Bantu Atasi Jerawat Jamur, 4 Skincare Fungal Acne Safe

Senin, 20 Desember 2021 | 12:00:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Bantu Atasi Jerawat Jamur, 4 Skincare Fungal Acne Safe

Ilustrasi skincare fungal acne safe. (Special)

Ladiestory.id - Tentunya setiap perempuan ingin mendapatkan kulit yang bersih dan bebas jerawat, salah satu jerawat yang paling mengganggu adalah fungal acne. Karena itu, banyak yang mencari kiranya skincare yang tepat untuk digunakan sekaligus fungal acne safe

Mengenal Fungal Acne

Sebelumnya apa itu fungal acne? Apakah sama dengan jerawat yang biasanya terjadi? Jadi fungal acne ini sesuai dengan namanya merupakan jerawat yang tumbuh karena jamur, tepatnya jamur Malassezia yang tumbuh secara berlebihan di folikel rambut.

Jerawat ini tidak hanya tumbuh di wajah saja, tapi juga bisa tumbuh di kulit kepala, bagian dada, bahu, dan juga punggung.

Skincare Fungal Acne Safe

Karena fungal acne ini berbeda penyebabnya dengan jerawat umumnya yang disebabkan oleh bakteri, maka skincare yang digunakan juga beda. Ada beberapa kandungan yang perlu dipertimbangkan supaya skincare bisa bekerja dengan baik seperti beberapa skincare fungal acne safe di bawah ini. 

1. Cleanser dengan pH yang Seimbang 

Ilustrasi mencuci muka. (Ladiestory.id)

Untuk bagian pembersih, ada baiknya untuk menggunakan yang memiliki pH seimbang, dan hindari yang mengandung bahan keras seperti SLS dan alkohol. Selain itu hindari sabun yang lembut dan tidak menyebabkan iritasi. 

Ada beberapa produk yang bisa dipilih untuk cleanser ini di antaranya:

  • Etude House SoonJung pH 6,5 Whip Cleanser yang mengandung ph 6,5 dan juga lembut di kulit serta tidak akan menyebabkan iritasi.
  • Ristra Med Soap produk lokal yang dipasarkan dengan harga terjangkau namun sangat cocok untuk fungal acne.
  • Cetaphil Gentle Skin Cleanser menawarkan pH yang seimbang, dan juga lembut saat digunakan.

2. Toner yang Mencegah Terjadinya Dehidrasi pada Kulit

Fungal acne juga penting untuk menggunakan toner dengan tujuan untuk mengembalikan pH kulit setelah mencuci muka. Kandungan skincare untuk fungal acne pada toner ini haruslah baik untuk kulit sensitif.

Berikut ini adalah produk yang bisa digunakan yakni:

  • Sebamed Clear Face Deep Cleansing Facial Toner , mempunyai efek soothing bagi kulit.
  • Wardah Hydrating Toner, produk lokal yang non-alkohol dan cocok untuk kulit sensitif.
  • Avene Cleanance Mat Mattifying Toner yang bisa membantu mengontrol minyak di wajah.

3. Pelembap dengan Kandungan Madu

Ilustrasi perempuan mengaplikasikan skincare. (Special)

Pelembap untuk fungal acne yang baik harus mengandung propolis dan juga madu. Hal ini dikarenakan keduanya memiliki kandungan antimikroba yang bisa mengurangi iritasi kulit, menyamarkan noda bekas jerawat, dsb.

Ada beberapa produk yang digunakan di antaranya:

  • Benton Snail Bee High Content Steam Cream, memiliki kandungan utama racun lebah yang kaya akan propolis dan juga memiliki kandungan utama lendir siput.
  • Sensatia Botanica Wild Honey Barrier Cream, dibuat dari madu Bali yang tentunya memberikan banyak manfaat bagi kulit.
  • COSRX Honey Ceramide Full Moisture Cream, kandungan madu manuka di dalamnya mengandung adenosine yang berfungsi melembapkan dan menenangkan kulit.

4. Sunscreen yang Juga Memiliki Fungsi untuk Melembapkan

Sunscreen merupakan skincare penting yang berfungsi untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari, dan bisa menghindari kulit mengelupas. Karena itu pastikan untuk menggunakan sunscreen sebagai perlindungan.

Berikut ini adalah beberapa produk yang bisa digunakan yakni:

  • COSRX Aloe Soothing Sun Cream, mengandung SPF 50 dan lidah buaya yang bisa mengatasi iritasi kulit, dan juga menghidrasi kulit.
  • Biore UV Aqua Rich Watery Essence, yang memiliki kandungan SPF 50 yang mampu menyerap di kulit.
  • Wardah Sun Care Sunscreen Gel, yang memiliki kandungan vitamin E dan pro vitamin B5.

Ternyata ada banyak skincare fungal acne safe, bahkan ada yang dari produk lokal. Jadi jangan bingung lagi dalam mencari skincare fungal acne safe yang tepat.