Sabang hingga Merauke, Ragam Budaya Indonesia dalam Koleksi Perhiasan Berlian Wanita

Rabu, 14 September 2022 | 13:00:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Sabang Hingga Merauke, Ragam Budaya Indonesia Dalam Koleksi Perhiasan Berlian Wanita

Cincin Seri Nusa, Koleksi Nusantara dari The Palace. (Special)

The Palace - Keanekaragaman budaya Indonesia kerap menginspirasi beragam fashion item, termasuk perhiasan berlian wanita. Desain exclusive diamond jewellery dengan tema kearifan lokal pun kerap dihadirkan oleh #ThePalaceJeweler, salah satunya adalah koleksi Nusantara. 

Koleksi Nusantara merupakan kolaborasi The Palace bersama Samuel Wattimena, salah satu perancang busana kenamaan di Indonesia. Exclusive diamond jewellery ini terinspirasi dari keanekaragaman budaya Indonesia, dari Sabang hingga Merauke.

Sebagai #NationalJeweler, The Palace ingin memperkenalkan budaya Indonesia dalam bentuk perhiasan. Menariknya, perhiasan berlian wanita ini pun cocok dikenakan untuk aktivitas sehari-hari.

Koleksi Nusantara sendiri terdiri dari tiga seri, yakni Nusa, Anta, dan Tara. Masing-masing seri merepresentasikan tiga wilayah Indonesia, yaitu barat, tengah, dan timur.

Koleksi Nusantara telah direkonstruksi dengan desain dan motif baru, serta ditambah emas dan berlian. Berikut tiga seri perhiasan berlian wanita koleksi Nusantara dari The Palace yang bisa kamu miliki.

Seri Nusa

Kalung Seri Nusa, Koleksi Nusantara dari The Palace. (Special)

 

Mewakili daerah Barat Indonesia, Seri Nusa mengusung desain Pending, yang memiliki ciri khas berbentuk oval. Pending sendiri merupakan perhiasan yang diwarisi oleh masyarakat peranakan, hasil dari pembauran antara pedagang Tiongkok dan rakyat di Sumatera.

Pending biasanya dikenakan sebagai kepala dari ikat pinggang. Namun, di tangan Samuel, siluet Pending bisa dikreasikan dalam bentuk cincin berlian wanita, kalung, dan anting-anting.

Untuk menambah kesan mewah, siluet Pending tersebut ditambah dengan desain motif tambahan.  

Seri Anta

Anting-Anting Seri Anta, Koleksi Nusantara dari The Palace. (Special)

 

Seri Anta mewakili perhiasan Indonesia bagian tengah. Maka dari itu, seri ini mengusung tiga perhiasan antik khas masyarakat Nusa Tenggara Timur, yakni Mamuli, Taka, dan Marangga.

Siluet perhiasan tersebut memiliki arti angan-angan. Makna dari perhiasan tersebut tak lepas dari kegunaannya, yakni untuk berkomunikasi ketika masyarakat NTT ingin meminta sesuatu pada saat upacara tertentu.

Ketiga siluet tersebut diadopsi oleh Samuel menjadi perhiasan berlian wanita, dengan motif dan desain berbeda. Meski demikian, esensi dari perhiasan antik tersebut tidaklah hilang.

Liontin Seri Anta, Koleksi Nusantara dari The Palace. (Special)

 

Contohnya, motif Mamuli yang dibuat menjadi liontin berlian berkualitas. Unique diamond pendant tersebut tetap memperlihatkan keindahan dari Mamuli.

Selain itu, motif Mamuli juga dijadikan pelengkap pada gelang emas enam lapis. Ada pula motif Marangga yang dibuat dalam bentuk anting-anting emas dan berlian.

Seri Tara

Gelang Seri Tara, Koleksi Nusantara dari The Palace. (Special)

 

Mewakili perhiasan Indonesia bagian Timur, Seri Tara terinspirasi dari Mas Bulan Base, Belak, dan Pepek Sortil. Perhiasan tersebut berasal dari daerah Maluku Tenggara dan Timor, yang berarti perempuan dengan kebebasan jiwa dan menyatakan keberhasilan, juga prestasi hidup sejati.

Ciri utama dari perhiasan etnik tersebut adalah bentuk matahari. Hal ini tak lepas dari kepercayaan masyarakat di sana bahwa matahari melambangkan emas. Karena hal itulah, Samuel membuat perhiasan berlian wanita Seri Tara dengan bentuk lingkaran yang mendominasi. Kendati demikian, esensi perhiasan tersebut masih tetap dipertahankan.

Seri Tara pun tetap terlihat mewah saat dikenakan lewat perpaduan emas dan berlian yang telah dipilih.

Design Nusantara dengan Pearl

Cincin Seri Tara, Koleksi Nusantara dengan Mutiara dari The Palace. (Special)

 

Selain bertabur berlian, ada pula koleksi Nusantara yang dipadupadankan dengan mutiara. Hal ini membuat koleksi Nusantara semakin spesial dan eksklusif.

Menariknya lagi, The Palace menghadirkan koleksi Nusantara Masterpiece. Exclusive diamond jewellery ini cocok digunakan pada saat acara-acara besar.

Kamu bisa mendapatkan perhiasan berlian wanita dari koleksi Nusantara incaranmu di gerai-gerai The Palace yang tersebar di Indonesia. Selain koleksi Nusantara, The Palace juga menyediakan berbagai perhiasan berlian wanita dengan koleksi #Therlengkap, harga #Therjangkau, dan kualitas #Therjamin.

Informasi lengkap dan terkini tentang koleksi perhiasan berlian dari The Palace bisa kamu dapatkan dengan mengunjungi website The Palace, dan Instagram resmi @thepalace_id. [brandtorial]

s