Remake Film Ikonik ‘Catatan Si Boy’, Manoj Punjabi Bentrok dengan Hanung Bramantyo

Senin, 7 Agustus 2023 | 14:14:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Remake Film Ikonik ‘Catatan Si Boy’, Manoj Punjabi Bentrok Dengan Hanung Bramantyo

Produser, Sutradara, dan cast Film Catatan Si Boy. (Ladiestory.id / Aldeta Prasasti)

Ladiestory.id - MD Entertainment kembali membuktikan eksistensinya dengan membuat remake film ‘Catatan Si Boy’ yang booming pada 1987 silam. Tidak sendiri, MD Entertaiment berkolaborasi dengan MVP Pictures, dan Dapur Film dalam menggarap film yang ikonik pada masanya ini. Remake film ‘Catatan Si Boy’ 2023 ini diproduseri oleh Manoj Punjabi dan disutradarai oleh Hanung Bramantyo.

Remake film ikonik pada masanya ini tentu menjadi tantangan bagi Manoj Punjabi dan Hanung Bramantyo. Bahkan keduanya pun diketahui sempat bentrok dalam menggarap film ‘Catatan Si Boy’ 2023.

Diceritakan Hanung dalam sesi jumpa pers di hadapan awak media, secara terus terang  dia sempat mengaku ragu untuk menggarap film Catatan Si Boy dengan naskah skenario tidak jauh berbeda dengan versi 80-an.

Hanung Bramantyo pun berdebat dengan Manoj Punjabi untuk mengubah naskahnya dalam versi sekarang mengingat zaman sudah banyak berubah.

Dalam amatan suami Zaskia Adya Mecca itu, film Catatan Si Boy disukai oleh banyak orang pada zamannya tidak lepas dari konteks situasi pada masa. Film Catatan Si Boy era 80-an menjadi gerakan perlawanan anak-anak muda pada saat itu.

"Kenapa yang versi tahun 1987 booming? Karena ada movement, menjadi perlawanan anak-anak muda terhadap orang tua yang kolot. Untuk sekarang apakah sama?" tutur Hanung Bramantyo dalam konferensi pers film ‘Catatan Si Boy’ di kawasan Jakarta Selatan pada Sabtu (5/8/2023).

Film Catatan Si Boy. (MD Entertainment)

Hanung juga menyarankan agar naskah skenarionya dirombak karena OTT semakin berkembang dengan menghadirkan film dan series dengan genre percintaan dan drama yang semakin kaya. Hanung khawatir film ‘Catatan Si Boy’ versi remake malah kurang terlihat mempesona dalam jajaran film-film dan series era sekarang.

"Jangan-jangan gempuran film OTT yang beragam malah bikin karakter Boy jadi cemen. Pada saat syuting saya bikin dialog agak berat tapi Pak Manoj keras nggak mau.  Kata Pak Manoj, jangan mengubah dialog karena sudah bagus," kata Hanung.

Manoj Punjabi mengungkapkan dirinya termasuk produser yang menghargai IP dan patuh ketika melakukan daptasi atau me-remake sebuah karya. Keputusan untuk menggarap sebuah karya diputuskan Manoj karena dia sudah mempertimbangkan relevansi fim dengan konteks sekarang.

"Di sini tantangannya, lebay nggak ya? Boy ini bisa relate nggak dengan zaman sekarang? Kalau saya meyakini film ini relate. Saya yakin semua orang pengin jadi Boy," jelas Manoj.

Film ‘Catatan Si Boy’ 2023 diperankan oleh Angga Yunanda (Boy), Syifa Hadju (Nuke), Alyssa Daguise (Vera), Elmand (Emon), Michael James (Andi), Rebecca Klopper (Ina).

Film ‘Catatan Si Boy’ versi 2023 akan segera tayang menghiasi layar bioskop di seluruh Indonesia pada 17 Agustus 2023 mendatang.