Steven Tyler dari Aerosmith Digugat atas Kasus Pelecehan Seksual

Senin, 2 Januari 2023 | 14:00:00

Steven Tyler Dari Aerosmith Digugat Atas Kasus Pelecehan Seksual

Steven Tyler dari Aerosmith. (Special)

Ladiestory.id - Steven Tyler dari Aerosmith dituduh melakukan pelecehan seksual kepada anak di bawah umur pada 1970-an. Penyanyi ini digugat oleh seorang perempuan bernama Julia Holcomb Misley yang kini sudah berusia 65 tahun. 

Melansir The Guardian, Julia Holcomb Misley telah mengajukan gugatan di Los Angeles County pada 27 Desember 2022. Gugatan itu diajukan di bawah Undang-Undang Korban Anak California, yang memungkinkan penyintas pelecehan seksual masa kanak-kanak untuk mengajukan kasus perdata. 

Dalam sebuah pernyataan, Julia Holcomb Misley mengatakan perubahan undang-undang tersebut mendorongnya untuk mengambil tindakan hukum.

"Saya ingin tindakan ini untuk mengekspos industri yang melindungi pelanggar selebritas, untuk membersihkan dan meminta pertanggungjawaban industri yang mengeksploitasi dan membiarkan saya dieksploitasi selama bertahun-tahun," kata Misley dalam sebuah pernyataan.

Steven Tyler dari Aerosmith. (Special)

Gugatan tersebut juga menuduh Steven Tyler memaksa Misley untuk melakukan aborsi. Menurut gugatan, Misley pertama kali bertemu dengan Steven pada 1973 setelah sang artis mengadakan konser di Portland, Oregon, Amerika Serikat.

Saat itu, Misley berusia 16 tahun dan Steven Tyler 25 tahun. Sang artis disebut membawa Julia ke kamar hotelnya dan melakukan berbagai tindakan kekerasan seksual terhadap Julia pada malam itu. 

Gugatan juga menuduh Steven membeli tiket pesawat untuk Misley guna bergabung dengannya di Seattle untuk pertunjukan band berikutnya. Ia kembali melakukan pelecehan seksual kepada korban setelah pertunjukan selesai.

Menurut gugatan tersebut, pada 1974, Steven Tyler meyakinkan ibu dari Julia Holcomb Misley untuk memberinya hak asuh hukum agar ia tak ditangkap saat membawa sang putri ke luar negara bagian.

Steven Tyler dari Aerosmith. (Special)

Steven berjanji kepada ibunda Misley bahwa dia akan mendaftarkannya ke sekolah dan membantunya memberikan perawatan medis yang lebih baik, menurut gugatan tersebut.

"Tergugat Doe 1 (Steven Tyler) tidak menepati janji-janji ini secara berarti dan malah terus melakukan perjalanan, menyerang dan memberikan alkohol dan obat-obatan kepada penggugat," bunyi gugatan.

Kejadian ini berujung kepada kehamilan Julia pada 1975. Namun, Steven Tyler justru meyakinkannya untuk melakukan aborsi saat Misley berusia 17 tahun. Sampai saat ini, perwakilan vokalis Aerosmith itu belum respons atau tanggapan apa pun terkait gugatan ini.