Selain Jadi Camilan Favorit Saat Puasa, Ini 6 Manfaat Kurma Bagi Kecantikan

Selasa, 4 April 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Selain Jadi Camilan Favorit Saat Puasa, Ini 6 Manfaat Kurma Bagi Kecantikan

Salah satu jenis kurma termahal. (Special)

Ladiestory.id - Kurma menjadi salah satu hidangan atau camilan favorit yang paling banyak diburu selama puasa Ramadan.  Kurma identik dengan warna kecoklatan yang memiliki rasa manis serta tekstur yang lembut dan sedikit kering.

Kurma dikenal memiliki kandungan nutrisi serta mengandung berbagai macam kebutuhan yang baik bagi tubuh seperti karbohidrat, protein, serat, potassium, vitamin hingga mineral. Tak hanya baik bagi kesehatan tubuh, kurma pun memiliki manfaat bagi kecantikan bagi wanita.

Berikut di antaranya.

Rambut Sehat dan Kurangi Kerontokan

Ilustrasi Rambut Sehat. (Special)

 

Ladies, kurma memiliki kandungan zat besi serta vitamin B5 yang dapat membantu meningkatkan aliran darah menuju kulit kepala dan memperkuat folikel pada rambut. Hal ini lah yang dapat membuat rambut menjadi lebih sehat serta dapat mengurangi masalah kerontokan sehingga menjadikan rambut tampak sehat dan berkilau.

Selain dapat dikonsumsi secara langsung, kamu pun dapat membuat masker rambut alami dari buah kurma, sari-sari yang terkandung dalam buah kurma dalam masker rambut ini dapat mengurangi kerontokan pada rambut.

Cerahkan Kulit

Ilustrasi Kulit Glowing. (Special)

Ladies, tak hanya membuat rambut menjadi sehat, mengonsumsi kurma juga dapat menjadikan kondisi kulit lebih cerah bercahaya. Kurma memiliki kandunga vitamin C dan D yang dapat membantu meningkatkan jaringan subkutan, membuat tampilan kulit lebih halus dan cerah.

Tak hanya itu, kurma juga mengandung antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas serta menghambat terjadinya kerutan dan garis halus.

Lawan Penuaan dan Kulit Kusam

Ilustrasi penuaan dini. (Special)

 

Selain mencerahkan, kurma memiliki kandungan vitamin E yang dapat membantu melawan penuaan dini serta mencegah munculnya garis halus dan kerutan pada kulit wajah.

Tak hanya itu, kandungan vitamin A dalam kurma dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati maupun komedo sekaligus memperbaiki jaringan-jaringan sel kulit yang telah rusak. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, kurma pun dapat dijadikan sebagai bahan alternatif pembuatan masker wajah alami untuk mengatasi penuaan dini hingga kulit kusam.

Regenerasi Kulit

Ilustrasi Menghambat Regenerasi Kulit. (Special)

 

Ladies, selain nikmat dikonsumsi dikala berbuka puasa, mengonsumsi kurma secara rutin dapat menjadikan kulitmu tampak lebih kenyal dan lembap. Hal ini dikarenakan kurma memiliki kandungan vitamin A, C, dan E yang dapat membantu meregenerasi kulit. Kamu pun bisa menjadikannya sebagai masker wajah alami dan rutin digunakan seminggu sekali.

Atasi Iritasi Kulit dan Jerawat

Jerawat Badan. (Special)

 

Ladies, ternyata kandungan antioksidan didalam buah kurma tak hanya mampu menangkal radikal bebas maupun penuaan dini, buah kurma dapat membantu mengatasi iritasi kulit, peradangan hingga jerawat. Hal ini dikarenakan dalam buah kurma terkandung vitamin B untuk mencegah kulit berjerawat, menenangkan kulit serta infeksi kulit akibat jerawat.

Miliki Nutrisi Penting untuk Kehamilan

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

 

Bagi ibu hamil, kurma juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat penting diperlukan oleh ibu hamil. Kurma memiliki kandungan asam amino serta karbohidrat serta kaya akan vitamin B16 atau asam folat yang dapat mencegah risiko bayi cacat lahir. Selain itu, mengonsumsi kurma saat masa-masa kehamilan pun dapat membantu meringankan proses persalinan, lho.