Bersihkan Stadion Usai Laga Berakhir, Suporter Jepang Tuai Pujian

Jumat, 25 November 2022 | 17:00:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Bersihkan Stadion Usai Laga Berakhir, Suporter Jepang Tuai Pujian

Suporter Jepang Membersihkan Stadion. (Spesial)

Ladiestory.id - Timnas Jepang berhasil mengalahkan Jerman dengan skor 2-1 saat berlaga pada Rabu (23/11/2022). Kemenangan menakjubkan tersebut membuat para penggemar gembira.

Pendukung “Samurai Blue” tersebut mendapatkan banyak pujian dan menjadi perbincangan hangat di beberapa forum online. Hal ini dikarenakan aksi yang mereka lakukan usai menonton laga pertandingan. Para pendukung klub sepak bola negeri sakura tersebut membawa tradisi di luar lapangan yang menjadi khas mereka, yaitu membersihkan stadion setelah pertandingan usai.

Suporter Jepang Membersihkan Stadion. (Spesial)

Penggemar Jepang tetap berada di stadion setelah laga kemenangan mereka dan membantu membersihkan Stadion Internasional Khalifa, Qatar. Setelah stadion mulai kosong, mereka segera mengeluarkan kantong sampah sekali pakai dan mulai membersihkan area tribun.

Hal tersebut mengejutkan beberapa orang. Akan tetapi, bagi warga Jepang aksi tersebut adalah hal biasa yang memang selalu mereka lakukan.

“Apa yang menurut kalian istimewa, sebenarnya ini biasa bagi kami,” ucap Danno, salah seorang penggemar asal Jepang. Bahkan, ia merasa heran mengapa orang lain menganggap hal yang dilakukannya dan beberapa penggemar lain itu terkesan sangat istimewa.

Hal yang terjadi di Stadion Internasional Khalifa bukanlah yang pertama kali terjadi. Para pendukung Jepang telah melakukan hal yang sama pada saat pembukaan ajang Piala Dunia 2022 tersebut yang berlangsung di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar.

Suporter Jepang Membersihkan Stadion. (Spesial)

Para penggemar dengan sukarela membersihkan dan memungut sampah yang berserakan di area tribun. Budaya disiplin dan sangat menjaga kebersihan sangat melekat pada warga Jepang. Mereka tak hanya melakukan hal tersebut ketika berada di negaranya saja, tapi juga menerapkannya di negara lain.

Pada Piala Dunia 2018 silam di Rusia pun, penggemar Timnas Jepang tersebut juga mendadak viral setelah melakukan aksi yang sama. Mereka viral setelah tak sengaja tertangkap kamera sedang membersihkan area tribun meski tim kebanggannya kala itu dikalahkan dengan Belgia di babak 16 besar.

Atas aksinya tersebut, para pendukung Jepang menjadi perbincangan hangat di beberapa forum online beberapa hari ke belakang ini. Jepang memang dikenal sebagai negara yang sangat-sangat menjunjung tinggi kebersihan.

s