Sering Dijadikan Pelengkap Bumbu, Ini 5 Manfaat Daun Salam

Selasa, 13 September 2022 | 00:01:00

Andi Afifah

Penulis : Andi Afifah

Sering Dijadikan Pelengkap Bumbu, Ini 5 Manfaat Daun Salam

Daun Salam (Special)

Ladiestory.id - Salah satu bumbu dapur yang dipakai untuk menambahkan aroma sedap adalah daun salam. Daun salam biasa dipakai sebagai bumbu pelengkap untuk berbagai makanan. Aroma dari daun salam juga sangat sedap jika dipakai untuk memasak nasi. Dibbalik itu, daun salam juga mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan. Yuk simak ulasan manfaat daun salam.

Memperbaiki Pencernaan

Ilustrasi pencernaan. (Special)

Kadungan enzim dengan protein yang ada dalam daun salam dapat memperbaiki masalah pencernaan, seperti perut kembung, mulas dan sembelit. Kamu bisa merebus tiga hingga lima lembar daun salam dengan dua gelas air putih. Tunggu hingga mendidih, lalu kamu bisa minum rebusan air ketika hangat.

Ilustrasi kolesterol. (Special)

Tak heran daun salam digunakan hampir pada setiap masakan. Kaya akan polifenol, daun salam mampu menurunkan kadar gula dan kolesterol. Rebusan daun salam juga cocok bagi kamu yang mempunyai diabetes. Kamu bisa rutin minum rebusan daun salam minimal tiga kali dalam seminggu.

Mencegah Kanker

Ilustrasi penyebaran sel kanker. (Special)

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa rebusan daun salam dapat mencegah pertumbuhan sel kolorektal dan kanker darah. Dalam journal Clinical Breast disebutkan bahwa kanker yang berkembang pada area payudara jadi salah satu penyebab timbulnya kanker payudara. Ekstrak daun salam bisa mematikan sel kanker yang menyerang pada payudara.

Mencegah Batu Ginjal

Ilustrasi perempuan menderita batu ginjal. (Special)

Salah satu timbulnya batu ginjal dikarenakan adanya urase, urase adalah kondisi dimana enzim yang tidak seimban dalam tubuh. Sebuah studi mengatakan bahwa batu ginjal dapat dicegah dengan meminum rebusan daun salam yang dicampur dengan rempah tambahan.

Jaga Kesehatan Jantung

lustrasi jantung sehat. (Special)

Kandungan senyawa asam caffeic pada daun salam dapat memperkuat dinding kapiler jantung. Buat kamu yang mau sehat, yuk coba konsumsi rebusan air daun salam dan jangan lupa imbangi dengan olahrga ya. Semoga bermanfaat!

s