Setiap Anak dan Karakternya Masing-mssing

Minggu, 26 Mei 2019 | 17:53:51

Ratna Indriati

Penulis : Ratna Indriati

Setiap Anak Dan Karakternya Masing-Mssing

Setiap anak mempunyai sifat dan watak yang berbeda-beda. Meskipun lahir dari rahim yang sama tidak berarti menyebabkan mereka memiliki karakter yang sama pula. Perbedaan karakter tersebut harus segera kita sadari dan pahami sejak dini.

Saya adalah seorang ibu dengan tiga orang anak, yang sangat menyadari bahwa ketiga anak saya memiliki sifat dan watak serta karakter yang berbeda antara satu dengan lainnya. Hal itu sudah terlihat sejak dini. Dan sebagai seorang ibu, saya harus segera memahami perbedaan karakter ini karena ini sangat berpengaruh terhadap bagaimana sebaiknya perlakuan saya kepada mereka.

Perlakuan yang saya berikan kepada si sulung tidak bisa saya terapkan sama seperti perlakuan saya kepada si tengah dan si bungsu, begitu pula sebaliknya. Walaupun mereka menghabiskan waktu bersama sehari-hari, tidak pula menyebabkan mereka mempunyai pola pikir yang sama ketika menghadapi suatu permasalahan.

Mengerti dan memahami sifat masing-masing anak sangat penting bagi kita agar dapat memperlakukan mereka dengan baik dan bijak. Si sulung yang tidak bisa belajar dalam kondisi diam dan tenang, tidak bisa disatukan dengan si tengah yang metode belajarnya harus hening tanpa suara apapun. Si bungsu yang mudah bergaul dan pandai menyesuaikan diri, akan lebih mudah bagi kita untuk melepasnya bermain di luar dan belum tentu hal yang sama berlaku bagi dua anak yang lainnya.

Apabila kita memaksakan ketiga anak tersebut untuk diperlakukan sama, maka akan sulit bagi mereka untuk menerima perlakuan kita dan dapat menyebabkan kekecewaan atas perlakuan yang tidak sesuai itu. Maka hendaklah kita harus cermat membaca karakter masing-masing anak yang kita miliki dan menentukan perlakuan yang bagaimana yang kita terapkan kepada masing-masing di antara mereka.

Si anak yang mendapat perlakuan sesuai dengan karakternya, akan menjadi nyaman atas perlakuan si ibu dan hubungan antara anak dan ibu pun menjadi dekat tanpa ada tekanan di antara keduanya.<!--/data/user/0/com.samsung.android.app.notes/files/share/clipdata_190526_174852_535.sdoc-->