Sebuah Kewajiban, Ini Alasan Seorang Anak Harus Berbakti Kepada Orang Tua Dan Guru

Rabu, 18 Agustus 2021 | 05:56:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Sebuah Kewajiban, Ini Alasan Seorang Anak Harus Berbakti Kepada Orang Tua Dan Guru

foto:ladiestory.id

Alasan mengapa kita diwajibkan untuk menghormati orang tua dan guru, tidak lain dan tidak bukan sebab mereka telah melakukan peranan penting pada kehidupan kita. Salah satu bakti kita kepada mereka yaitu dengan berbakti dan menghormati orang tua kita.

Alasan Anak Harus Berbakti Kepada Orang Tua

Salah satu bentuk penghargaan terhadap jasa guru-guru ketika mendidik murid-muridnya dengan sepenuh hati yaitu dengan menghormati guru.

foto:ladiestory.id
foto:ladiestory.id

 

Kita diwajibkan menghormati orang yang lebih tua terlebih lagi orang tua dan guru. Orang tua merupakan orang yang menyayangi, membimbing, menasehati, mendoakan dan merawat kita sedari kita lahir.

Coba bayangkan bagaimana bila mereka tidak ada, pasti hidup kita akan terasa lebih susah. Bukan orang tua saja, guru pun juga wajib kita hormati juga. Mereka kerap dikatakan sebagai orang tua kita yang kedua.

Tuhan memerintahkan kita untuk menghormati orang tua dan guru. Bagi yang beragama Islam, pasti Tuhan sudah mewajibkan kita dalam menghormati orang tua dan guru.

Seperti kata Al-Qur'an surat Luqman ayat keempat belas yang menjelaskan bila Tuhan memerintahkan supaya manusia berbuat baik terhadap orang tuanya sebab Ibunya yang mengandung dalam keadaan lemah dan menyapih selama dua tahun. Berdasarkan Surat Luqman ayat 14

 

Kita menghormati orang tua karena:

  1. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah

  2. Dan menyapihnya dalam dua tahun.

  3. Orang tua telah mendidik kita, membesarkan kita, merawat kita

  4. Orang tua merelakan nyawanya untuk anak"nya

Dan salah satu hadits menyatakan,

Dari Abu Hurairah radhiyallaahu 'anhu, belia berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu “alaihi wasallam dan berkata, “Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?" Nabi shalallaahu 'alaihi wasallam menjawab, 'Ibumu!' Dan orang tersebut kembali bertanya, 'Kemudian siapa lagi?' Nabi shalallaahu 'alaihi wasallam menjawab, 'Ibumu!' Orang tersebut bertanya kembali, 'Kemudian siapa lagu?' Beliau menjawab, 'Ibumu.' Orang tersebut bertanya kembali, 'Kemudian siapa lagi', Nabi shalallahu 'alaihi wasallam menjawab, 'Kemudian ayahmu'." (HR. Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548)

foto:ladiestory.id
foto:ladiestory.id

Agama Mengajarkan Anak untuk Berbakti

Kita diwajibkan untuk menghormati orang tua. Pada konteks kali ini, orang tua yang terdiri dari ibu dan ayah merupakan orang yang telah melahirkan kita dan menjaga kita sampai saat ini. Menghormati ibu dan ayah merupakan kewajiban seorang anak dan juga perintah langsung dari Allah.

Orang tua melakukan peranan penting dalam kehidupan kita. Ibu yang sudah melahirkan dan menjaga kita, sedangkan ayah membesarkan anak-anak mereka dengan berkorban tenaga supaya memenuhi semua kebutuhan kita, dari sandang, pangan, papan hingga pendidikan.

Selain Orang Tua, Anak Harus Berbakti pada Guru

Mengapa kita diwajibkan untuk menghormati guru? Guru telah menjalani peranan yang sangat penting dalam pendidikan kita, mendidik kita dengan sepenuh hati, dan berharap kita akan menjadi orang yang hebat di masa depan nanti. Terlebih lagi, pengetahuan yang sudah mereka berikan kelak akan berguna pastinya untuk masa depan kita.

foto:ladiestory.id
foto:ladiestory.id

 

Guru-guru juga telah menjadi ibu dan ayah penggantian di sekolah. Bukan hanya dalam mengajar, tetapi juga dalam menemani kita, memahami apa masalah kita dan memberikan pelajaran yang berguna untuk kita.

Sebagai rasa syukur kita sebagai pelajar, maka kita wajib untuk berbakti dan menghormati guru, dengan berkata yang baik, tetap semangat belajar, dan mendengar kan semua nasihatnya.

Berita Terkait