Review Film Silenced : Perjuangan Gong Yoo Mengungkap Kekerasan Seksual

Senin, 20 Desember 2021 | 15:12:00

Lia Puspita

Penulis : Lia Puspita

Review Film Silenced : Perjuangan Gong Yoo Mengungkap Kekerasan Seksual

Ilustrasi film Slinced. (Special)

Ladiestory.id - Film Silenced adalah film yang cukup popular di Korea Selatan. Film yang diadaptasi dari novel yang berjudul “Dokani” yang di tulis oleh Kong Ji Young dan di sutradarai oleh Hwang Dong Hyuk berdasarkan naskah yang di tulisnya sendiri dan film ini di angkat dari kisah nyata.  

Film ini juga mendapatkan penghargaan dari Audience Award pada Udine Far East Film Festival tahun 2012 di Italia. Film Silenced ini menempati peringkat pertama yang berhasil memperoleh keuntungan sebesar 7.8 Milyar Won pada satu minggu setelah film di rilis. Bahkan dalam 10 minggu, film Silence ini bisa mengantongi keuntungan sebesar 35 Milyar Won.

Review Film Silenced : Perjuangan Gong Yoo Mengungkap Kekerasan Seksual

Ilustrasi film Slinced. (Special)

Film Silenced yang dirilis tahun 2011 ini banyak menuai komentar positif yang dimana membuat penonton terpukau dengan aksi yang dilakukan oleh Gong Yoo dalam menungkap tentang kekerasan seksual.

Kang In Ho ( Gong Yoo) seorang guru yang ditugaskan untuk mengajar di sebuah sekolah kebutuhan khusus tunarunggu di kota Mujin. Ia pun sangat senang untuk mengajar di sana walaupun Ia harus meninggalkan putri nya yang masih kecil.

Tetapi berbanding terbalik dengan siswa-siswi yang ada di sekolah tersebut. Mereka cenderung suka menyendiri dan menghindari In Ho sang guru. Tetapi In Ho tetap semangat dan membuktikan kepada siswa-siswi di sana bahwa In Ho adalah guru yang baik dan tidak merendahkan mereka.

Seiring pergantian hari demi hari, akhirnya siswa-siswi disana mulai mempercayai dan terbuka kepada In Ho sang guru. Tak hanya itu, di saat yang bersamaan pula, In Ho menemukan hal aneh yang selama ini di tutupi oleh pihak sekolah.

Penarasan kan Ladies? Nah disini, In Ho mengetahui kalau di sekolah nya ini pernah terjadi kasus kekerasan fisik hingga kekerasan seksual. Kasus ini berlangsung hampir 5 tahun pada kurun tahun 2000-an. In Ho tidak tinggal diam. Ia justru maju untuk melindungi siswa nya agar tidak terjadi kekerasan seksual lagi.

Maka dari itu, In Ho bekerja sama dengan Aktivis Hak Asasi Manusia yang bernama Seo Yoo Jin (Jung Yu Mi) untuk membongkar kejahatan yang dilakukan oleh pihak sekolah.

In Ho dan Yoo Jin menyadari bahwa kasus ini tidak mudah untuk di selesaikan. Hal ini di karenakan banyak yang akan terlibat di dalam kasus ini seperti polisi, jaksa, warga setempat hingga komunitas gereja yang ada di sekitar sekolah tersebut.

Para penonton pun pastinya kecewa, marah dan kesal melihat ulah dari pihak sekolah yang hanya mendiamkan kekerasan fisik dan kekerasan seksual terjadi di sekolah tersebut.

Tak hanya siswa perempuan saja yang mengalami kekerasan seksual, siswa laki-laki di sekolah tersebut juga mengalami hal yang sama. Itu sebabnya siswa di sana suka menyendiri dan menghindari guru baru ataupun orang baru yang datang ke sekolah mereka.

Akhirnya In Ho memiliki ide untuk membawa kasus ini melalui media televise dan menceritakan bahwa di sekolah yang Ia tempati telah terjadi kekerasan seksual yang ditutupi oleh pihak sekolah. Dan para oknum pelecehan seksual tersebut di panggil untuk diminta keterangan akan hal tersebut dan akan diproses secara hukum yang berlaku.

Tetapi  akankah setelah masuk ke media televisi, oknum pelecehan seksual akan di hukum?

Temukan jawabanya selengkapnya dengan menonton lebih lanjut Film Silenced di Viu ataupun Netflix.