Superhero Indonesia Garapan BumiLangit, Tira Akan Rilis di Platform Disney+

Minggu, 31 Oktober 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Superhero Indonesia Garapan Bumilangit, Tira Akan Rilis Di Platform Disney+

Foto: Hai-online

Ladiestory.id - Platform video-on-demand yang telah muncul di tanah air selama kurang lebih satu tahun baru baru ini yakni Disney+ Hotstar, sebentar lagi akan menayangkan serial baru. Menjadi kian menarik, sebab tayangan yang dimaksud hadir adalah bentuk series dengan tema superhero.

Menjadi istimewa serta berbeda dari umumnya, series superhero yang dimaksud bukanlah produksi Hollywood yang belakangan ini banyak dikenal di kalangan penggemar film pada platform streaming serupa seperti WandaVision maupun Loki garapan Marvel. Tapi saat ini, giliran sineas serta kreator film dalam negeri yang memunculkan taringnya.

Super Hero Indonesia dalam Platform Disney+

tira, superhero indonesia
Foto: instagram/jokoanwar

Seperti yang sudah ramai diperbincangkan akhir-akhir ini, salah satu jagat superhero yang dipunya Indonesia yakni Bumilangit Cinematic Universe (BCU) atau dikenal pula sebagai Jagat Sinema Bumilangit, akan merilis tayangan terbaru dari salah satu karakter superheronya yakni Tira, dalam platform Disney+.

Berita yang menyita banyak atensi ini pertama kali diumumkan oleh sang sutradara sendiri, yakni Joko Anwar. Walau belum terdapat info lebih jauh terkait kepastian tanggal penayangan maupun sejauh mana proses produksi yang sudah berjalan.

Head of Content and Development Walt Disney APAC, Jessica Kam-Engle menjelaskan perusahaan sudah melakukan kerja sama dengan Sutradara Joko Anwar dalan mendalami karakter Tira yang akan dibintangi oleh Chelsea Islan.

Pahlawan Indonesia dalam BumiLangit, Tira

tira, superhero indonesia
Foto: bumilangit

Jessica menyambungkan, karakter Tira hanyalah suatu pembukaan dari kerja sama mereka dengan karakter pahlawan lokal dari Indonesia. Karena jagat BumiLangit mempunyai lebih dari seribu karakter yang dapat diangkat ke media film ataupun serial sehingga tidak menutup kemungkinan akan adanya kerja sama berikutnya ke depan.

"[Karakter] TIRA hanyalah pembuka saja dan akan ada banyak lagi lainnya yang akan hadir. Kami sudah bekerjasama dengan Joko (Anwar) sebelumnya dan aku sangat menikmatinya. BumiLangit adalah sebuah semesta yang sangat besar dan kami menghormatinya," ujarnya pada wawancara terbatas, Rabu (20/8/2021).

"Ini adalah heritage Indonesia, kita senang bekerja sama dengan talenta terbaik Indonesia di depan layar dan belakang layar. Ini adalah sesuatu yang kita akan coba dorong sebisa kita," lanjutnya.

Aktor Baru dalam BumiLangit

superhero indonesia
Foto: twitter/jokoanwar

Sebelumnya BumiLangit mengodekan terdapat kerja sama lebih lanjut dengan Disney. Dalam acara Disney+ Hotstar Grandfest 2020 lampau sudah diumumkan kehadiran aktor-aktor baru yang memasuki semesta BumiLangit. Mereka di antaranya Christine Hakim, Jefri Nichol, Dimas Anggara, serta Reza Rahadian.

Belum terlalu banyak yang mengetahui adanya Bumilangit yang sebetulnya telah berdiri sejak tahun 2003. Perusahaan hiburan berbasis karakter superhero tersebut menjadi tonggak awal penghidupan kembali penceritaan komik berbasis pahlawan super yang sebetulnya sudah lama dimiliki Indonesia.

Dibuka dengan film Gundala, proyek yang mengikut sertakan Screenplay Films dan Bumilangit Studio ini sudah mempersiapkan rentetan proyek Jagat Sinema Bumilangit Jilid 1, dan terdiri dari tujuh film yang tengah dipersiapkan dalam beberapa tahun ke depan.

Ketika peluncuran proyek ini pada tahun 2019, diketahui sudah terdapat beberapa pihak baik dari aktor dan aktris ternama yang terlibat dalam membintangi beberapa karakter pahlawan super asli Indonesia yang sebagian di antaranya pun sering dikenal sebagai legenda.

Macam Pahlawan Indonesia

Sejumlah karakter yang dimaksud di antaranya yaitu Si Buta dari Gua Hantu, Mandala, Godam dan Tira, Sri Asih, dan masih banyak lagi. Ada juga beragam aktor dan aktris yang dikonfirmasi terlibat pada rangkaian proyek ini di antaranya Nicholas Saputra, Pevita Pearce, Joe Taslim, Dian Sastrowardoyo, Chelsea Islan, dan yang lainnya.