Resep Kolak Kolang-kaling, Makanan Penutup Tradisional Favorit Anak Muda

Senin, 11 Oktober 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Resep Kolak Kolang-kaling, Makanan Penutup Tradisional Favorit Anak Muda

Foto: kompas

Ladiestory.id - Kamu mungkin gak asing lagi dengan makanan kolak. Kolak adalah makanan penutup tradisional khas Indonesia yang berbahan dasar gula aren dengan campuran santan, dan daun pandan.

Kolak dapat dibuat bervariasi, ada kolak pisang, kolak kolang-kaling, kolak tela, dan lain sebagainya. Kolak dengan tambahan pisang dinamakan kolak pisang dan kolak dengan tambahan kolang-kaling biasa disebut kolak kolang-kaling. Sangat bervariasi, kan?

Foto: muslim.okezone

 

Selain itu kolak juga bisa ditambahkan bahan seperti labu kuning, ubi jalar, nangka, pisang raja, singkong, bola nasi, dan mutiara tapioka. Biasanya kolak disajikan dalam keadaaan hangat.

Di Indonesia sendiri, kolak menjadi hidangan buka puasa yang paling populer saat bulan Ramadan. Rasanya yang manis dan sangat menyegarkan dapat menghilangkan rasa haus dan lapar.

Resep Kolak Kolang-kaling

Foto: kompas

Salah satu kolak yang paling populer adalah kolak kolang-kaling. Menu kolak yang satu ini biasa menjadi takjil favorit yang menyegarkan dan juga mengenyangkan karena isiannya yang melimpah.

Selain rasanya yang lezat, kolang-kaling sendiri juga terkenal memiliki kandungan tinggi serat yang dapat memberikan rasa kenyang bagi siapa saja yang mengonsumsinya. Maka tak heran jika kolak selalu diburu saat bulan puasa.

Meski kolak kerap diidentikkan sebagai makanan khas yang lumrah ditemui saat bulan Ramadan, tapi kamu juga bisa membuatnya kapan saja tanpa harus menuggu bulan Ramadan tiba.

Nah, berikut resep kolak kolang-kaling yang sederhana dan mudah dibuat. 

Bahan

  • 5 buah pisang raja/kapok
  • 100 gram kolang-kaling
  • 5 buah mata nangka (potong kecil-kecil)
  • 250 gram gula merah (sisir halus)
  • 200 ml air
  • 500 ml santan
  • 2 lembar daun pandan (simpulkan)
  • ½ sdt garam
    Foto: suara

Langkah Pembuatannya

1. Siapkan panggangan, kemudian bakar pisang sambil dibolak-balik hingga berwarna kecokelatan. Lalu angkat kemudian potong-potong.

2. Siapkan kolang-kaling, cuci sampai bersih kemudian potong kecil-kecil.

3. Kemudian siapkan panci kemudian isi dengan air. Rebus air dan gula merah yang sudah disisir halus. Setelah selesai, angkat kemudian tuangkan kembali ke dalam panci. (Hal ini dilakukan supaya kotoran yang ada di gula bisa terangkat).

4. Setelah itu jangan lupa masukkan santan, daun pandan, dan garam. Kemudian aduk-aduk supaya santan tidak pecah sampai mendidih.

5. Setelah mendidih masukkan pisang yang sudah dibakar tadi dan kolang-kaling yang sudah dipotong. Kemudian masak hingga mendidih.

6. Tak lupa kamu tambahkan nangka yang sudah dipotong lalu matikan api kompor. Setelah itu tunggu agar tidak panas. Lalu angkat dan sajikan dengan satu ikat daun pandan. Kolak kolang-kaling pun siap di nikmati.

Nah, itu dia resep mengenai kolak kolang-kaling. Cara pembuatannya sangat mudah dan simpel, bukan? Selamat mencoba!

Berita Terkait