Skincare Pagi Jam Berapa? Catat Biar Nggak Salah Kaprah!

Rabu, 16 Juni 2021 | 20:55:40

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Skincare Pagi Jam Berapa? Catat Biar Nggak Salah Kaprah!

Foto: https://www.freepik.com

Tahukah kamu bahwa waktu penggunaan skincare yang salah akan berdampak pada hasil serta reaksi kulit. Oleh karena itu penting bagi kamu untuk paham seputar waktu penggunaan skincare pagi jam berapa dan waktu penggunaan skincare malam jam berapa. 

Waktu yang Tepat Untuk Menggunakan Skincare Pagi 

Skincare terdiri dari dua macam jenis yaitu untuk penggunaan pagi dan malam hari. Untuk penggunaan pagi, biasanya memiliki kandungan yang aman jika terkena paparan sinar matahari. Sebaliknya untuk skincare malam hari cenderung kurang bersahabat atau tidak boleh terkena paparan sinar matahari. 

Selain itu, waktu penggunaan setiap produk skincare juga berbeda-beda. Ada jam-jam tertentu yang harus kamu perhatikan supaya manfaat dari produk skincare tersebut benar-benar dirasakan oleh kulit wajah kamu. 

Dan berikut waktu terbaik untuk untuk menggunakan produk skincare pagi. 

Jam 7 Pagi-Facial Wash 

Jauhkan niat kamu untuk mager-mageran di pagi hari sambil scrolling akun sosmed ya. Ketimbang melakukan hal sia-sia lebih baik segera ke kamar mandi dan bersihkan muka dengan facial wash favorit kamu. 

Mencuci wajah di pagi hari bisa mengangkat semua kotoran dan minyak yang menempel di wajah selama kamu tidur. Sehingga wajah menjadi jauh lebih segar dan kamu semakin siap untuk mengawali hari kamu. 

Jam 9 Pagi-Shooting Gel 

Jam terbaik untuk memakai skincare pagi selanjutnya adalah pukul 9 pagi. Setelah kamu membersihkan muka, selanjutnya gunakan shooting gel yang sesuai dengan tipe kulit kamu. 

Shooting gel ini berguna banget untuk melembabkan dan menenangkan kulit wajah sebelum beraktivitas. Shooting gel juga bisa kamu gunakan sebagai base make up agar menghasilkan look yang flawless. 

Jam 10 Pagi-Moisturizer dan Sunscreen 

Jika kamu terbiasa beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa gunakan moisturizer dan  sunscreen setelah penggunaan soothing gel. Kedua jenis skincare pagi hari ini bermanfaat untuk melembabkan dan melindungi kulit dari bahaya sinar UV. 

Pertama, aplikasikan moisturizer keseluruh wajah dan tunggu hingga meresap kedalam kulit. Setelah itu, barulah gunakan sunscreen dengan takaran kurang lebih dua ruas jari. 

Setelah dirasa sudah kering dan meresap ke wajah, kamu bisa menggunakan make up atau produk lainnya. Jangan lupa pilih jenis sunscreen dengan SPF tinggi agar perlindungan untuk kulit kamu semakin maksimal.

Waktu yang Tepat Untuk Menggunakan Skincare Siang dan Malam

Waktu untuk menggunakan skincare pagi cukup sampai di pukul 10 saja, selanjutnya kamu akan masuk ke waktu penggunaan skincare siang hingga malam.  Untuk waktunya sendiri dimulai dari pukul siang hingga pukul 11 malam atau sebelum kamu pergi tidur. Berikut rincian lengkapnya. 

Jam 12 Siang-Face Mist 

Di jam 12 siang kamu dapat mengaplikasikan face mist untuk menjaga kesegaran dan kelembaban wajah. Selain digunakan saat siang hari, face mist juga bisa kamu gunakan di pagi hari setelah mencuci wajah atau sebelum menggunakan make up. 

Jam 2 Siang-Sunscreen 

Meskipun sudah menggunakan sunscreen di pagi hari, kamu juga masih tetap harus menggunakannya di siang hari. Ini bertujuan agar kulit semakin terlindungi dari dampak buruk sinar UV. 

Jam 4 Sore-Moisturizer 

Setelah sore hari kembali gunakan moisturizer atau pelembab agar kulit tetap lembab dan terhidrasi. Kamu dapat menggunakan pelembab ini setelah mandi sore atau membersihkan wajah. 

Jam 9 hingga 11 malam-Serum, Krim malam, dan Krim mata

Jam terbaik untuk skincare malam adalah sekitar pukul 9 hingga 11 malam atau sebelum kamu pergi tidur. Untuk produk yang bisa kamu gunakan antara lain serum, night cream dan juga cream mata. 

Semua produk perawatan wajah untuk malam hari ini akan merawat kecantikan dan kesehatan selama kamu terlelap. Jadi ketika kamu ketika bangun pagi wajah akan tampak sehat dan segar. 

Jika memungkinkan gunakan produk skincare yang banyak mengandung kolagen yang dapat meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, biasakan tidur di bawah jam 11 malam untuk memutihkan kulit kamu untuk beregenerasi.