Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | TRAVEL | SAMBAL ASLI INDONESIA YANG BIKIN KAMU RINDU

Sambal Asli Indonesia Yang Bikin Kamu Rindu

LS Culinary
Rabu, 03 Maret 2021 | 08:39:31
Durasi baca: 3 menit, 4 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Sambal Asli Indonesia Yang Bikin Kamu Rindu

Pada dasarnya sambal adalah sambal. Hidangan ini biasanya terbuat dari rempah-rempah kamulan khas Indonesia, seperti cabai, cabai rawit, cabai rawit, dan bawang putih. Membuat sambal sudah menjadi keahlian setiap ibu rumah tangga di Indonesia, butuh keahlian. Mereka harus menguasai cara memadukan bahan sambal untuk menciptakan konsistensi tekstur yang memuaskan setiap saat. Membuat sambal juga membutuhkan daya ingat dan kerja keras yang besar. Kamu harus mengingat karakteristik setiap bahan dan catatan rasa. Jadi, kamu bisa membuat dan memadukan semua bahan menjadi sambal yang sempurna.

Macam-macam Sambal Nusantara

Sambal Bajak

Jenis sambal yang satu ini paling mudah ditemukan di daerah Jawa Timur atau Jawa Tengah. Biasanya sambal bajak selalu disediakan dengan cuma-cuma di warung makan. Meski menggunakan kata ‘bajak’, jenis sambal ini tidak ada hubungannya dengan bajak laut. Banyak yang mengatakan, nama tersebut diberikan karena sambal ini dulunya menjadi menu yang disajikan oleh istri-istri para petani yang sedang membajak sawah.

Baca juga: Film & Serial Ini Cocok Banget Di Tonton Saat Rindu Travelling

Sambal Terasi

Tidak semua orang suka dengan jenis sambal yang satu ini. Aroma sambal terasi memang tidak terlalu sedap untuk sebagian orang. Tapi buat kalian yang suka sekali dengan terasi, sambal ini tentu menjadi pelengkap yang tidak boleh ketinggalan. Sesuai dengan namanya, bahan utama dari sambal ini adalah terasi. Terasi sendiri dibuat dari campuran garam, nasi, dan udang rebon yang difermentasikan, kemudian ditumbuk dan dibentuk menjadi kotak-kotak. Saat diolah menjadi sambal, terasi akan diuleg bersama cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, garam, gula Jawa, dan tambahan tomat agar rasanya makin segar.

Sambal Matah

Kalian tentu sudah sangat familiar dengan jenis sambal yang satu ini, sambal matah. Sambal ini berasal dari Bali dan merupakan jenis sambal yang disajikan mentah karena tidak melalui proses tumis dan uleg. Bahan pembuat sambal matah, seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, terasi, garam, jeruk, limau, dan sereh, diiris satu persatu, lalu dicampur dan diberi minyak kelapa.

Sambal Cabe Ijo

Baca juga: Menu Lebaran Favorit Masyarakat Indonesia


Yang suka menyantap masakan padang di Jakarta, pasti sahabatan dengan jenis sambal ini. Sambal cabai hijau ini asalnya dari Minang. Itulah kenapa sambal ini tidak pernah lepas dari masakan Padang. Warna hijau pada sambal ini berasal dari cabai hijau dan tomat hijau. Dari segi rasa, pedasnya tidak terlalu fantastis, mungkin karena semua bahan direbus dan ditumis. Tapi jangan salah, sedapnya tidak kalah dari sambal yang lain.

Sambal Roa

Manado terkenal dengan deretan makanan yang super pedas. Salah satu makanan terfavorit dari Manado adalah sambal roa. Beda dari sambal yang lain, ada yang spesial dari jenis sambal ini, yaitu keberadaan ikan roa di dalamnya yang menambah cita rasa gurih luar biasa. Ikan roa yang istimewa ini sebenarnya merupakan jenis ikan terbang dengan bentuk mulut yang lancip dan panjang. Ikan roa ini biasanya dijual dalam bentuk yang sudah diasap. Ikan roa menjadi makanan khas Manado karena tidak banyak ditemukan di daerah lain, kecuali di perairan Sulawesi.

Sambal Dabu Dabu

Satu lagi sambal khas Manado yang tak boleh dilewatkan, yaitu sambal dabu-dabu. Penampilannya tidak jauh beda dengan sambal matah karena sambal ini terdiri dari berbagai bahan yang dipotong-potong. Bedanya, sambal dabu-dabu ini tidak menggunakan batang serai, terasi, daun jeruk, dan bawang putih. Bahan utamanya adalah tomat, cabai rawit merah, bawang merah, garam, batang daun bawang, dan jeruk nipis. Sambal dabu-dabu ini biasanya dihidangkan dengan cara disiram ke atas masakan seperti ikan, ayam, atau daging sapi.

Baca juga: Warna Hijab yang Cocok untuk Skin Tone Orang Indonesia

Sambal Bawang

Kalau mencari sambal yang mudah dibuat di rumah, sambal bawang adalah jawabannya. Bahan-bahannya mudah ditemukan, yaitu cabai rawit, bawang putih, bawang merah, garam, gula pasir, dan terasi. Semua bahan tersebut diuleg sampai halus, lalu ditumis. Rasa sambal bawang ini terkenal sangat pedas dan mampu memuaskan selera kalian para penyuka makanan pedas.

Gimana? Sudah ngiler membayangkan semua jenis sambal yang kita bahas di atas? Yang mana nih sambal favorit kamu ladies?

Sumber Foto Utama: istockphoto.com

Baca juga: Orang Tua Stop Bertengkar di Depan Anak, Ini Dampaknya bagi Mental Anak

Macam-macam Sambal Nusantara Sambal Nusantara Sambal Sambal Khas Indonesia

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Travel