Supaya Liburan Lebih Berkesan, Jaga Kesehatan dengan Lakukan 6 Tips Ini

Sabtu, 25 November 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Supaya Liburan Lebih Berkesan, Jaga Kesehatan Dengan Lakukan 6 Tips Ini

Ilustrasi Traveling. (Freepik)

Ladiestory.id - Jelang musim liburan sudah waktunya kamu menyiapkan segala keperluan berlibur supaya lebih berkesan mulai dari tiket perjalanan,pakaian, uang saku hingga wish list destinasi wisata yang menjadi impianmu, jangan sampai moment liburanmu terbuang sia-sia hanya karena kondisi tubuhmu, tidak fit, lho.

Nah, supaya liburanmu bermakna kamu bisa tetap jaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan melakukan enam tips berikut ini, simak yuk!

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Ilustrasi Air Putih. (Freepik)

 

Yup, saat melakukan perjalanan jauh tentu tubuhmu akan mudah merasa lelah dan dehidrasi karena kekurangan cairan. Oleh sebab itu, untuk mensiasatinya kamu harus perbanyak konsumsi air putih untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Nah, daripada kamu beli air minuman kemasan melulu, kamu juga bisa sedikit menghemat pengeluaran dengan membawa botol air minum atau tumbler saat berpergian, biasanya dibeberapa tempat menyediakan keran air yang bisa langsung diminum, kamu bisa mengisi ulang botol air minummu jika sudah habis. Selain praktis dan menghemat biaya, kamu pun bisa menjaga kebersihan lingkungan, bukan?

Perhatikan Asupan Makanan

Ilustrasi Makan Kue. (Freepik)

 

Berpergian ke negara orang bisa membuatmu lupa waktu untuk makan. Maka dari itu, kamu juga harus memperhatikan jam makanmu supaya tidak telat makan untuk terhindar dari berbagai penyakit, kamu bisa menyesuaikan waktu setempat untuk diatur dengan jadwal makanmu, perhatikan pula asupan makanan yang kamu konsumsi, jangan kalap makan yang justru membuatmu semakin kenyang dan begah hal ini akan membuat moment liburanmu menjadi terganggu dan kurang menyenangkan.

Konsumsi Vitamin dan Suplemen

Ilustrasi Vitamin Untuk Kulit Wajah. (Canva)

 

Saat berlibur jangan lupakan mengonsumsi vitamin, suplemen maupun obat-obatan. Selain dapat menguatkan daya tahan tubuh, mengonsumsi vitamin dan suplemen dapat menjaga antibodi dan mencegah terjadinya penyakit, misalnya dengan mengonsumsi vitamin C yang dapat membantu menjagamu dari penyakit flu. Jangan lupa membawa obat-obatan karena saat kondisi tubuhmu tidak fit secara tiba-tiba kamu tidak perlu lagi berkeliling mencari apotek dengan kandungan dan keamanan yang tidak kamu ketahui.

Lakukan Olahraga Ringan

Ilustrasi Olahraga. (iStock)

 

Saat traveling pun tubuh mudah merasa lelah, oleh karena itu melakukan olahraga ringan saat traveling dapat membantu menghilangkan stres, mengurangi masalah susah tidur, mengatasi jet lag dan membantu meningkatkan energi. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas hotel untuk berolahraga seperti gym, berenang atau bersepeda. Selain itu, traveling sambil berjalan kaki pun juga sangat baik untuk kesehatan pikiran sambil menikmati udara segar maupun pemandangan sekitar.

Perhatikan Kondisi Cuaca

Ilustrasi Cuaca Panas. (Special)

 

Ladies, saat berlibur pun hal lainnya yang harus kamu perhatikan ialah kondisi cuaca, dengan begitu kamu lebih waspada saat hendak keluar maupun berpergian ke tempat tujuanmu. Jangan sampai kamu salah menggunakan pakaian dan membuat tubuhmu menjadi tidak nyaman. Kamu bisa memantau kondisi cuaca di lokasi tempatmu berlibur menggunakan ponsel, pantauan dari siaran TV, radio maupun informasi dari internet.

Gunakan Pakaian yang Sesuai

Ilustrasi wanita memilih baju. (Special)

 

Saat mengunjungi negara tertentu kamu pun harus memperhatikan kondisi perubahan iklim dan cuaca setiap bulannya. Tanpa mempersiapkan pakaian yang tepat, maka kamu pun akan merasakan perubahan cuaca yang ekstrem alhasil bisa berujung pada sakit. Nah, pastikan pula sebelum traveling kamu sudah mengecek kondisi cuaca dan negara yang menjadi tujuanmu. Untuk berjaga-jaga selalu siapkan pakaian tebal dan hangat saat berada di bandara maupun ruangan ber-AC.

Nah, Ladies itulah enam tips untuk jaga kesehatan saat liburan agar lebih berkesan, semoga informasi ini dapat bermanfaat.