Sudah Tak Aktif Bermusik, Jay-Z Tak Ingin Sebut Pensiun

Jumat, 15 Juli 2022 | 11:15:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

Sudah Tak Aktif Bermusik, Jay-Z Tak Ingin Sebut Pensiun

JAY-Z (Getty Images)

Ladiestory.id - Jay-Z hadir menjadi bintang tamu dalam acara talkshow berjudul “Peacock Hart to Heart” pada Kamis (14/7/2022). Dalam kesempatan kali itu, ia mengungkapkan bahwa saat ini dirinya terbuka untuk apapun walaupun tak lagi aktif membuat musik.

"Saya tidak tahu apa yang terjadi selanjutnya. Saya tidak aktif membuat musik atau membuat album atau memiliki rencana untuk membuat album. Tapi saya tidak pernah ingin mengatakan bahwa saya sudah pensiun. Ini adalah hadiah, dan siapa saya untuk mematikannya? Ini terbuka untuk apa pun,” ungkap Jay-Z kepada Kevin Hart.

Maestro berusia 52 tahun itu kemudian melanjutkan bahwa dirinya mungkin saja tidak aktif lagi dalam membuat musik, tetapi ia bisa saja kembali berkarya dengan bentuk lain. Oleh karena itu dirinya menghindari kata ‘pensiun’. 

"Saya benar-benar kelelahan saat itu. Saya merilis album setiap tahun - '96, '97, '98. Dan di antara itu, soundtrack, album orang lain, Roc-A-Fella, tur sana sini. Dan Anda tahu, suatu hari saya melihat ke atas dan saya seperti, 'Saya lelah.' Saya belum pernah berlibur sampai seperti, saya ingin mengatakan 2000. Seperti seluruh hidup saya. Dan saya benar-benar kelelahan pada saat itu."

Sebelumnya, pada 2003 Jay-Z menyatakan dirinya keluar dari industri musik. Namun, ternyata setelah itu ia masih melakukan kolaborasi dengan beberapa artis lain seperti Linkin Park. Lalu pada 2006 dirinya mengatakan bahwa ia pensiun. Namun, kemudian dirinya sadar bahwa dirinya hanya perlu istirahat, bukan pensiun.

Diketahui bahwa Jay-Z terakhir kali merilis album pada 2017. Album tersebut bertajuk “4:44” yang merupakan album studio ke-13 milik Jay-Z. Tak hanya itu, dirinya juga membuat album kolaborasi dengan sang istri, Beyonce, yang bertajuk “Everything is Love”.