Sebaiknya Olahraga Berapa Kali Dalam Seminggu? Ini Penjelasan Ahli

Selasa, 27 Februari 2024 | 17:30:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Sebaiknya Olahraga Berapa Kali Dalam Seminggu? Ini Penjelasan Ahli

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Menjalani gaya hidup aktif memiliki manfaat yangs angat baik bagi fisik dan mental seseorang, karena gaya hidup aktif akan meningkatkan detak jantung. Tak hanya itu, berolahraga secara teratur juga dapat mengurangi risiko berbagai jenis penyakit dan memengaruhi kondisi kesehatan.

Melansir Independent, pelatih pribadi dan direktur KMAK Fitness, Kunal Makwana, mengungkapkan bahwa idealnya seseorang harus mencoba berlatih tiga hingga empat kali dalam seminggu.

“Idealnya, seseorang harus mencoba berlatih tiga sampai empat kali dalam seminggu. Jika bisa berbuat lebih banyak, itu bagus. Namun, menurut saya tidak memerlukan lebih dari itu hanya karena Anda perlu meluangkan waktu untuk pemulihan,” ujar Kunal Makwana.

Untuk menghindari aktivitas fisik yang terlalu berat, ia menyarankan seseorang untuk bisa menyebarkan olahraga secara merata sepanjang pekan. Hal ini dilakukan untuk memastikan seseorang tidak melukai dirinya sendiri saat berolahraga.

Ilustrasi Wanita Sedang Berolahraga. (Canva)

 

Banyak berbagai pendapat yang menyebutkan bahwa seseorang harus berolahraga dalam jangka waktu yang lama jika ingin menjadi bugar. Namun, hal tersebut tidaklah benar, olahraga yang terlalu lama dapat menyebabkan kelelahan yang dapat mengakibatkan cedera.

“Latihan sebaiknya tidak lebih dari 90 menit,” kata Kunal Makwana.

“Idealnya, 60 hingga 90 menit tidak masalah jika Anda seorang profesional yang sibuk. Tujuannya adalah untuk keluarh masuk daripada menghabiskan dua hingga tiga jam yang tidak akan produktif bagi siapa pun pada umumnya, terutama jika Anda sibuk,” sambungnya.

Lebih lanjut, Kunal Makwana mengatakan bahwa latihan beban merupakan cara yang bagus untuk mulai berolahraga bagi seorang pemula.

“Kami menyarankan untuk mencari kelas sebagai permulaan. Anda bisa diperkenalkan dengan komunitas, diperkenalkan dengan teman baru, dan pada saat yang sama mendapat semacam arahan,” tutupnya.