Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | SUPAYA TAK SALAH MENGERTI, INI 5 ISTILAH HUBUNGAN PERCINTAAN YANG HARUS KAMU PAHAMI

Supaya Tak Salah Mengerti, Ini 5 Istilah Hubungan Percintaan yang Harus Kamu Pahami

LS Lifestyle
Rabu, 29 Januari 2020 | 13:38:50
Durasi baca: 3 menit, 9 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Supaya Tak Salah Mengerti, Ini 5 Istilah Hubungan Percintaan yang Harus Kamu Pahami

Ternyata, ada berbagai hubungan percintaan di dunia ini yang memang mengatasnamakan cinta di dalamnya. Hanya saja, tidak semua yang berkata bahwa hubungan mereka dilandasi cinta, memiliki komitmen yang jelas, definisi yang jelas, serta masa depan yang juga sama jelasnya. Biasanya, pasangan yang memiliki tiga hal di atas adalah mereka yang memang merupakan tipe pasangan pada umumnya, yaitu berpacaran atau dijodohkan, melamar, lalu menikah secara resmi. Nah, istilah untuk hubungan cinta dengan kesetiaan di mana keduanya saling menginginkan satu pasangan saja, disebut dengan hubungan monogami atau monogamous relationship. Hubungan itu jelas, terang, dan tidak ditutup-tutupi. Namun, ada juga nih, Ladies, beberapa istilah hubungan percintaan lainnya yang nyatanya tidak sejelas hubungan cinta pada umumnya. Jadi, ketika mereka mengatakan bahwa mereka saling mencintai atau saling mendukung, di saat yang sama pula lah mereka tidak memiliki definisi yang jelas atas hubungan cinta mereka. Seperti inilah penjelasannya!

1. Open relationship atau hubungan terbuka

Istilah Hubungan Percintaan
sumber: freepik.com

Open relationship adalah sebuah hubungan cinta, dimana keduanya tidak saling terikat dalam sebuah ikatan apapun. Sehingga, kedua orang itu bebas berhubungan dengan siapa saja. Bahkan, ketika mereka ingin berhubungan seksual dengan siapapun tetap diperbolehkan oleh pasangannya. Hanya saja, mereka tidak boleh memberikan cinta dan emosional mereka kepada orang lain. Sebab, rasa cinta itu hanya boleh diberikan kepada pasangannya dalam open relationship itu, Ladies. Jadi, pada dasarnya dua orang dalam hubungan terbuka ini kerap menginginkan rasa cinta, dan membolehkan satu sama lain untuk berhubungan seksual dengan yang lain. Akan tetapi tidak boleh memberikan rasa cinta mereka kepada orang lain.

2. Friends with benefits relationship atau hubungan teman dengan manfaat

Istilah Hubungan Percintaan 2
sumber: freepik.com

Hubungan yang satu ini, melibatkan dua orang teman yang saling memanfaatkan dalam urusan seksual. Misalnya saja, ketika dua orang teman ini sama-sama masih single, namun mereka merasa butuh untuk mengeluarkan nafsu dan gairah mereka melalui hubungan seksual. Lantas, mereka pun melakukannya kapanpun yang mereka inginkan. Akan tetapi, mereka tidak ingin memiliki ikatan emosional satu sama lainnya. Sehingga, mereka tetap menjadi teman, yang bisa sekaligus berhubungan seks. Nah, jika salah satu atau keduanya sudah punya pasangan, maka keduanya akan mengakhiri hubungan pertemanan mereka.

Baca juga: Arti Insecure Dalam Hubungan Dan Cara Menyikapnya

3. Polyamorous relationship atau hubungan poliamori

Istilah Hubungan Percintaan 3
sumber: freepik.com

Poliamori atau polyamorous relationship adalah suatu hubungan yang membolehkan pasangannya memiliki pasangan lain. Berbeda dengan poligami dan poliandri, pasangan dalam hubungan poliamori ini saling membolehkan si wanita dan pria untuk memiliki pasangan lainnya, dengan komunikasi yang jujur, efektif, dan terbuka satu sama lain. Misalnya, kamu dan pasanganmu terikat dalam suatu ikatan, lalu pasanganmu punya wanita lain, lalu kamu pun juga mempunyai pria lain. Lantas, kalian berempat juga membolehkan pasangan lainnya memiliki pasangan yang lain juga. Kalian pun saling kenal, dan seakan tidak mencemburui satu sama lainnya. Di dalam hubungan ini, ada sebutan untuk pasangan primer, sekunder, tersier, dan lainnya. Tentunya, hubungan ini juga membolehkan pasangan untuk berhubungan seksual dengan para pasangannya. Dan bagi mereka, hubungan seperti ini adalah wajar adanya, Ladies.

4. Casual sex relationship atau hubungan seksual biasa

Istilah Hubungan Percintaan 4
sumber: freepik.com

Dua orang dalam hubungan casual sex relationship menyatakan sebagai pasangan, tapi tidak terikat dalam pernikahan maupun keluarga. Mereka adalah pasangan yang hanya terikat pada hubungan seksual, tetapi tidak terikat secara emosional dan komitmen. Mereka saling membolehkan untuk berhubungan seksual dengan orang lain. Sehingga, ketika mereka berhubungan seksual dengan yang lain, mereka tidak perlu merasa bersalah. Pasangan ini pun juga tetap saling mempertahankan keintiman seksual satu sama lain, selama yang mereka inginkan.

5. Asexual Relationship atau hubungan aseksual

Istilah Hubungan Percintaan 5
sumber: freepik.com

Hubungan ini lebih dari sekadar hubungan platonik, dimana keduanya memiliki rasa cinta dan emosional yang tingga terhadap pasangannya. Hanya saja, keduanya tidak ingin berhubungan seksual satu sama lain. Bisa jadi sebab trauma di masa lalu, atau bosan dan memang tidak menginginkan kegiatan bercinta. Sehingga, dua orang dalam hubungan asexual relationship hanya ingin memiliki hubungan aseksual dan romantis yang murni.

Jadi, itulah 5 istilah hubungan percintaan yang harus kamu tahu supaya tidak salah mengerti, Ladies!

Baca juga: Hindari Ghosting, Ini 6 Cara Bijak Mengakhiri Hubungan


lifestyle relationship pasangan hubungan istilah hubungan percintaan istilah hubungan asmara pasangan cinta

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle