6 Sajian Kuliner Khas Rembang yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Sana

Selasa, 26 Oktober 2021 | 10:16:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

6 Sajian Kuliner Khas Rembang Yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung Ke Sana

Foto: gotravely

Ladiestory.id - Terletak di pesisir pantai utara pulau Jawa, kota Rembang kaya akan olahan makanan laut yang lezat. Jika kamu tertarik melancong ke kota Rembang, ada baiknya kamu mencoba deretan kuliner khas Rembang.

Kuliner Khas Rembang

Berikut ini kuliner khas Rembang yang patut dicoba.

1. Sate Serepeh

kuliner khas rembang
Foto: gotravely

Kuliner khas kota Rembang pertama yang patut dicoba adalah sate serepeh. Jika dilihat sekilas, sate serepeh memiliki bentuk yang mirip dengan sate lain pada umumnya.

Namun, perbedaan sate serepeh dan sate lainnya terletak pada bumbu yang digunakan. Sate serepeh menggunakan bumbu kuah yang dicampur dengan sambal dan santan. Kombinasi kuah santan dan sambal menjadikan sate serepeh memiliki citarasa gurih yang khas.

Sate serepeh umumnya disajikan dengan lontong sebagai pendampingnya, tapi kamu juga bisa memilih makanan pendamping lainnya, seperti nasi dan ketupat. Sate serepeh memiliki rasa yang lezat dengan harga yang bersahabat.

Kamu cukup merogoh kocek sekitar Rp10 ribuan untuk menikmati seporsi sate serepeh yang merupakan hidangan primadona di kalangan turis yang berkunjung ke kota Rembang.

Terdapat banyak warung yang menjual sate serepeh di Rembang, tapi yang populer adalah warung yang berlokasi di Jl. Sutomo, Rembang.

2. Soto Rembang

kuliner khas rembang
Foto: javatravel

Soto khas Rembang memiliki kuah kental dengan rasa gurih yang kuat. Kuliner Soto Rembang banyak disajikan sebagai menu sarapan yang lezat untuk memulai hari.

3. Lontong Tuyuhan

kuliner khas rembang
Foto: liputan6

Sesuai namanya, lontong tuyuhan berasal dari Desa Tuyuhan, Rembang, Jawa Tengah. Perbedaan lontong tuyuhan dengan lontong lain pada umumnya adalah bentuknya.

Lontong Tuyuhan memiliki bentuk segitiga sedangkan lontong lain berbentuk kotak. Konon, bentuk segitiga Lontong Tuyuhan itu memiliki makna yang dalam, lho, yakni menggambarkan rasa cinta manusia terhadap Tuhan, sesama manusia, dan alam sekitar. Keren banget, ya!

Cita rasa lontong tuyuhan yang istimewa terletak pada kombinasi kuah bumbu rempah dan taburan ayam kampung yang sedap. Ditambah dengan taburan bumbu daun bawang dan daun jeruk yang menjadikan rasa lontong tuyuhan semakin istimewa.

Lontong tuyuhan terasa lebih nikmat disantap saat masih hangat. Kelezatan lontong tuyuhan yang melegenda bisa kamu rasakan di Kecamatan Pancur, Rembang, Jawa Tengah. Tepatnya di kawasan persawahan Gunung Bugel, Lasem.

4. Telur Rajungan

kuliner khas rembang
Foto: indonesiana

Kota Rembang yang terletak di dekat pesisir pantai menjadikan Rembang kaya akan keragaman hidangan laut yang lezat, salah satu hidangan laut khas Rembang yang sayang untuk dilewatkan adalah telur rajungan. Rajungan adalah hewan laut sejenis dengan kepiting.

Umumnya, rajungan dimanfaatkan daging dan telurnya sebagai makanan untuk dikonsumsi. Telur rajungan diolah dengan rempah dan bumbu spesial yang bertujuan untuk menghilangkan bau amis sekaligus memperkaya rasa telur rajungan.

Telur rajungan disajikan sebagai lauk untuk menemani makan besar. Untuk merasakan nikmatnya telur rajungan khas Rembang, kamu bisa menyambangi Warung Makan Bu Joyo yang bertempat di Jalan Gajah Mada, Rembang.

5. Urap Latoh

makanan khas rembang
Foto: detik

Urap latoh merupakan hidangan urap sayur yang umumnya ditemui di wilayah perairan laut Kota Rembang. Urap sayur khas Rembang ini terasa spesial dengan penggunaan rumput laut sebagai komposisi utamanya. Rasa segar, renyah dan gurih yang ada dalam setiap suapan urap latoh terasa nikmat dan ingin memakannya lagi dan lagi.

6. Mangut

kuliner khas rembang
Foto: keluyuran

Mangut adalah hidangan daging ikan mangut yang diolah menggunakan aneka bumbu spesial sehingga menciptakan cita rasa khas yang jadi favorit para turis yang menyambangi Kota Garam ini.

Itu dia beberapa makanan khas Rembang yang patut dicoba saat berkunjung ke sana. Tertarik mencicipi yang mana?