Kenali Skin Cycling, Tren Perawatan Kulit pada Malam Hari

Senin, 14 November 2022 | 20:00:00

Kenali Skin Cycling, Tren Perawatan Kulit Pada Malam Hari

Ilustrasi perempuan pakai skincare. (Special)

Ladiestory.id - Tren kecantikan di media sosial semakin beragam dan kreatif, salah satunya adalah skin cycling. Skin Cycling merupakan cara pemakaian serum atau produk yang memiliki ingredients berbeda. Rutinitasnya dilakukan selama empat hari, mulai dari penggunaan eksfoliasi, retinol, lalu pelembap pada dua hari terakhir. 

Skin Cycling dicetuskan oleh Whitney Bowe, dokter spesialis kulit yang berbasis di New York, Amerika Serikat. Menurutnya, trik ini dapat membatasi penggunaan skincare berbahan aktif, guna mencegah iritasi dan peradangan. Maka dari itu, metode skin cycling juga dinilai mampu meningkatkan kesehatan pada kulit wajah.

"Skin cycling ialah siklus empat malam, yang pertama adalah malam pengelupasan kulit, yang kedua adalah malam retinoid, dan yang ketiga dan keempat adalah malam pemulihan, lalu Anda mengulangi siklusnya," jelas Whitney Bowe, mengutip dari Everyday Health.

Setelah pemakaian rutin, perawatan skin cycling dippercaya bisa membuat wajah menjadi lebih bersih dan bercahaya. Hal ini lantaran adanya pengelupasan kulit secara teratur tanpa kemerahan, yang biasanya sering terjadi akibat penggunaan bahan aktif secara berlebihan.

Mulai Hari Pertama dengan Eksfoliasi

Ilustrasi perempuan aplikasikan skincare. (Special)

Eksfoliasi merupakan pengangkatan sel-sel kulit mati dari lapisan permukaan kulit. Menurut Bowe, eksfoliasi adalah langkah yang tepat untuk memulai metode skin cycling karena memudahkan produk selanjutnya terserap ke lapisan kulit wajah. 

“Produk Anda yang lain akan bekerja lebih efektif karena mampu menembus lebih dalam ke dalam kulit dengan cara yang terkendali dan dapat diprediksi,” jelas Whitney Bowe. 

Malam Kedua Gunakan Retinoid

Ilustrasi wanita pakai serum. (Special)

Malam kedua difokuskan pada retinoid, yang merupakan turunan dari vitamin A. Retinoid diklaim dapat membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. Walaupun memiliki banyak manfaat, retinoid berpotensi menimbulkan breakout pada wajah ketika pemakaian pertama. 

Pemilik kulit sensitif sebaiknya melembapkan wajah terlebih dahulu sebelum mengoleskan retinoid. Pelembap umumnya dibalurkan di sekitar wajah terutama area bawah mata dan di sudut-sudut hidung. Jika kulit masih terasa kering, kamu bisa melembapkan lagi usai pemakaian retinoid. 

Malam Ketiga dan Keempat Fokus untuk Hidrasi dan Pemulihan

Ilustrasi perempuan memakai pelembap. (Special)

Metode skin cycling ditutup dengan hidrasi dan pemulihan. Pada masa ini, kamu akan memberikan kesempatan pada kulit untuk pulih.

Hindari bahan-bahan yang mengiritasi dan pilihlah produk yang mampu memberikan hidrasi dan kelembapan. Sebelum mengoleskan pelembap, bersihkan kulit dahulu agar bahan terserap maksimal.