Jangan Suka Cium-cium! Ketahui 5 Risiko yang Akan Dialami Bayi

Selasa, 15 Maret 2022 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Jangan Suka Cium-Cium! Ketahui 5 Risiko Yang Akan Dialami Bayi

Risiko Bayi Dicium Orang Lain (Special)

Ladiestory.id - Bagi kebanyakan orang, kelahiran seorang bayi merupakan suatu momen yang sangat membahagiakan sekaligus mengharukan. Setelah hampir 9 bulan mengandung, sang ibu melahirkan buah hatinya ke dunia. Tak hanya sang ibu, seluruh orang terdekatnya pun akan merasa sangat bahagia.

Terkadang karena terlalu Bahagia, banyak dari mereka yang bergegas mencium bayi ataupun mencubit kecil pipinya. Alasannya karena bayi baru lahir terlihat lucu dan mungil. Ternyata, hal seperti ini bisa menimbulkan beberapa dampak negatif loh, bahkan ada yang sangat membahayakan.

Lalu, apa saja sih bahaya dari mencium bayi dengan sembarangan? Apa saja risikonya pada bayi? Apakah akan memengaruhi kesehatannya? Ladiestory.id akan membahas beberapa penjelasannya berikut ini.

Lepuh Demam

Risiko Bayi Dicium Orang Lain (Special)

Risiko atau bahaya ketika orang lain mencium pipi bayi dengan sembarangan akan menyebabkan lepuh demam. Lepuh demam sendiri merupakan penyakit paling ditakuti oleh beberapa orang tua,

Lepuh demam timbul di sekitar mulut bayi bahkan penyebarannya bisa sampai ke otak bayi. Lepuh demam atau luka dingin ini biasanya terjadi di banyak orang, oleh karena itu jangan biarkan orang dengan sembarangan mencium bayi yang baru lahir.

Respiratory Syncytial Virus

Risiko Bayi Dicium Orang Lain (Special)

Respiratory syncytial virus atau RSV adalah risiko atau bahaya yang bisa disebabkan karena terlalu sering menciumi bayi, akibat dari virus RSV sendiri bisa berakhir sangat fatal bagi bayi yang baru lahir.

Penyebaran dari virus RSV bisa melalui kontak fisik atau droplet. Jadi jika ada orang lain yang sedang kurang sehat, flu, atau infeksi sinus, lalu datang menjenguk bayi kemudian ingin mencium bayi, jangan Kamu perbolehkan. Sedangkan bagi Kamu yang ingin menjenguk atau mencium bayi, urungkan niatmu jika sedang dalam keadaan kurang sehar untuk menghindari bayi terserang virus RSV.

Sistem Imun Lemah

Risiko Bayi Dicium Orang Lain (Special)

Ketika bayi baru lahir ke dunia, sistem imun tubuhnya belum terbentuk dengan sempurna. Sehingga bayi harus bekerja lebih keras untuk melawan segala jenis infeksi dan penyakit yang akan menyerangnya.

Bayi yang baru lahir hingga yang masih berusia beberapa bulan pertama berada pada tahap paling rentan terkena penyakit atau infeksi. Jadi, risiko terkena berbagai penyakit atau infeksi masih sangat tinggi. Oleh karena itu, jangan biarkan sembarang orang mencium atau menyentuh bayi sembarangan.

Timbul Berbagai Macam Alergi

Risiko Bayi Dicium Orang Lain (Special)

Ternyata ciuman atau sentuhan dari berbagai macam orang sangat berbahaya bagi kesehatan bayi loh. Misalnya saja ciuman dari orang lain dengan sisa makanan atau skincare bisa menimbulkan berbagai macam alergi pada bayi.

Tak hanya itu, beberapa zat dari produk skincare atau make up wajah juga bisa berbahaya bagi bayi yang baru lahir. Kemudian seseorang yang baru saja memakan kacang-kacangan, serta susu bisa menimbulkan alergi pada bayi. Hal itu terjadi karena bayi terpapar dari partikel-partikel tersebut.

Penyakit Pada Tangan, Kaki, Mulut

Risiko Bayi Dicium Orang Lain (Special)

Munculnya berbagai penyakit pada bayi yang baru lahir ketika disentuh atau dicium orang sembarang menjadi salah satu faktor yang umum terjadi. Tetapi apa Kamu tahu bahwa jika Kamu membiarkan bayi terlalu sering berkontak fisik dengan banyak orang, maka bisa menyebabkan penyakit seperti bisul atau ruam.

Nah, penyakit seperti ini memang banyak terjadi pada kebanyakan bayi ataupun anak-anak dan memang akibatnya tidak fatal. Tetapi bila terus menerus terjadi maka bisa menimbulkan masalah serius karena sistem imun atau kekebalan tubuh bayi belum terbentuk dengan sempurna.