Sekumpulan Harta Karun yang Diduga Milik Nabi Sulaiman Ditemukan di Israel

Selasa, 21 Juni 2022 | 15:03:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Sekumpulan Harta Karun Yang Diduga Milik Nabi Sulaiman Ditemukan Di Israel

Ilustrasi Lembah Timna, Israel. (Spesial)

Ladiestory.id - Tim arkeolog dikabarkan menemukan sekumpulan harta karun, berupa khazanah teknologi dan sumber kekayaan yang diduga berasal dari zaman Nabi Sulaiman, yang memerintah sekitar 3 ribu tahun silam. Harta karun tersebut diketahui ditemukan di situs arkeologi Lembah Timna, Israel.

Dilansir Archytele, para arkeolog mencatat penemuan paling legendaris berupa tambang yang berkembang pesat selama pemerintahan Raja Sulaiman. Bukan emas atau perak, menurut Profesor Erez Ben-Yosef dari Tel Aviv University, tambang yang ditemukan di Israel merupakan tambang bijih tembaga, yang tersebar di seluruh lokasi dan membuktikan keberadaan produksi tembaga secara massal di masa lalu. 

Meski bukan emas atau perak, pada zaman kuno, tembaga menjadi salah satu logam yang cukup banyak dicari di bumi. Keberadaan tembaga cukup berharga bagi peradaban umat manusia kala itu.

"Semua bahan ampas bijih hitam yang ditemukan merupakan limbah dari tungku. Ini adalah bukti yang sangat penting untuk produksi tembaga kuno di Timna," kata Prof Ben-Yosef.

"Tembaga pada waktu tertentu dalam sejarah adalah sumber daya ekonomi yang paling penting dan menjadi industri yang paling menguntungkan," sambungnya.

Mohammad Najjar, dari Friends of Archaeology of Jordan bahkan mengungkap jika pada zaman dahulu, tembaga bisa disebut mirip dengan minyak bumi yang sangat dibutuhkan, salah satunya sebagai bahan pembuatan alat-alat dan senjata di awal masa peradaban.

"Mirip seperti sekarang di mana manusia tidak bisa melakukan apa-apa tanpa minyak bumi. Manusia zaman itu pun tak bisa melakukan apa-apa tanpa tembaga," ungkap Najjar.