Selain Buah dan Sayur, 6 Kandungan Antioksidan yang Bisa Didapatkan dari Skincare

Minggu, 12 Februari 2023 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Selain Buah Dan Sayur, 6 Kandungan Antioksidan Yang Bisa Didapatkan Dari Skincare

Ilustrasi perempuan memakai skincare. (Special)

Ladiestory.id - Masalah kulit tak hanya disebabkan oleh hormon maupun kebiasaan pola hidup tidak sehat, penyebab kulit mengalami berbagai masalah dan penyakit ini dapat diakibatkan oleh radikal bebas baik didalam maupun diluar tubuh seperti stres, polusi hingga sinar UV.

Untuk  mencegah terjadi masalah kulit kamu dapat mengonsumsi makanan dan minuman sehat yang diperkaya dengan kandungan antioksidan yang mampu bekerja secara efektif untuk mencegah proses oksidasi penyebab radikal bebas.

Jika tidak segera diatasi dengan cepat maka dapat merusak sel kulit sehingga membuat kulit kusam, hiperpigmentasi, bahkan mengalami penuaan dini. Nah, selain mengonsumsi buah dan sayur, kamu pun bisa mendapatkan kandungan antioksidan tambahan untuk membuat kulitmu glowing dan tetap terjaga kesehatannya dengan enam kandungan antioksidan yang terdapat dalam produk skincare berikut ini.

Vitamin C

Ilustrasi perempuan mengonsumsi buah mengandung vitamin C. (Special)

 

Vitamin C dikenal memiliki kandungan antioksdian untuk membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan terjadinya kerusakan, selain itu vitamin C ini juga dapat memberikan elektron pada radikal bebas sehingga dapat membuat lebih stabil. Produk skincare yang memiliki kandungan vitamin C didalamnya dinilai ampuh dapat melindungi kulit dari paparan sinar U serta membantu mencerahkan kulit dan menyamarkan kulit dari noda hitam.

Vitamin E

Ilustrasi vitamin E. (Special)

 

Selain vitamin C, ternyata vitamin E pada kandungan skincare juga merupakan sumber antioksidan yang sangat baik bagi kulit. Vitamin E dapat membantu menghidrasi dan melembapkan kulit khususnya bagi kamu si pemilik kulit kering. Tak hanya itu, selain mengandung antioksidan vitamin E ini dapat membantu mengurangi peradangan, membantu menjaga kulit lebih elastis serta mengurangi peradangan pada kulit.

Retinol

Kandungan retinol dalam skincare dikenal sebagai turunan dari vitamin A yang juga ampuh membantu mencegah terjadinya penuaan dini, lho. Retinol juga dikenal sebagai kandungan antioksidan yang molekul terkecilnya dapat menembus kelapisan terdalam pada kulit. Selain itu, retinol berkhasiat untuk membantu merangsang produksi kolagen serta mempercepat proses regenerasi kulit.

Niacinamide

Salah satu kandungan paling umum yang terkandung dalam produk skincare yakni niacinamide dikenal juga sebagai kandungan vitamin B3 merupakan antioksidan yang efektif membantu berbagai masalah kulit diantaranya dapat membantu mencerahkan kulit, membantu menyamarkan pori-pori kulit, mengatasi jerawat membandel, serta membantu meningkatkan skin barrier.

Tak heran jika banyak produk skincare ataupun produk kecantikan yang memilih niacinamide sebagai bahan kandungan utamanya, tentunya kamu hanya perlu memilih produk skincare yang tepat dan pas bagi jenis kulitmu.

Polifenol

Polifenol dikenal memiliki sifat antiinflamasi yang tinggi sehingga sangat tepat digunakan untuk membantu meredakan kulit sensitif, iritasi dan juga kemerahan. Selain itu, polifenol ini dipercaya ampuh untuk memperkuat skin barrier serta memperbaiki kerusakan DNA. Polifenol ini juga banyak ditemukan pada tumbuhan dan buah seperti teh hijau maupun anggur. Polifenol ini pun dapat membantu menangkal dan melindungi kulit dari radikal bebas serta kerusakan sel pada kulit.

Green Tea

Ilustrasi Green Tea dan Matcha. (Special)

 

Selain nikmat dikonsumsi secara langsung green tea memang memiliki khasiat yang baik bagi tubuh khususnya bagi kulit. Sedangkan kandunga green tea pada produk skincare juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat memberi efek menenangkan pada kulit serta mengandung zat polifenol yang ampuh melawan radikal bebas pada kulit.

Nah, Ladies itulah ke enam kandungan antioksidan yang dapat ditemukan pada produk skincare tentunya yang dapat membantu merawat serta mencegah terjadinya masalah pada kulit. Semoga informasi ini bermanfaat.