Subhanallah Inilah Khasiat Doa Sebelum dan Sesudah Makan

Kamis, 2 Desember 2021 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Subhanallah Inilah Khasiat Doa Sebelum Dan Sesudah Makan

Foto: Islam Pos

Ladiestory.id - Salah satu keistimewaan Islam, ialah mengajarkan kepada umatnya untuk selalu berdoa sebelum memulai suatu aktifitas. Salah satunya adalah doa sebelum dan sesudah makan.

Dengan membaca doa sebelum dan sesudah makan diharapkan akan menambah keberkahan atas apa yang dimakan dan terhindar dari bahaya yang terjadi. Selain itu doa juga merupakan bentuk syukur atas nikmat Allah yang diberikan kepada kita.

Doa Sebelum Makan

Doa sebelum makan yang paling singkat adalah membaca basmalah. Yakni membaca “Bismillah”.Doa ini bersumber dari sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فَإِنْ نَسِىَ أَنْ يَذْكُرَ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فِى أَوَّلِهِ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ

Apabila salah seorang di antara kalian makan, hendaklah ia menyebut nama Allah Ta’ala. Dan jika ia lupa menyebut nama-Nya di awal, hendaklah ia membaca, “Bismillahi awwaluhu wa akhirahu” (dengan menyebut nama Allah pada permulaan dan penghabisan makan). (HR. Tirmidzi, ia mengatakan hadits hasan shahih).

Doa sebelum makan lainnya yang lebih populer di kalangan umat muslim bersumber dari hadits riwayat Malik dan Ibnu Syaibah.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

 

Alloohumma baariklanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami dalam apa-apa yang Engkau rezekikan kepada kami dan hindarkan kami dari siksa neraka”.

Manfaat membaca doa sebelum makan, setan akan menjauh dan tidak ikut makan bersamanya. Maka manfaatnya, makanannya menjadi lebih barakah baik untuk ibadah atau untuk beraktifitas positif lainnya. Jika tidak membaca doa sebelum makan, setan akan ikut makan bersama.

Dalam hadits lain yang juga diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, ketika Rasulullah sedang duduk, beliau melihat seseorang sedang makan tanpa berdoa sampai makanannya hanya tinggal satu suapan saja.

Ketika ia mengangkatnya ke mulut, ia baru membaca “Bismillah awwalahu wa akhirahu.” Rasulullah tersenyum lalu bersabda, “Setan selalu ikut makan bersamanya. Dan ketika dia membaca doa, setan langsung memuntahkan makanan yang ada di  perutnya.”

Doa Sesudah Makan

Doa sesudah  makan yang paling singkat berdasarkan hadis riwayat Muslim, Rasulullah SAW mencontohkan "Alhamdulillah".Nabi Muhammad SAW bersabda:"Sesungguhnya Allah Ta'ala sangat menyukai kepada hamba-Nya yang mengucapkan tahmid (alhamdulillah)sesudah makan dan minum."Ada juga doa lain, yang sering dipanjatkan oleh umat muslim.


اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja'alanaa minal muslimiin

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk golongan orang muslim."

Manfaat membaca doa setelah makan antara lain adalah menjadikannya bentuk rasa syukur kita atas rezeki yang sudah diperoleh, sehingga bisa menjadi sesuatu yang barokah dan  bermanfaat untuk tubuh kita.

Allah menyukai hambanya yang suka berdoa. Oleh karena itu dianjurkan berdoa dahulu sebelum atau sesudah melakukan aktifitas di setiap kesempatan. Justru saat seorang hamba tak mau berdoa, sesungguhnya itu adalah bentuk kesombongan yang nyata. Semoga kita semua terhindar dari  sifat sombong dan neraka. Aamiin.