Selain Aliando Syarief, 5 Artis Juga Idap Gangguan Mental OCD

Jumat, 28 Januari 2022 | 20:30:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Selain Aliando Syarief, 5 Artis Juga Idap Gangguan Mental Ocd

Aliando Syarief. (Instagram.com/aliandooo)

Ladiestory.id - Netizen dibuat kaget dengan pernyataan Aliando Syarief mengenai dirinya mengidap gangguan mental OCD atau Obsessive Compulsive Disorder. Bahkan pria kelahiran 26 Oktober 1996 ini mengaku mengidap OCD ekstem.

Bahkan gangguan mental yang diidapnya kambuh di sela-sela Aliando mengerjakan syuting di proyek terakhirnya. Aliando juga mengatakan jika tidak bisa merampungkan lagu yang akan dirilisnya akibat OCD.

5 Artis Idap Gangguan Mental OCD

Namun rupanya, Aliando Syarief bukanlah satu-satunya artis yang mengidap OCD. Bahkan jauh sebelumnya, ada beberapa nama artis yang mengungkapkan jika dirinya mengidap gangguan mental yang sama dengan Aliando Syarief. Siapa saja dia.

Rina Nose

Rina Nose. (Instagram.com/rinanose16)

Rina Nose juga sempat mengakui jika dirinya mengidap gangguan mental OCD. Bahkan gangguan mental ini sudah dideritanya selama bertahun-tahun.

Kala itu, ketika Rina Rose berada diruangan yang tidak bersih dan tidak tertata dengan rapi, maka dia akan mengalami rasa cemas yang berlebih. Hal tersebut akan dilakukan secara berulang-ulang hingga harus sesuai dengan apa yang diinginkan Rina Nose.

Tidak hanya di rumah, bahkan Rina juga selalu merapikan barang yang berserakan di tempat umum. Seperti kebiasaan Rina yang selalu merapikan tisu di WC umum.

Tak sedikit orang yang mencibir kebiasaan Rina Nose ini. Namun justru mereka tidak tahu, jika kebiasaan tersebut merupakan salah satu gangguan mental OCD yang dialami.

"Dulu kebiasaan saya ini dianggap aneh dan menjijikkan. Kadang dianggap sok iye, sok cantik, sok bersih! Padahal itu saya lakukan karena saya mengidap OCD" tulisnya di Instagram saat menjawab salah satu komentar netizen, dilansir dari berbagai sumber.

Prilly Latuconsina

Prilly Latuconsina. (Instagram.com/prillylatuconsina96)

Siapa sangka, lawan main Aliando Syarief di sinetron Ganteng Ganteng Serigala juga mengalami gangguan mental yang sama yakni OCD. Prilly selalu merapikan dan menyimpan barang-barang pribadinya.

Hal ini disebabkan dia tidak suka jika orang lain memegang barang pribadinya. Bahkan Prilly kerap merasa tidak sesuai dengan keinginannya jika itu dirapikan oleh orang lain.

Artis 24 tahun ini mengaku jika dirinya tidak bisa melihat barang miliknya miring atau bergeser. Hal ini terjadi lantaran dirinya mengidap gangguan mental OCD.

Sandra Dewi

Sandra Dewi. (Instagram.com/sandradewi88)

 

Mungkin banyak yang tidak menyangka publik figur ini mengidap OCD. Sebab dirinya terkenal dengan artis yang cantik, multi talent, dan memiliki intelektual yang tinggi.

Ya, Sandra Dewi juga mengidap OCD. Hal ini diungkapkan secara lansung beberapa tahun lalu. Sandra Dewi juga menceritakan jika dirinya selalu menjaga kerapian disekeliling termasuk rumahnya.

Bahkan Sandra Dewi selalu belanja kebutuhan rumah tangga meskipun masih ada stok. Sebab dirinya tidak bisa melihat kebutuhan dirumahnya hampir habis.

“Aku itu OCD (Obsessive Compulsive Dissorder). Jadi nggak bisa lihat kebutuhan di rumah habis. Sebelum habis aku tuh sudah harus beli lagi. Tapi karena sekarang waktu belanja hampir nggak ada, saya akhirnya beralih ke online. Karena saya itu hanya punya waktu untuk pegang handphone pas pumping. Sehingga saya manfaatkan untuk belanja online.” ungkap Sandra Dewi, dilansir dari berbagai sumber.

Rizky Kinos

Rizky Kinos. (Instagram.com/kinosnoski)

 

Jika kebanyakan artis menyadari dan mengungkapkan jika dirinya mengidap OCD, berbeda dengan presenter Rizky Kinos. Sebab gangguan OCD disadari oleh presenter Andhika Pratama ketika berkunjung ke rumah Kinos.

Lewat channel Youtubenya, Andhika sadar jika Kinos mengidap OCD lantaran rumahnya yang sangat tertata dengan rapi.

"Jadi tadi waktu pertama kali kita masuk, gue langsung nanya siapa di rumah ini yang OCD. Bapak Kinos langsung mengaku," kata Andhika, dilansir dari berbagai sumber.

Kinos akhirnya bercerita jika dirinya harus merapikan rumah sebelum tidur. Bahkan Kinos memiliki batu di kamar mandi miliknya. Sebelum mandi, dia selalu melakukan kebiasaan unik yakni merapikan batu.

Kemudian, istri Kinos yakni Gina mengutarakan jika dirinya tidak pernah salah meletakkan batu tersebut.

"Gak boleh ada batunya yang numpuk di satu sisi. Jadi sebarannya harus merata. Ya Allah," kata Gina

"Gak boleh ada space yang kosong. Harus terisi oleh batu-batu putih," timpal Kinos.

Ari Lasso

Ari Lasso. (Instagram.com/ari_lasso)

Juri ajang Indonesia Idol yakni Ari Lasso juga mengidap gangguan mental OCD. Hal ini disampaikan secara langsung ketika menjadi bintang tamu di channel Youtube Daniel Mananta.

Sama halnya dengan Kinos, Ari Lasso tidak pernah bisa tidur sebelum melihat rumahnya rapi. Bahkan Ari Lasso sangat terobsesi dengan kerapihan.

"Ya lu (Daniel) tahu gue punya kecenderungan kerapihan yang agak berlebih ya. Dalam arti ya mungkin OCD atau kalau kata orang-orang keren," ungkap Ari Lasso, dilansir dari berbagai sumber.