Menpora Serukan Tim Nasional Esports Indonesia untuk Rebut Emas di SEA Games

Jumat, 5 Mei 2023 | 00:00:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Menpora Serukan Tim Nasional Esports Indonesia Untuk Rebut Emas Di Sea Games

Menpora Serukan Tim Nasional Esports Indonesia untuk Rebut Emas di SEA Games. (Special)

Ladiestory.id - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Ario Bimo Nandito Ariotedjo, menyerukan kepada tim nasional esports Indonesia untuk melakukan persiapan maksimal dalam rangka meraih perolehan emas maksimal pada SEA Games ke-32 Kamboja 2023.

Seruan disampaikan Menpora ketika melakukan tinjauan ke lokasi pemusatan latihan nasional (Pelatnas) esports untuk menghadapi perhelatan olahraga paling bergengsi se-Asia Tenggara tersebut, sekaligus mengukuhkan dukungan Kemnterian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia terhadap pengembangan esports di Tanah Air.

Dalam sambutannya, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Ario Bimo Nandito Ariotedjo menekankan bahwa pihaknya yakin bahwa tim nasional esports Indonesia mampu mencapai harapan tinggi yang digantungkan kepadanya.

“Seluruh rangkaian kegiatan pemusatan latihan nasional (Pelatnas) pun didesain dengan sedemikian rupa dalam rangka meraih hasil maksimal pada putaran SEA Games ke-32 Kamboja 2023. Kami berpesan, segenap tim memberikan usaha terbaik serta bermain dengan penuh kebanggaan dan semangat bela negara di Kamboja. Bawalah pulang emas sebanyak-banyaknya untuk Indonesia!" ungkapnya.

Lebih lanjut, mandat Presiden Joko Widodo kepada Kemenpora terkait esports Indonesia tidak hanya terbatas di prestasi, melainkan juga pengembangan industri dan maksimalisasi dampak ekonomi.

“Potensi industri keolahragaan (sport industry) Indonesia yang sangat besar ini harus dimajukan, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh setiap lapisan masyarakat. Kami pun siap bekerja sama dengan PB ESI dalam menjalankan mandat tersebut.”

Sementara, Ketua Harian PB ESI Bambang Sunarwibowo menyampaikan, melalui seluruh rangkaian kegiatan Pelatnas, telah terbentuk tim yang terdiri dari para atlet dan pelatih terbaik di setiap nomor gim yang dipertandingkan dalam cabang olahraga esports pada SEA Games ke-32 Kamboja 2023.

"Prestasi ini diharapkan dapat menjadi tambahan catatan positif dalam sepak terjang esports Indonesia," harapnya.

Adapun ia menambahkan bahwa tim nasional esports Indonesia akan berlaga di enam nomor pertandingan yaitu Mobile Legends: Bang-Bang (MLBB) Pria, MLBB Wanita, PUBG Mobile Squad, PUBG Mobile Solo, Crossfire, dan Valorant, dengan target perolehan empat emas, tiga perak, dan satu perunggu.

Sekretaris Jenderal Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Ade Lukman menutup, walaupun geliat esports di Indonesia terbilang masih belia, tetapi telah membuahkan hasil-hasil yang membanggakan di kancah dunia, seperti SEA Games ke-31 Hanoi 2021 dan International Esports Federation (IESF) World Esports Championships 2022.

"KONI juga memberikan dukungan maksimal terhadap peningkatan prestasi esports Indonesia, dan kami yakin bahwa esports merupakan salah satu cabang olahraga kontributor emas terbanyak pada SEA Games ke-32 Kamboja 2023," tutupnya.