Sambut Hari Cokelat Sedunia, Ini 7 Manfaat Konsumsi Cokelat Bagi Ibu Hamil

Rabu, 19 Juli 2023 | 10:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Sambut Hari Cokelat Sedunia, Ini 7 Manfaat Konsumsi Cokelat Bagi Ibu Hamil

Ilustrasi Ibu Hamil Makan Cokelat. (Special)

Ladiestory.id - Hari cokelat sedunia atau yang dikenal dengan World Chocolate Day setiap tahunnya diperingati  pada tanggal 7 Juli. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menikmati si hitam yang memiliki perpaduan rasa pahit dan manis ini. Selain itu, cokelat tak hanya nikmat sebagai camilan santai saja, ternyata cokelat memiliki tujuh  manfaat baik yang dapat dikonsumsi bagi ibu hamil, lho.

1. Menghilangkan Stres

Ilustrasi Makan Cokelat. (Special)

 

Menurut American College of Obstetricans and Gynecologists, manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi cokelat khususnya pada ibu hamil yakni dapat menghilangkan stres. Saat hamil, akan ada perubahan suasana hati dan hormon yang naik turun sehingga dapat mempengaruhi tingkat stres pada wanita hamil. Nah, untuk membuat suasana menjadi lebih rileks, ibu hamil dapat mengonsumsi cokelat hitam dan dapat mengurangi asupan kafein dibawah 200 mg sehari. Sedangkan cokelat batangan mengandung total kafein sebanyak 10 mg. Oleh sebab itu, ibu hamil disarankan agar tidak mengonsumsi jumlah cokelat secara berlebihan.

2, Menyehatkan Jantung

Ilustrasi Makan Cokelat. (Special)

 

Mengonsumsi cokelat hitam dapat membantu menyehatkan jantung khususnya pada ibu hamil. Cokelat mengandung flavonoid serta antioksidan yang dapat bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu, mengonsumsi cokelat hitam juga dapat mengurangi tekanan darah serta kandungan flavonoid nya dapat membantu meningkatkan pertumbuhan janin.

3. Mencegah Preeklamsia

Ilustrasi Cokelat. (Special)

 

Seperti yang telah diterangkan sebelumnya, kandungan flavonoid yang terdapat didalam cokelat dapat membantu meningkatkan pertumbuhan janin, meningkatkan fungsi plasenta serta mencegah risiko preeklamsia. Preeklamsia dapat menyerang ibu hamil dan mengakibatkan bayi lahir prematur, pembekuan darah, kejang-kejang hingga menyebabkan kematian.

4. Membantu Meningkatkan Perkembangan Janin

Ilustrasi Cokelat. (Special)

 

Mengonsumsi cokelat saat hamil dan tidak berlebihan dapat meningkatkan fungsi plasenta sekaligus membantu meningkatkan perkembangan janin dalam kandungan. Selain dapat memberikan sensasi bahagia saat mengonsumsi cokelat, janin pun dipercaya dapat tumbuh sehat menjelang persalinan. Tak hanya itu, mengonsumsi cokelat saat hamil juga dapat mengurangi risiko terjadinya keguguran terutama di trimester pertama kehamilan.

5. Menjaga Berat Badan

 

Ilustrasi Ibu Hamil. (Special)

 

Manfaat mengonsumsi cokelat selanjutnya bagi ibu hamil ialah dapat mengontrol dan menjaga berat badan. Walaupun saat kehamilan biasanya ibu hamil mengalami kenaikan berat badan yang signifikan, akan tetapi mengonsumsi cokelat juga dapat menjaga berat badan ibu hamil yang bisa melebihi batas normal. Namun, yang perlu diperhatikan kandungan cokelat yang memiliki bahan pemanis yang tinggi sebaiknya dapat dihindari dan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

6. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Ilustrasi Makan Cokelat. (Special)

 

 

Mengonsumsi cokelat juga dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif, tak hanya nikmat dimakan secara langsung mengonsumsi secangkir cokelat hangat juga dapat membantu menjaga kesehatan dan fungsi otak. Selain itu, mengonsumsi cokelat hangat dapat memperlancar peredaran darah menuju ke otak.

7. Mengurangi Kolesterol

Ilustrasi Tensi Darah. (Special)

 

Menurut The Journal of Nutrition, mengonsumsi cokelat saat hamil juga dapat mengurangi kadar kolesterol lipoprotein (LDL) yang bisa saja dialami oleh ibu hamil. Kakao juga dipercaya dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) secara signifikan. Selain itu, cokelat mengandung polifenol dan teobromin yang dapat meningkatkan kadar kolesterol lipoprotein densitas tinggi (HDL) atau yang dikenal pula dengan kolesterol baik.

Nah, Ladies itulah ke tujuh manfaat mengonsumsi cokelat yang bisa didapatkan bagi ibu hamil. Namun yang harus diperhatikan ialah imbangi pola makan sehat dan konsumsi vitamin kehamilan agar janin dalam kandungan tetap sehat. Selain itu, batasi jumlah konsumsi cokelat agar tidak berlebihan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.