Segar dan Sehat di Tengah Cuaca Ekstrem dengan Cap Panda, 4 Tips #BerbagiKesegaran

Rabu, 8 Mei 2024 | 14:45:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Segar Dan Sehat Di Tengah Cuaca Ekstrem Dengan Cap Panda, 4 Tips #Berbagikesegaran

Ilustrasi mengonsumsi cap panda. (Dok. Cap Panda)

Ladiestory.id - Seluruh daerah di Indonesia belakangan ini tengah memasuki cuaca ekstrem. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian wilayah akan mengalami Musim Kemarau pada bulan Mei hingga Agustus 2024 serta kenaikan suhu hingga mencapai 35 derajat Celcius lebih dan bahkan di beberapa titik mencapai 37 derajat Celcius. 

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga mengatakan, cuaca ekstrim ternyata dapat memberikan pengaruh pada kesehatan tubuh kita. Diantaranya adalah dehidrasi, heatstroke, kelelahan, gangguan pencernaan, diare hingga kerusakan kulit karena perubahan suhu yang terlalu cepat.

Untuk menghadapi perubahan cuaca saat ini, ternyata cincau hitam bisa menjadi solusi segar dan sehat bagi masyarakat Indonesia. Dilansir dari website atlasobscura.com, Cincau merupakan makanan tradisional yang dibuat dengan bahan utama tanaman mensona yang ditemukan pada masa Dinasti Tang pada tahun 618-907 Masehi.

Awalnya digunakan sebagai obat, khususnya sebagai gel penghidrasi untuk meringankan sengatan panas bagi orang-orang yang bekerja seharian di sawah. Saat ini, Cincau menyebar ke seluruh dunia menjadi panganan yang populer disantap saat musim panas atau cuaca panas.

Mungkin belum banyak orang yang tahu, kalau cincau hitam memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh seperti membantu detoksifikasi tubuh dengan mengeluarkan racun dan zat berbahaya dalam tubuh. Ada juga kandungan vitamin B dan C dalam cincau hitam yang membantu menjaga tubuh sehingga tidak mudah terkena gangguan pencernaan. Cincau juga mengandung banyak air sehingga cocok untuk menu saat cuaca panas.

Bahkan dalam salah satu penelitian, cincau hitam dipercaya dapat membantu menurunkan demam, batuk dan penurunan tekanan darah tinggi. Di Korea Selatan, cincau hitam dipromosikan sebagai makanan sehat yang memiliki segudang manfaat. Cincau hitam itu juga rendah kalori, jadi tidak perlu takut naik berat badan saat mengkonsumsinya! 

“Perubahan cuaca ekstrim saat ini sangat berpengaruh terhadap tubuh kita. Salah satu yang bisa menjadi alternatif untuk membantu memberikan kesegaran dan nutrisi tubuh adalah Cap Panda Minuman Cincau. Dengan segudang manfaat dan nutrisi dari kandungan cincau alami bisa membantu menghidrasi tubuh, mengenyangkan, dan memberikan kesegaran saat cuaca panas," ungkap Brand Manager Cap Panda, Velicia Yunita.

Faktanya, cincau hitam tidak hanya bisa langsung diminum, tapi bisa juga dinikmati dengan berbagai kreasi tanpa harus mengurangi manfaatnya. Berikut beberapa ide kreasi minuman cincau hitam menarik dan mudah untuk dilakukan saat menghadapi perubahan cuaca! 

  1. Cincau smoothie yang lezat dan bergizi!

Bahan-bahan: 1 kaleng Cap Panda Minuman Cincau, 1 buah pisang dipotong-potong, 100 gram stroberi dipotong-potong, 100 gram mangga dipotong-potong, 100 gram yoghurt plain, es batu secukupnya.

Langkah-langkah: Siapkan blender dan masukkan semua bahan ke dalam blender. Blender hingga halus dan tercampur rata. Cicipi dan sesuaikan rasa manis dengan menambahkan madu atau gula secukupnya (opsional). Tuangkan smoothie ke dalam gelas dan tambahkan es batu secukupnya. Hiasi dengan potongan buah-buahan segar dan sajikan.

  1.  Cincau affogato

Bahan-bahan: 1 kaleng Cap Panda Minuman Cincau, 2 scoop es krim vanilla, taburan favorit (opsional) seperti kacang almond cincang, saus coklat, whipped cream.

Langkah-langkah: Siapkan 2 mangkuk kecil. Tuang es krim vanilla ke dalam mangkuk. Siram Cap Panda dingin di atas es krim. Taburkan topping favorit (opsional). Sajikan segera dan nikmati!

  1. Rasakan sensasi segar dan seru di tengah cuaca panas dengan cincau float

Bahan-bahan: 1 kaleng Cap Panda Minuman Cincau, soda secukupnya, es krim vanila atau rasa favoritmu, es batu secukupnya.

Langkah-langkah: Siapkan gelas yang tinggi, tuang Cap Panda hingga setengah gelas, tuang soda perlahan hingga gelas hampir penuh, tambahkan es krim di atas soda, masukkan es batu secukupnya. Sajikan segera dan nikmati kesegaran bersama teman kantor!

  1. Kreasikan cemilan segar dan menyenangkan untuk berbagai acara dengan cincau jelly

Bahan-bahan: 1 kaleng Cap Panda Minuman Cincau, 1 bungkus agar-agar bubuk,  gula secukupnya, cetakan jelly, air secukupnya

Langkah-langkah: Siapkan panci dan masukkan air secukupnya, masukkan agar-agar bubuk dan gula, aduk rata, nyalakan api dan masak hingga agar-agar larut dan mendidih, matikan api dan tuangkan Cap Panda ke dalam panci, aduk rata, tuang adonan ke dalam cetakan jelly dan dinginkan di dalam kulkas, setelah jelly set, keluarkan dari cetakan dan potong-potong sesuai selera, sajikan Cincau Jelly yang kenyal dan menyegarkan!

Tetap sehat dan segar di tengah cuaca panas dan mari bersama-sama menyebarkan kesegaran dan kepedulian, dimulai dari sekaleng Cap Panda.