Selamat! Ashley Melendez Wakil Puerto Rico Juara Miss Global 2023

Sabtu, 20 Januari 2024 | 11:41:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Selamat! Ashley Melendez Wakil Puerto Rico  Juara Miss Global 2023

Ashley Melendez Miss Global 2023. (Instagram.com/missglobalofficial)

Ladiestory.id - Kontes kecantikan internasional yakni Miss Global 2023 baru saja usai, wakil dari Puerto Rico yakni Ashley Melendez  berhasil keluar sebagai pemenang utama Miss Global 2023 edisi ke-10 dan berhasil  mengalahkan 81 wanita dari berbagai dunia pada malam final yang digelar di Ban Hotel, Phnom Penh, Kamboja, pada Kamis (18/1/2024) mengusung tema “Beauty, Not Just”, dengan proses karantina yang berlangsung mulai dari 2 Januari 2024 hingga 18 Januari 2024.

Marie Sherry Anne Tormes atau Shanney Tormes  dari Filipina merupakan pemenang Miss Global 2022 menyerahkan mahkotanya kepada  Ashley Janice Melendez  Rios pada sesi crowning moment saat malam grand final.  Wanita  berusia 26 tahun yang  berprofesi sebagai model ini berhasil menjuarai kontes kecantikan yang telah digelar sejak tahun 2013. Fakta menariknya,  Ashley Melendez  menjadi wanita pertama dari Puerto Rico yang berhasil meraih gelar Miss Global 2023.

Dari ke-81  finalis Miss Global 2023 terpilih Top 20 semifinalis kemudian dipilih kembali menjadi Top 13 semifinalis yang akan maju ke babak selanjutnya, penilaian ini juga berdasarkan dari karantina harian yang dinilai oleh para juri serta deep interview maupun beberapa challenge diantaranya swimsuit competition, national costume competition hingga evening gown.

Top 13 Miss Global 2023. (Instagram.com/missglobalofficial)

 

Adapun negara yang berhasil lolos dalam jajaran Top 13 semifinalis ini diantaranya adalah

  •         Afrika Selatan – Simphiwe Zama Ntombela
  •         Australia – Janaya Reimers
  •         Puerto Rico – Ashley Melendez
  •         Samoa – Haylanni Kuruppu
  •         Filipina – Louise Katrina Pearl Hung
  •         Republik Dominika – Francheska Pujols Montes de Oca
  •         Vietnam – Doan Thu Thuy
  •         Indonesia – Cynthia Kurniawan Ong
  •         Thailand – Chonnikarn Supittayaporn
  •         Malaysia – Taanusiya Chetty
  •         Sudan – Tasabeh Diab (People’s Choice)
  •         Somalia – Zainab Jama (Contestant’s Choice)
  •         Kamboja – Leak Monyanita (Wild Card)

Kemudian seluruh semifinalis yang berhasil masuk ke jajaran Top 13 ini akan dipilih kembali untuk menentukan Top 5  finalis Miss Global 2023 dalam sesi Q&A.

Top 5 Miss Global 2023. (Instagram.com/missglobalofficial)

 

Ashley Melendez berhasil  mencuri perhatian juri dan  mengalahkan ke lima besar finalis Miss Global 2023 diantaranya Haylanni Kuruppu wakil dari Samoa meraih 1st-Runner Up, Chonnikarn Supittayaporn wakil dari Thailand meraih 2nd-Runner Up, Louise Katrina Pearl Hung wakil dari Filipina meraih 3rd-Runner Up dan Doan Thu Thuy meraih 4th-Runner Up.

Sementara itu wakil Indonesia yakni Cynthia Kurniawan Ong yang juga merupakan 1st-Runner Up Putri Nusantara 2023 yang berasal dari Yayasan Mahakarya Duta Pesona Indonesia  berhasil lolos sebagai Top 13 semifinalis mengulang kesuksesan Olivia Tan, Miss Global Indonesia 2020.

Ashley Melendez  berhasil membawa pulang mahkota Miss Global 2023 setelah penantian panjang selama sepuluh tahun. Kesuksesan Ashley Melendez  pun membawa kabar bahagia bagi seluruh masyarakat Puerto Rico dan pageant lovers di negaranya. 

Ashley Melendez Miss Global 2023. (Instagram.com/missglobalofficial)

 

Selain itu, wanita yang dikenal sebagai pageant fighter  ini akan menjalankan visi dan misi Miss Global Organization yakni “Empowering Women, Embracing Cultures, Embodying the Beauty Within”  serta akan melaksanakan serangkaian aktivitas kegiatan dan mengunjungi beberapa negara dalam masa tugasnya.

Miss Global atau sebelumnya dikenal dengan Miss Global Internasional merupakan beauty pageant yang berasal dari Los Angeles, Amerika Serikat yang didirikan oleh Van Pham selaku President of Miss Global Organization merupakan ajang kecantikan yang cukup berbeda dari ajang grand slam lainnya. Ajang ini menjadi wadah bagi para wanita berusia 18 hingga 35 tahun untuk menginspirasi wanita dunia berani tampil percaya diri dalam menghadapi dunia yang penuh konfrontasi dengan bias gender.

Sekali lagi selamat untuk kemenangan  Ashley Melendez  dan selamat menjalankan tugas untuk satu tahun kedepan.