Cari Tahu Sejarah ARMY, Saksi Perjalanan Karier BTS

Senin, 6 September 2021 | 05:30:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Cari Tahu Sejarah ARMY, Saksi Perjalanan Karier BTS

Foto: twitter.com/bts_bighit

ARMY adalah nama fandom atau penggemar milik boy grup Bangtan Sonyeondan atau yang lebih dikenal dengan BTS. Pada tanggal 9 Juli 2021 kemarin nama fans dari BTS ini baru saja berulang tahun. 

Momen ulang tahun ARMY ini menjadi kian istimewa ketika di hari yang sama BTS juga merilis lagu baru berjudul Permission to Dance. Berjalan selama kurang lebih bersama BTS, apa sih arti dari ARMY dan bagaimana sejarah terbentuknya? 

Apa Arti Nama ARMY? 

Foto: HYBE Labels

ARMY merupakan sebuah kepanjangan dari Adorable Representative M.C for Youth. Nama fandom yang berarti militer dalam bahasa Inggris ini sangat berkaitan dengan BTS atau “Bangtan Sonyeondan”. Dimana “bang-tan” artinya anti peluru sedangkan “So-nyeon-dan” artinya adalah sekelompok laki-laki. 

Nama tersebut representative dengan konsep dari BTS yang digunakan untuk melawan stereotip serta kritik yang diibaratkan seperti peluru. Di dalam bahasa Inggris nama “Bangtan Sonyeondan”  diibaratkan sebagai Bulletproof Boy Scouts. 

Dimana istilah tersebut mengandung arti pelindung tubuh dan militer selalu bersama. Sehingga jika diartikan makan Bangtan Boys akan selalu bersama dengan para ARMY.

Sejarah Terbentuknya Nama ARMY 

Foto: twitter.com/BTS_twt

ARMY sendiri dibentuk pada Juni 2013 atau tepat satu bulan setelah BTS debut pada Juni 2013. Sejak saat itu, BTS memutuskan bahwa pada tanggal 9 Juli adalah hari ulang tahun untuk ARMY.

Sejak saat itu, BTS selalu memiliki cara khusus untuk merayakan ulang tahun ARMY yang disebut dengan FESTA. Perayaaan besar-besaran ini bisanya berlangsung mulai dari 10 hingga 14 hari dan diisi dengan banyak konten seperti lagu khusus, MV terbaru atau program radio. 

Nah, pada perayaan FESTA 2021 kemarin BTS secara resmi merilis video “ARMY Corner Store” yang diunggah dalam Channel YouTube BANGTAN TV. Dalam video tersebut, semua member berkesempatan untuk mengungkapkan kandidat nama fandom sebelum dipilih nama ARMY. 

RM mengungkapkan bahwa saat itu, ada dua kandidat kuat yaitu ARMY dan Bell. Sedangkan Jimin mengatakan bahwa sempat ada nama “Cherry” yang juga menjadi kandidat nama fandom sebelum akhirnya memutuskan untuk menggunakan nama ARMY. 

Menurut Jin, nama ARMY sangat indah dan bersifat universal. Sedangkan Suga mengatakan bahwa pelafalan ARMY mirip dengan “AMI” yang maknanya teman dalam bahasa Perancis. 

Sedangkan Taehyung atau V mengungkapkan bahwa ia sangat menyukai nama ARMY. Alasannya adalah “dua huruf yang berada di tengah ARMY adalah nama leader mereka yaitu RM, jadi mereka saling terhubung. 

Logo ARMY sendir baru dibuat setelah bertahun-tahun BTS debut di industri musik Korea Selatan. Keunikan dari logo ini adalah ketika logo BTS berbentuk mirip pintu terbuka, maka secara otomatis logo ARMY akan terbentuk.

Fandom yang Selalu Diperlakukan Spesial Oleh BTS 

Foto: twitter.com/bts_bighit

BTS memang selalu mengutamakan ARMY sebagai fans yang selalu setia mendukung perjalanan karir mereka. Sebagai ucapan terima kasih, BTS selalu berusaha menyenangkan fans dengan memberikan yang terbaik untuk mereka. 

Selain mengadakan konser khusus saat ulang tahun ARMY, baru-baru ini BTS juga memberikan kado spesial untuk ARMY. Kado tersebut berupa versi CD Butter yang sebelumunya telh rilis pada 21 Mei 2021. 

Versi CD Butter ini akan diisi dengan empat lagu Butter, Permission to Dance kolaborasi dengan Ed Sheeran dan versi instrumental dari kedua lagu tersebut. Versi CD Butter ini rilis berbarengan dengan MV Permission to Dance yaitu pada tanggal 9 Juli 2021 lalu. Tepat pada momen perayaan ulang tahun ARMY. Sejak perilisan tersebut ARMY menggaungkan #Butterfest sebagai tanda perilisan kado spesial untuk mereka.

Demikian ulasan tentang sejarah ARMY yang merupakan fans BTS.

Berita Terkait