Aneka Resep Mudah Chicken Karaage, Fillet Ayam Khas Jepang

Jumat, 1 Oktober 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Aneka Resep Mudah Chicken Karaage, Fillet Ayam Khas Jepang

Foto: cooking.nytimes

Ladiestory.id - Bagi pecinta masakan Jepang pasti udah tidak asing lagi dengan hidangan yang satu ini. Ayam karaage saat ini menjadi makanan andalan generasi milenial, banyak sekali anak muda yang menggemari olahan ayam ini. 

Jika kamu sering mampir di restoran fast food Jepang atau membeli produk olahan ayam frozen, pasti kamu udah tidak asing dengan sajian ini.

Ayam karaage adalah fillet ayam yang dibalut tepung bumbu kemudian digoreng krispi dan garing luarnya. Biasanya bagian ayam yang digunakan yaitu bagian paha karena dagingnya lebih lembut dan juicy.

Kumpulan Resep Chicken Karaage

Foto: cooking.nytimes

Kamu  bisa mencoba makanan ini dengan mudah di restoran Jepang. Namun, jika kamu tidak bisa pergi, maka kamu bisa mencoba membuatnya di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan sangat sederhana dan cara membuatnya lebih mudah.

Penasaran seperti apa cara membuatnya? Berikut resep ayam karaage yang simpel dan pastinya lezat.

1. Resep Ayam Karaage Jepang

Foto: japan.recipetineats

Untuk membuat ayam karage original kita membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit. Untuk resep yang kita gunakan kali ini hanya bisa menghasilkan 2 porsi ayam karaage. Berikut resep ayam karaage yang bisa kamu coba buat di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

450 gram paha ayam fillet.

1 sdm jahe parut.

3 siung bawang putih.

4 sdm kecap.

5 sdm sake (opsional).

6 sdt gula pasir.

7/3 cangkir tepung kentang.

Minyak goreng.

Lemon

Langkah pembuatannya:

1. Pertama kamu potong terlebih dahulu ayam fillet yang tadi, potong kecil-kecil saja.

2. Campurkan jahe, bawang putih, kecap, sake, dan gula dalam mangkuk. Lalu masukkan ayam yang sudah dipotong, aduk rata.

3. Kemudian kamu tutup mangkuk lalu simpan dalam lemari es selama 1 jam.

4. Setelah itu kamu bisa panaskan minyak. Sambil menunggu minyak panas, siapkan tepung kentang di dalam wadah terpisah.

5. Lalu balut ayam fillet yang sudah dibumbui tadi dengan tepung kentang.

6. Pastikan seluruh bagian ayam tertutupi dengan sempurna oleh tepung kentang.

7. Setelah minyak panas, goreng ayam yang sudah terbalut tepung kentang. Lalu masak hingga ayam berwarna cokelat keemasan. Angkat lalu tiriskan.

Tips:

Supaya mendapatkan ayam yang lebih krispi, kamu bisa menggorengnya kedua kali hingga warnanya berubah sedikit cokelat, kemudian angkat lalu tiriskan. Kamu bisa menyajikannya bersama potongan lemon dan onigiri.

Nah saat sudah matang usahakan untuk langsung memakannya, supaya kamu bisa menikmati citra rasanya dan krispinya ayam karaage tersebut.

2. Resep Ayam Karaage Kari

Foto: magazine.foodpand

Kamu bisa coba buat ayam karaage versi kari. Untuk yang versi kari, kamu hanya membutuhkan waktu 45 menit dalam memasaknya. Dan untuk resep yang kita gunakan kali ini, kita bisa menghasilkan 3 porsi ayam karage kari.

Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk simak resep membuat ayam karaage kari yang mudah dan lezat dibawah ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan (kuah):

Bumbu kari instan.

3 wortel.

4 kentang besar.

Sosis/baso (sesuai selera).

5 bawang bombay.

6 bawang putih

Bahan yang dibutuhkan (bumbu ayam karaage):

100 gram ayam dada fillet.

1 bungkus tepung goreng ayam crispy

3 tsp kaldu jamur.

Langkah pembuatannya (kuah):

1. Siapkan bumbu untuk kari, kamu bisa memulainya dengan menumis bawang putih dan bawang bombay sampai sedikit kecoklatan.

2. Setelah itu kamu masukan air sebanyak 450 ml dan masukkan kentang, wortel, dan bahan lainnya yang sudah di potong-potong terlebih dahulu ke dalam rebusan air.

3. Rebus selama 15 menit.Jika wortel dan kentang sudah empuk, masukkan kari yang sudah disiapkan, kemudian aduk.Diamkan sampai airnya mengental.

4. Tak lupa tambahkan bumbu-bumbu pelengkap dan cicipi rasa.

Langkah pembuatannya (ayam karage):

1. siapkan dada ayam fillet, lalu potong sesuai selera. Kemudian masukan bumbu crispy ayam dengan air sebanyak 150 ml, usahakan jangan terlalu encer dan jangan terlalu padat karena nanti tekstur ayam karagenya tidak crispy.

2. Lalu tambahkan kaldu jamur jika masih belum terasa gurih. Masukan ayam yang sudah dipotong ke dalam adonan tepung.

3. Siapkan minyak panas, lalu goreng ayam sampai kecoklatan dan matang.

4. Kemudian langkah terakhir, sajikan bersama dengan nasi hangat serta bumbu karinya. Supaya kamu bisa mencicipi citra rasa sebenarnya. Kamu bisa memakannya saat masih hangat.

Nah itu dia dua resep ayam karaage, kamu bisa juga menambahkan salad atau mayones sesuai selera. Antara ayam karaage original dan kari tentunya sama-sama menggugah selera. Kamu ingin mencoba memasak yang mana? Atau kamu ingin mencoba dua resep di atas?

Berita Terkait