Sempat Magang di NASA, Ars-Vita Alamsyah jadi Engineer di Space X

Minggu, 8 Mei 2022 | 14:32:00

Monica Dameria

Penulis : Monica Dameria

Sempat Magang Di Nasa, Ars-Vita Alamsyah Jadi Engineer Di Space X

Ars-Vita Alamsyah. (Instagram.com/arsvitaa)

Ladiestory.id - Pencapaian karier Ars-Vita Alamsyah, lulusan S2 dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) patut diapresiasi. Pasalnya, ia dapat bekerja di Space X, perusahan aerospace di California, Amerika Serikat milik Elon Musk.

Perempuan berhijab asal Indonesia ini sejak kecil memiliki cita-cita masuk ke dalam dunia teknologi. Keinginan ini terinspirasi dari sang kakek yang menjadi insinyur mesin.

“Waktu kecil saya suka melihat bagaimana sesuatu dirakit dan dibuat. Saya amat terinspirasi oleh kakek saya yang seorang insinyur mesin," ungkap Ars-Vita Alamsyah, dikutip dari kanal YouTube VOA Indonesia.

Vita meraih gelar sarjananya dari University of Maryland, College Park, Amerika Serikat pada 2017. Ia mengaku sempat mendalami dunia aerospace dan rantai pasokan global yang akhirnya melanjutkan studi S2 di MIT.

“Saya ingin menjadi bagian dari inovasi besar mencoba menyelesaikan masalah yang kompleks melihat perkembangan teknologi maju, itulah sebabnya saya ada di sini (Space X)," ujar Ars-Vita Alamsyah.

Kisah Hidup Ars-Vita Alamsyah. (Youtube.com/VOA Indonesia)

Meski ada perempuan, Vita mengaku bahwa industri aerospace masih didominasi oleh kaum pria. Oleh karena itu, ia memiliki tantangan untuk meyakinkan dan membuktikan terkait hasil yang dikerjakan.

"Salah satu tantangan yang mungkin kita hadapi adalah untuk meyakinkan dan membuktikan bahwa kita mampu memberikan hasil. Jadi memiliki kepercayaan diri untuk memastikan pekerjaan kita setara dengan karyawan pria amatlah penting,” jelas Ars-Vita Alamsyah.

Seperti yang telah diketahui, Ars-Vita Alamsyah pernah magang di perusahaan besar NASA atau lembaga antariksa Amerika Serikat selama satu bulan penuh pada November 2015. Ia juga sempat magang di Federal Aviation Administration mulai Februari hingga Mei 2017.

Vita memulai karier sebagai mekanik saat bekerja di Northrop Gumman sejak Oktober 2017. Ia menjabat sebagai Project Management di bagian Technology Service.

Sementara itu, posisi terakhirnya yakni Project Management untuk Global Supply Chain. Vita bergabung dalam perusahaan tersebut selama 3 tahun 1 bulan.

s