan sehat tentunya lebih siap untuk menerima tahap skincare selanjutnya.

      3. Toner

Setelah wajah dibersihkan, sebaiknya kamu langsung mengaplikasikan toner. Produk ini berguna untuk mempersiapkan kulit untuk menerima tahapan skincare selanjutnya.

Toner juga dibedakan berdasarkan fungsinya dan kandungannya, misalnya toner untuk menghidrasi, mengurangi minyak berlebih, atau untuk meringankan kemerahan akibat jerawat. Pilihlah toner sesuai jenis kulit dan kebutuhan. Hindari pula toner yang mengandung alkohol.

      4. Pelembap

Pemakaian pelembap penting bagi pemilik jenis kulit apapun. Guna dari pelembap ini untuk menghidrasi, melembapkan, dan mengunci kelembapan kulit

Pilih pelembap yang berlabel oil-free dan non-comedogenic agar tidak memperburuk masalah jerawat. Selain itu, cobalah untuk menggunakan produk pelembap berbahan gel dibanding krim.

      5. Sunscreen

Sunscreen berguna untuk mengurangi paparan sinar UV matahari. Produk ini penting untuk diaplikasikan pada siang hari walau berada di dalam ruangan sekali pun.

Rekomendasi Produk Skincare Untuk Kulit Berjerawat

Setelah tahu urutan dan tips merawat kulit berjerawat, berikut rekomendasi produk skincare yang cocok untuk kulit berjerawat.

      1. Senka Perfect Whip Acne Care

Senka adalah brand skincare asal Jepang dibawah SHISEIDO Company. Produk-produk yang dijual brand ini diformulasikan dengan double hyaluronic acid, yang membantu melembapkan kulit.

Brand ini menghadirkan varian Perfect Whip Acne Care yang membantu mengatasi kulit berjerawat. Produk ini diperkaya dengan ekstrak bunga chamomile yang dapat membersihkan kotoran, sel kulit mati, minyak hingga ke pori-pori wajah.

Selain itu, produk ini juga disertai kandungan white cocoon dan white hyaluronic acid yang dapat menjaga kelebapan kulit wajah sekaligus meredakan masalah wajah berjerawat.

      2. Viva Face Toner Green Tea

Viva merupakan salah satu brand lokal yang namanya sudah banyak dikenal. Toner ini cocok untuk kulit berminyak dan cenderung berjerawat.

Ekstrak green tea dalam toner ini, membantu mengeringkan jerawat dan mencegah timbulnya jerawat baru.

      3. The Aubree Centella + Green Tea Power Cream

The Aubree merupakan brand lokal yang menjual skincare dengan harga yang masih terjangkau. Produk ini cocok untuk jenis kulit berminyak dan berjerawat.

Kandungan centella asiatica atau cica dalam produk ini bermanfaat untuk mencegah inflamasi, menenangkan kulit, dan mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, kandungan ekstrak green tea dalam produk ini juga berguna untuk mencegah bakteri penyebab jerawat.

      4. Carasun Solar Smart UV Protector

Tabir surya dari brand Carasun ini megklim produknya memilki formula yang ringan, transparan, dan tidak menyumbat pori. Produk ini telah mengantongi sertifikat halal dengan kandungan SPF 45 PA ++++.

Demikian ulasan tentang skincare untuk kulir berjerawat. Perlu diingat bahwa tidak semua rekomendasi produk yang disarankan cocok dengan kulit semua orang. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait