Sering Rasakan Lelah Sepanjang Waktu? Ini 5 Tanda Depresi yang Harus Diwaspadai

Jumat, 22 Maret 2024 | 14:53:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Sering Rasakan Lelah Sepanjang Waktu? Ini 5 Tanda Depresi Yang Harus Diwaspadai

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Di tengah padatnya kehidupan, seseorang seringkali terlalu sibuk hingga lupa memperhatikan kesehatan mental. Kebanyakan orang biasanya mengabaikan tanda-tanda kesedihan atau kecemasan hanya karena terlalu sibuk melakukan hal lain yang lebih menjadi prioritas.

Mengabaikan kesehatan mental tentu merupakan suatu hal yang harus dihindari karena dapat menimbulkan konsekuensi yang parah bagi diri seseorang. Salah satu masalah kesehatan mental yang paling umum adalah depresi, seseorang harus lebih peka dan peduli terhadap diri sendiri apabila mengalami tanda-tanda depresi.

Melansir Healthshots, berikut 5 tanda depresi yang harus diwaspadai.

Keputusasaan

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Seseorang yang mengalami depresi kerap kali memiliki perasaan putus asa dan merasa bahwa dirinya tidak berharha. Hal ini bisa disertai dengan rasa bersalah dan kesepian yang tidak pantas. Jika merasa putus asa dalam jangka waktu yang lama, maka tak ada salahnya untuk membicarakan hal ini kepada ahli kesehatan mental.

Perubahan Berat Badan

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Penurunan atau kenaikan berat badan secara tiba-tiba, keduanya bisa menjadi tanda-tanda seseorang mengalami depresi. Jika berat badan terus berfluktuasi tanpa adanya penyebab yang jelas, hal itu bisa jadi pertanda adanya depresi. Maka waspadalah apabila hal ini terjadi.

Kelelahan

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Salah satu gejala lain dari depresi adalah kelelahan, hal ini bisa menimbulkan dampak yang lebih buruk bagi seseorang apabila tidak ditangani secepatnya. Depresi dapat menyebabkan kelelahan yang parah dan menyulitkan seseorang dalam melakukan hal-hal yang paling mendasar. Masalah tidur, stres, pola makan, atau pengobatan tertentu juga dapat menyebabkan kelelahan depresi.

Tak Mampu Ambil Keputusan

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Tidak mampu mengambil keputusan merupakan salah satu gejala dari depresi psikologis paling umum yang bisa dialami oleh seseorang. Jika belum bisa fokus pada hal-hal di sekitar, apalagi merasa kesulitan dalam mengambil keputusan apa pun, maka jangan takut untuk segera menghubungi profesional untuk mendapatkan penanganan.

Alami Nyeri yang Tidak Dapat Dijelaskan

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Seseorang yang mengalami depresi biasanya cenderung mengalami berbagai jenis nyeri di bagian tubuh mana pun. Rasa nyeri ini bisa memengaruhi otot, persendian, punggung, dan banyak lagi. Maka jangan biarkan rasa nyeri yang kerap kali dialami tanpa ada penyebab yang jelas.