Sering Tak Disadari, 5 Kebiasaan Buat Wajah Terlihat Lebih Tua

Minggu, 24 April 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Sering Tak Disadari, 5 Kebiasaan Buat Wajah Terlihat Lebih Tua

Ilustrasi penuaan dini. (Special)

Ladiestory.id - Meski umur terus bertambah, namun pastinya semua orang ingin tetap terlihat awet muda. Berbagai cara dilakukan agar kulit tetap terlihat awet muda, salah satunya dengan menggunakan skincare dan perawatan kulit.

Namun semua cara itu tidak akan efektif apabila Kamu masih melakukan kebiasaan buruk. Ya, rupanya ada beberapa kebiasaan yang tidak disadari namun dapat membuat kulit terlihat lebih tua.

Merokok

Ilustrasi merokok. (Special)

Dahulu, kebiasaan merokok rata-rata dilakukan oleh para pria. Namun seiring berkembangnya zaman, kebiasaan merokok juga dilakukan oleh para perempuan. Mungkin jika di kota-kota kecil, kebiasaan tersebut merupakan sesuatu yang tidak lazim. Namun sebaliknya, kebiasaan perempuan merokok adalah hal yang lumrah di kebanyakan kota-kota besar.

Pasti Kamu tahu bahwa merokok memiliki dampak negatif yang banyak. Perokok aktif maupun pasif akan mengalami dampak yang buruk bagi kesehatan. Namun rupanya, kebiasaan tersebut juga dapat merusak penampilan. Lantaran kebiasaan ini bisa membuat wajah terlihat lebih tua.

Hal tersebut telah ditunjukan oleh sebuah penelitian, dilansir berbagai sumber. Penelitian itu menunjukan merokok tidak hanya memperpendek umur lantara meningkatkan resiko penyakit jantung dan paru-paru.

Merokok juga dapat mengaktifkan enzim yang memecah elastisitas kulit. Bahkan untuk orang yang bukan perokok berat, kerutan halus dan kulit pucat dapat muncul disebabkan rokok.

Tidak Menggunakan Tabir Surya atau Sunscreen

Memakai skincare. (Special)

Dahulu, orang tidak menggunakan sunscreen lantaran tidak mengetahui manfaatnya. Namun, kini hampir semua perempuan, bahkan laki-laki mulai menggunakan sunscreen setiap hari.

Pasalnya, sunscreen atau tabir surya dapat beberapa masalah kulit, seperti mencegah rasa terbakar pada kulit (sunburn), kanker kulit, serta tentu saja menangkal penuaan dini. Namun, Kamu harus memberhatikan produk sunscreen yang Kamu beli. Lantaran tidak semua produk sunscreen dapat melindungi kulit dari pernuaan.

Secara ideal, sunscreen harus melindungi kulit dari UVA dan UVB. Walaupun keduanya bisa sama-sama merusak kulit, cahaya ultra violet A yang menjadi penyebab utama kulit menjadi terlihat cepat tua. Sehingga kita harus membeli produk sunscreen yang memiliki label broad spectrum. Lantaran label tersebut mampu menangkal UVA dan UVB.

Selain itu kita harus menggunakan sunscreen yang mengandung minimal 30 SPF. Dan Kamu tetap harus menggunakan sunscreen meskipun berada di ruangan sepanjang hari.

Sering Mengonsumsi Dessert Manis

Foto: Ladiestory.id

Mengonsumsi dessert manis sangat disukai banyak orang terutama para perempuan. Pasalnya makanan manis dapat mengembalikan mood terutama ketika sedang datang bulan.

Namun rupanya mengonsumsi makanan manis menjadi salah satu kebiasaan yang dapat membuat kulit terlihat lebih tua. Pasalnya, molekul gula akan menempel pada serat-serat protein di sel manusia.

Nah proses perusakan tersebut dinamakan glikasi. Nantinya glikasi ini dapat mengakibatkan hilangnya pancaran sinar dari kulit, membentuk mata panda, rona kulitmenghilang, peningkatakn garis halus. Sehingga Kamu harus mengurangi kebiasaan mengonsumsi makanan manis apabila tidak ingin terlihat lebih tua.

Menggunakan Terlalu Banyak Makeup

Foto: makeup

Banyak wanita yang merasa kurang percaya diri bila tidak menggunakan makeup saat bepergian. Ataupun makeup menjadi salah satu kewajiban pekerjaan.

Namun rupanya, kebiasaan makeup terlalu tebal, terutama produk yang berbahan dasar minyak, dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Tak hanya itu, namun menggunakan produk kulit yang mengandung pewangi, bahan kimia iritatif, dan alkohol dapat membuat kulit menjadi kering.

Tak hanya itu, namun kebaisaan ini juga dapat menghilangkan kandungan minyak alami kulit, serta menyebabkan timbulnya kerutan halus dan tanda penuaan lainnya.

Terlalu Lama di Depan Komputer atau Layar Handphone

Ilustrasi bermain laptop. (Spesial)

Kebisaan tersebut hampir dilakukan setiap waktu. Pasalnya kini manusia tidak bisa lepas kehidupannya dari internet. Tidak hanya demi memperoleh hiburan, namun kebanyakan pekerjaan juga mengharuskan orang-orang berada di depan layar komputer.

Bahkan, kini para pelajar dan mahasiswa juga harus menjalankan proses belajar mengajar di depan komputer. Hal tersebut dilakukan pasalnya Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19. Namun rupanya, kebiasaan tersebut dapat membuat kulit terlihat menjadi lebih tua. Hal ini disebabkan karena wajah terlalu banyak terpapar cahaya biru.

Apabila pekerjaanmu mengharuskan berada di depan layar komputer, setidaknya Kamu bisa meminimalisir untuk tidak bermain ponsel. Agar wajah tidak terlalu lama terpapar sinar biru.

s