Catat, 5 Hal Kewajiban Suami pada Istri dalam Islam

Kamis, 16 Desember 2021 | 06:54:19

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Catat, 5 Hal Kewajiban Suami Pada Istri Dalam Islam

Ilustrasi pasangan dalam Islam. (Spesial)

Ladiestory.id - Demi mewujudkan rumah tangga yang harmonis, sudah sepantasnya suami dan istri menjalankan peran masing-masing. Dalam agama Islam ketika seorang laki-laki menikahi seorang perempuan, maka wajib memberikan nafkah secara lahir dan batin.

Kewajiban Suami Terhadap Istri Sesuai Ajaran Islam

Namun, kewajiban seorang laki-laki tidak hanya sebatas materi saja, masih ada hal lainnya terutama yang berhubungan dengan perasaan. Seorang suami juga harus bisa mengayomi sang Istri ke jalan yang benar sehingga dapat menjalani bahtera rumah tangga yang bahagia bersama. Berikut beberapa kewajiban suami dalam Islam yang perlu kamu tahu.

1. Memberikan Nafkah

Setelah menikah, seorang istri menjadi tanggung jawab suami. Memberikan nafkah kepada istri secara lahir dan batin  merupakan kewajiban utama seorang suami.

Sesuai dengan hadist berikut:

Rasulullah SAW bersabda: “Dan mereka (para istri) mempunyai hak diberi rizki dan pakaian (nafkah) yang diwajibkan atas kamu sekalian (wahai para suami).’’ (HR Muslim 2137).

Selain itu, tertulis juga dalam alquran dalam surat Ath Thalaq ayat 7 yang artinya:

Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya. Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan sekedar apa yang Allah berikan kepadanya

2. Menjaga dan Melindungi Istri

Sudah kewajiban seorang suami melindungi dan menjaga keluarga, termasuk sang istri. Beberapa hal yang wajib dilakukan suami dalam menjaga istri misalnya, mulai dari menjaga harga diri, kehormatan, memperlakukan istri dengan baik hingga menjunjung derajat tinggi istri. Semua hal yang berkaitan dengan keamanan istri juga menjadi kewajiban dan tanggung jawab suami.

Selain itu, suami juga harus merahasiakan segala rahasia dan aib istri. Ketika mempunyai masalah dengan istri, alangkah baiknya seorang suami tidak membicarakan aib istri ke orang lain. Jika itu dilakukan, maka akan membuat nama istri menjadi jelek di mata orang lain.

Menjaga dan melindungi istri, juga sesuai dengan  Alquran Surat At-Tahrim ayat 6 yang artinya: "Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan."

3. Membimbing Istri ke Jalan yang Benar

suami istri mengaji
Ilustrasi suami mengajari mengasi istri. (Spesial)

Kewajiban lain dari seorang suami, yakni bisa membimbing istri ke jalan yang benar. Sebagai kepala keluarga, suami harus membimbing istri ke jalan Allah SWT dan menjalani segala ajaran agama. Selain itu, suami berhak melarang istri jika melakukan perbuatan dosa yang bisa memberikan keburukan di dalam sebuah rumah tangga.

Hal ini sesuai dengan sabda Rasullullah SAW: “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari Akhir, janganlah ia menyakiti tetangganya. Berwasiatlah kepada wanita dengan kebaikan. Sebab, mereka diciptakan dari tulang rusuk dan tulang rusuk yang paling bengkok adalah bagian atasnya. Jika engkau meluruskannya, engkau akan mematahkannya. Dan jika engkau membiarkannya, ia akan tetap bengkok. Oleh karena itu, berwasiat-lah kepada wanita dengan kebaikan.”

4. Memberikan kasih sayang dan cinta yang tulus kepada istri

suami istri menyayangi
Ilustrasi suami menyayangi istri. (Spesial)

Dalam agama Islam, sudah semestinya seorang suami memberikan kasih sayang kepada istrinya. Suami bisa memperlihatkan perhatiannya ke istri melalui tutur kata lembut serta mampu mengekspresikan rasa cintanya. Dengan memberikan rasa cinta kepada istri, rumah tangga akan semakin rukun dan harmonis. Hal ini juga dijelaskan di Alquran dalam surat Ar-Rum ayat 21, artinya:

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih sayang dan rahmat. Sesungguhnya yang demikian itu benar-benar menjadi tanda-tanda bagi kaum yang berpikir."

5. Menggauli Istri secara Baik

Dalam rumah tangga tidak hanya istri saja yang harus melayani pasangannya, tetapi seorang suami juga perlu melakukan hal yang sama. Inilah yang disebut sebagai memberikan nafkah secara batin. 

Kewajiban seorang suami kepada istri bisa dilakukan dengan cara menggauli istri secara baik. Jadi, suami tidak boleh berperilaku kasar atau menyakiti istrinya. Menggauli istri dengan baik dijelaskan dalam  surat An-Nisa ayat 19, artinya:

"Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak."