Rutin Konsumsi Saffron Berikan 5 Manfaat Pada Ibu Hamil

Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:53:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Rutin Konsumsi Saffron Berikan 5 Manfaat Pada Ibu Hamil

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Masa kehamilan menjadi sesuatu hal yang membutuhkan perhatian khusus sehingga sang ibu dan ayah perlu menjaga kesehatan dan nutrisi bagi bayi.

Ada berbagai makanan dan pola hidup sehat yang dapat diterapkan, salah satunya adalah dengan menggunakan saffron. Beberapa orang percaya jika saffron merupakan buah bibir masyarakat yang mampu memberikan manfaat pada kesehatan tubuh ibu hamil. 

Secara detail, Saffron adalah rempah yang terbuat dari bunga Crocus Sativus. Awalnya, tumbuhan ini digunakan sebagai penyedap makanan nasi biryani, kheer, dan permen.

Beberapa manfaat dari Saffron untuk ibu hamil

Rempah rempah saffron
Foto: Ladiestory.id

Namun disisi lain, bunga ini bermanfaat untuk hal ini yaitu sebagai bahan alami yang mampu mengatasi keluhan kesehatan, termasuk pada ibu hamil.

Pertanyaannya adalah apakah bunga ini aman dikonsumsi? Jawabannya tentu saja aman, tapi kita tetap harus memperhatikan kesehatan setiap ibu hamil dan lebih untuk konsultasikan pada dokter sebelum memanfaatkan saffron.

1. Menurunkan Tekanan Darah

Tubuh ibu hamil seringkali mengalami perubahan tekanan darah yang kurang stabil. Maka dari itu, ketika tekanan darah sedang tinggi, mulailah untuk konsumsi makanan atau minuman dengan kandungan saffron mampu membantu mengontrol tekanan darah ibu hamil.

Berdasarkan sebuah penelitian, kandungan saffron mengandung kalium dan crocetin yang mampu menurunkan tekanan darah.

2. Memperlancar Pencernaaan

Keluhan yang kemungkinan dialami oleh ibu pada masa kehamilan adalah kembung dan sembelit. Penyebab dari kembung dan sembelit adalah perubahan hormon yang disebabkan oleh perkembangan janin yang  memberikan tekanan pada saluran cerna.

Peran saffron saat mengalami hal ini adalah  dijadikan salah satu obat tradisional, meningkatkan aliran darah ke sistem pencernaan dan meningkatkan metabolisme dalam menjaga kesehatan saluran cerna ibu hamil.

3. Mengurangi Rasa Sakit Morning Sickness

saffron
Foto: Ladiestory.id

Morning sickness mungkin jadi sesuatu yang pasti dialami ibu hamil pada trimester pertama kehamilan. Saffron dapat dijadikan sebagai solusi mengatasi atau meredakan morning sickness. Hal ini dikarenakan Saffron dapat mengatasi mual dan pusing pada penderita morning sickness.

4. Meringankan Rasa Kram

Dalam proses kehamilan, ada saat janin dalam kandungan tumbuh di dalam rahim, otot dan tulang mama mengalami pergeseran dan meregang untuk menyokong perkembangan janin dalam kandungan.

Kondisi ini  menyebabkan munculnya kram dan rasa sakit pada persendian dan perut mama selama kehamilan. Kita dapat menggunakan sebagai obat penghilang rasa sakit alami yang menenangkan sakit ataupun kram saat hamil.

5. Mengontrol Perubahan Suasana Hati

bunga saffron
Foto: Realfood

Tidak dapat dipungkiri, jika suasana hati yang berubah terjadi pada ibu hamil .Penyebabnya tentu saja karena perubahan hormon sehingga mereka mudah merasa sedih dan bahagia.

Konsumsi makanan atau minuman dengan kandungan saffron dapat mengontrol suasana hati ibu hamil. Saffron memiliki sifat antidepresan yang mampu mengontrol perubahan suasana hati selama kehamilan.