Jadi Perhatian, Yuk Kenalan dengan Gitar Milik Jae Park Eks Day6

Selasa, 19 Juli 2022 | 23:30:00

Ananda Rizki

Penulis : Ananda Rizki

Jadi Perhatian, Yuk Kenalan Dengan Gitar Milik Jae Park Eks Day6

Jae Day6 (twitter.com/day6official)

Ladiestory.id -  Menempati posisi sebagai seorang gitaris di band-nya, tentu saja kemampuan bermain gitar Jae eks DAY6 sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Pria bernama lengkap Park Jaehyung ini sudah mulai bermain gitar sejak ia di masa sekolah, dan kemampuannya pun semakin meningkat hingga ia dewasa. Rekan se-band nya pun juga mengatakan bahwa kemampuan Jae dalam bermain gitar sangat bagus.  

Bahkan, ketika Jae sedang ikut dalam acara pencarian bakat di Korea Selatan yaitu Kpop Star 2, Jae beberapa kali tampil dengan gitar miliknya. 

Tidak hanya menarik perhatian dengan wajahnya yang sangat rupawan itu, siapa yang menyangka bahwa para fans juga ikut naksir dengan gitar yang digunakan Jae eks DAY6 saat manggung. Gitar-gitar koleksinya ini pun juga tidak hanya ia beli dengan uang pribadinya, namun beberapa diantaranya Jae dapatkan dari orang-orang terdekatnya.  

Yang uniknya lagi adalah, beberapa gitar miliknya ini mempunyai nama, loh!  

Jadi penasaran sama nama dan tipe gitarnya milik Jae, nih. Yuk, kita simak selengkapnya dibawah ini! 

Mery  

Jae Day6 Guitar - Mery (twitter.com/woozoosound)

Menjadi Jae eks DAY6 guitar yang pertama, Gitar dengan merk dan tipe James Tyler Japan LA Studio Classic ini mempunyai warna body semi coklat serta berwarna putih atau yang disebut juga jenis 3-tone Sunburst. Namun, gitar ini bisa dikatakan tidak terlalu sering digunakan oleh Jae saat manggung.  

Tidak ada alasan khusus kenapa Jae memberikan nama tersebut untuk gitarnya, ia hanya merasa nama Mery adalah nama yang cantik dan cocok dengan gitar miliknya itu.  

Sir Nutcracker the 5th 

Jae Day6 Guitar - Sir Nutcracker (twitter.com/GuitarMickey92)

Memiliki tipe warna Fiesta Red, Maple, gitar dengan panggilan Nutcracker ini adalah gitar dengan merk dan tipe Fender Custom Shop Stratocaster. Seperti dengan jenisnya, gitar Fender pria berkacamata ini sengaja ia buat custom.  

Dan nama “Nutrcracker” yang diberikan oleh Jae kepada gitarnya satu ini adalah karena ia berfikir bahwa  meng-custom gitar itu seperti sebuah mainan untuknya.  

Berbeda dengan Merry, si Nutcracker ini terlihat sering dibawa manggung oleh Jae ketika beberapa tahun debut dengan DAY6. 

Saat sudah mempunyai gitar custom baru dan sudah tidak terlalu sering menggunakan Fender custom nya satu ini, Jae pun menghibahkan gitar tersebut ke salah satu teman terdekatnya yang juga sesama musisi. 

Haru (Money) 

Jae Day6 Guitar - Haru (twitter.com/lookalike_Jae)

Seperti ketagihan dengan gitar custom, Jae pun kembali membeli gitar custom dengan merk dan jenis The Fender Custom SHop 1956 Heavy Relic Stratocraster berwarnakan hitam dan putih.  

Kalau kamu seorang My Day, atau fans dari Jae DAY6, pasti sudah familiar banget dengan gitarnya yang satu ini. Karena Haru ini paling sering digunakan Jae untuk manggung loh, bahkan terlihat seperti gitar kesayangannya. 

Tentu saja, karena harga gitar ini pun juga ga main-main.  Dalam sebuah wawancaranya di tahun 2017, Jae pernah mengatakan bahwa gitar Fender customnya satu ini bisa dibilang sangat mahal, dan menjadikan gitar tersebut sebagai salah satu investasinya dalam bidang musik.  

Selain itu, dalam video yang di upload oleh JYP saat itu, Jae menjelaskan bahwa sebelumnya ia belum memberi nama Fender custom ini hingga satu bulan lamanya karena menurutnya belum ada nama yang bagus untuk gitarnya tersebut. Namun, kemudian seorang fans menyarankannya untuk memberi nama “Haru”. Dan akhirnya Jae pun benar-benar memberi nama gitar tersebut Haru.  

Taylor 

Jae Day6 Guitar - Taylor (twitter.com/jjjaemi92)

Satu-satunya gitar akustik yang pernah terlihat digunakan oleh Jae DAY6 selama manggung menjadi member DAY6. Gitar akustik dengan body berwarna coklat keputihan ini dari merk dan jenis Taylor 914ce.  

Untuk nama Taylor sendiri, Jae menamainya seperti salah satu nama perusahaan besar gitar yang terkenal yaitu Taylor- Listug Guitars.  

Jae sendiri juga terlihat jarang menggunakan gitar akustik satu ini, ia menggunakannya hanya di lagu-lagu DAY6 tertentu yang membutuhkan suara gitar akustik, seperti dalam lagu “All Alone”, dan “I’m Serious”.  

Jae’s New Black Guitar Telecaster

Jae Day6 Guitar - The Black Telecaster (twitter.com/AlexB_4day6)

Yang terakhir dari daftar Jae eks DAY6 guitar, adalah gitar dengan body berwarna hitam dengan coklat. Gitar ini tentu saja langsung menarik perhatian semua My Day. Karena, saat itu Jae tiba-tiba saja muncul dengan menggunakan gitar tersebut, setealah sekian lama menggunakan Haru ketika di panggung.  

Gitar hitamnya satu ini bermerk Fender American Professional Telecaster Deluxe ShawBucker MN Black. Instrumen dengan harga puluhan juta ini pertama kali digunakan oleh Jae sekitar tahun 2017-2018-an, menggantikan Haru.  

Namun sayangnya, gitar hitam yang sangat tampan ketika digunakan oleh Jae ini belum diberikan nama oleh sang pemilik. Beberapa fans pun menamai gitar ini sendiri, ada yang mengatakan namanya adalah “The Black Telecaster"

Itulah lima daftar Jae eks DAY6 guitar yang pernah digunakan sepanjang karirnya menjadi seorang gitaris. Sangat disayangkan, semua gitar Jae ini kabarnya sudah dijual karena pria kelahiran tahun 1992 ini jadi mempunyai trauma dengan gitar.  

Semoga kita semua bisa melihat Jae dipanggung dengan gitarnya lagi ya, dan selalu dukung karya-karyanya!