Siap Berlayar, Icon of The Seas 5 Kali Lebih Besar dari Titanic

Jumat, 5 Januari 2024 | 13:32:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Siap Berlayar, Icon Of The Seas 5 Kali Lebih Besar Dari Titanic

Icon of The Seas. (AOL.com)

Ladiestory.id - Kapal pesiar terbesar, Icon of The Seas baru saja berlabuh di Puerto Rico pada Selasa (2/1/2023). Kapal ini akan segera memulai debutnya untuk menjalani pelayaran uji coba dan proses sertifikasi. 

Kapal ini memiliki panjang 365 meter  (hampir 1.200 kaki) dengan berat diperkirakan 250.800 ton, lima kali lebih besar dari kapal Titanic.

Icon of The Seas. (AOL.com)

 

Kapal ini akan memulai pelayaran perdananya bagi penumpang yang membeli tiket pada 27 Januari mendatang, dengan harga tiket termurah adalah 1.851 dolar AS atau sekitar Rp27,8 juta. 

Kapal akan berangkat dari Miami, Florida, untuk pelayaran tujuh malam mengelilingi Karibia, termasuk singgah di Perfect Day at CocoCay, pulau pribadi Royal Caribbean di Bahamas.

Icon of The Seas. (AOL.com)

Mampu membawa 7.600 tamu dan 2.350 awak, kapal ini dilengkapi dengan 7 kolam renang yang membutuhkan 40 ribu galon air, dan waterpark masif dengan 6 seluncuran air.

Melansir berbagai sumber, Icon of The Seas memiliki biaya konstruksi sebesar 2 miliar dolar Amerika atau sekitar Rp310 triliun. Hal ini menjadikan Icon of The Seas sebagai salah satu kapal termahal yang pernah dibuat.

Icon of The Seas. (AOL.com)

 

Kapal yang memiliki 20 lantai ini memiliki 8 lingkungan dengan beberapa tema berbeda, yakni Thrill Island, Chill Island, Central Park, Royal Promenade, dan The Hideaway. Kapal ini dilengkapi dengan sejumlah restoran, bar, dan atraksi pertunjukan untuk menghibur para tamu.

Kapal pesiar mewah ini menjadi kapal pertama dari Royal Caribbean yang ditenagai oleh gas alam cair (LNG) dan teknologi sel bahan bakar. Dengan penggunaan bahan tersebut, diharapkan dapat mengurangi emisi karbon sekitar 30% dan emisi belerang hampir 100%.

Sebagai informasi, pada Juni 2023, kapal tersebut memulai fase pertama uji coba laut. Kapal tersebut sedang menyelesaikan konstruksi tahap akhir di sebuah galangan kapal di Finlandia. 

Icon of the Seas menyelesaikan rangkaian uji coba laut pertamanya pada 22 Juni 2023. Selama uji coba laut pertamanya, Icon of the Seas melakukan perjalanan ratusan mil, di mana mesin utama, lambung kapal, sistem rem, kemudi, tingkat kebisingan, dan getaran semuanya diuji.