Selain Masalah Pekerjaan, Ini 5 Penyebab Mental Breakdown

Senin, 12 Juni 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Selain Masalah Pekerjaan, Ini 5 Penyebab Mental Breakdown

Ilustrasi mental breakdown. (Special)

Ladiestory.id - Tak hanya kesehatan fisik ternyata kesehatan mental bisa disebabkan oleh berbagai gangguan kesehatan salah satunya ialah mental breakdown. Mental breakdown sendiri merupakan masalah kesehatan mental serius yang membutuhkan penanganan khusus secara profesional. Gangguan mental breakdown dapat disebabkan oleh pengaruh stres yang berlebihan serta tidak adanya cara yang benar untuk mengelola stres tersebut.

Walaupun mental breakdown dapat bersifat sementara, namun hal ini tidak boleh disepelekan karena masalah gangguan mental dan jiwa seperti mental breakdown harus diatasi dengan serius yang dapat berakibat fatal bagi kesehatan seseorang bahkan menyebabkan seseorang menjadi tidak memungkinkan untuk berpikir dan fokus dalam bekerja, mengurus rumah tangga ataupun melakukan berbagai kegiatan seperti biasanya. Nah, berikut ini lima penyebab mental breakdown yang telah Ladiestory.id rangkum menurut International Journal Mental Health Systems. 

Kecemasan dan Depresi

Ilustrasi mental breakdown. (Special)

Umumnya gangguan mental breakdown dikarenakan seseorang mengalami stres alhasil ia pun tidak dapat mengendalikan tingkat stres nya dengan baik, sehingga menyebabkan hilangnya kemampuan tubuh untuk dapat berfungsi secara normal. Maka tak jarang pula, seseorang yang mengalami mental breakdown dapat disebabkan oleh munculnya gangguan kecemasan hingga depresi berat yang mengakibatkan seseorang tak mampu mengendalikan dirinya. Apabila kondisi ini dibiarkan begitu saja maka dapat menimbulkan kondisi mental breakdown yang lebih parah. Seseorang dengan gangguan kecemasan dan depresi akan merasa sedih secara terus-menerus, lelah, putus asa dan tidak tertarik dengan aktivitas yang dinikmatinya.

Masalah Pekerjaan

Ilustrasi mental breakdown. (Special)

Ladies, banyak orang yang merasa stres dan lelah akibat banyaknya pekerjaan dan tekanan di lingkungan kerja yang mengharuskan seseorang untuk dituntut terus-menerus mencapai target suatu perusahaan. Tanpa disadari hal ini dapat memicu seseorang menjadi stres, mengalami rasa lelah yang ekstrim, kinerja menjadi buruk, serta menyebabkan munculnya gangguan depresionalisasi. Akibat tuntutan kerja yang tinggi dapat menyebabkan seseorang menjadi mudah lelah , menjadi sulit merasa bahagia, apatis, sedih dan tidak dapat mengendalikan perasaannya dengan baik.

Adanya Serangan Panik

Ilustrasi mental breakdown. (Special)

Penyebab mental breakdown selanjutnya yang muncul ialah adanya serangan panik yang dapat ditandai dengan rasa takut yang begitu kuat, detak jantung yang begitu cepat, sakit perut, mual, sesak napas, mati rasa, sakit kepala dan sakit dibagian dada. Serangan panik ini pun dapat datang secara tiba-tiba dan tanpa adanya peringatan. Seseorang yang mengalami serangan panik dapat dipicu oleh tingkat stres yang tinggi.

Insomnia

Ilustrasi mental breakdown. (Special)

Penyebab mental breakdown selanjutnya juga dapat disebabkan oleh stres yang berlebihan sehingga mengakibatkan seseorang mengalami insomnia atau masalah gangguan tidur, alhasil seseorang akan merasa terjaga hingga larut malam. Saat seseorang mengalami gangguan tidur atau insomnia maka otak dan tubuhnya tidak dapat pulih dari rasa stres yang pada akhirnya dapat menimbulkan gangguan kecemasan. Oleh sebab itu, gangguan susah tidur dapat mempengaruhi kesehatan fisik, kinerja seseorang hingga mental yang terganggu.

Gangguan Psikotik

Ilustrasi mental breakdown. (Special)

Gangguan psikotik pun bisa menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami mental breakdown. Gangguan psikotik ini dapat mengakibatkan munculnya gejala penyakit mental serius yakni skizofernia. Masalah gangguan psikotik ini umumnya dapat memicu seseorang mengalami gangguan depresionalisasi. Oleh sebab itu, masalah serius seperti ini sebaiknya tidak kamu abaikan. Apabila kamu mengalami gejala seperti ini sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter ahli.

Nah, itulah ke lima penyebab seseorang mengalami mental breakdown yang sebaiknya dapat kamu waspadai. Mulai saat ini kamu pun harus memperhatikan kesehatan fisik dan mentalmu, Ladies. Semoga informasi ini bermanfaat.