Susah Fokus saat Belajar? Yuk, Kenalan dengan Teknik Pomodoro

Senin, 25 Juli 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Susah Fokus Saat Belajar? Yuk, Kenalan Dengan Teknik Pomodoro

Ilustrasi Teknik Pomodoro (Special)

Ladiestory.id - Belajar merupakan salah satu hal yang tak bisa lepas dari keehidupan manusia. Waktu yang dimiliki menjadi sangat berharga dan sayang jika terbuang begitu saja. Rasanya waktu 24 jam yang dimiliki tidak cukup untuk menyelesaikan semuanya. Terkadang, saat belajar akan banyak gangguan yang membuat kamu jadi tidak fokus dan segera meyelesaikan tugas.

Nah, untuk mengatasi itu kamu perlu menerapkan teknik pomodoro. Berikut penjelasan dan rincian manfaatnya.

Pengertian Teknik Pomodoro

Ilustrasi Teknik Pomodoro. (Special)

Teknik pomodoro merupakan salah satu filosofi manajemen waktu yang memerlukan fokus dalam jangka waktu tertentu. Teknik ini pertama kali ditemukan pada awal tahun 90-an oleh Francesco Cirillo. Inspirasinya berasal dari cara memotong tomat. Dalam bahasa Italia, kata pomodoro berarti tomat. Metodenya sendiri cukup mudah. Jika dihadapkan pada tugas yang sulit, kamu cukup membaginya ke beberapa bagian atau waktu sehingga lebih mudah untuk menyelesaikannya.

Penerapan Teknik Pomodoro

Ilustrasi Teknik Pomodoro (Special)

Dalam menerapkan teknik pomodoro, kamu dapat mengikuti langkah berikut; Pertama, kamu dapat memilih tugas yang hendak kamu selesaikan. Lalu, kerjakan tugas tersebut dengan fokus dalam waktu 25 menit. Jika dalam waktu tersebut belum selesai, kamu dapat kembali menambah waktu 25 menit kembali dan seterusnya hingga tugas selesai. Terakhir, jangan lupa mengambil istirahat selama 5 menit ketika waktu pertama (25 menit) telah berakhir. Apabila kamu telah menyelesaikan tugas selama 100 menit (25 menit x 4), kamu dapat beristirahat 15 hingga 20 menit. Lakukanlah langkah di atas secara teratur dan bertahap.

Manfaat Teknik Pomodoro

Ilustrasi Teknik Pomodoro. (Special)

Setelah mengetahui cara menerapkan teknik pomodoro, maka diharapkan tidak ada lagi gangguan saat belajar atau mengerjakan tugas. Selain itu, teknik pomodoro juga memiliki manfaat lain untukmu. Seperti mencegah prokrastinasi (kebiasaan menunda-nunda), meningkatkan fokus dalam proses belajar, menjaga motivasi selama belajar, memudahkan untuk menyelesaikan banyak tugas, serta menjaga kesehatan mental dan fisik.

Teknik pomodoro tidak hanya dapat diterapkan oleh anak-anak atau pun remaja. Bagi kamu yang sudah memasuki usia kerja juga bisa menerapkan teknik ini. Misalnya seperti pekerjaan yang membuatmu duduk dalam waktu yang lama di depan komputer. Teknik ini akan membantu kamu untuk mengambil jeda waktu istirahat untuk merelaksasikan tubuh yang tegang serta mengistirahatkan otak sejenak supaya kembali fokus.

Influencer yang Menerapkan Teknik Pomodoro

Amanda Rawles. (Special)

Teknik Pomodoro juga sudah banyak digunakan oleh sebagian masyarakat. Bahkan, teknik ini sendiri menjadi favorit bagi beberapa influencer luar negeri yang mengangkat konten mengenai belajar. Di Indonesia sendiri, teknik ini memang baru dikenal sejak tahun 2020, ketika pandemi mulai melanda dan semua orang yang belajar dan bekerja dari rumah. Beberapa influencer tanah air yang telah diketahui menerapkan teknik ini yaitu, Amanda Rawles, Leonardo Edwin, dan Zahid Ibrahim. Ketiganya, mengunggah konten belajar mereka dengan menggunakan teknik pomodoro. Kamu bisa langsug cek melalui YouTube pribadi mereka. Dijamin, kamu jadi semangat untuk ikutan belajar dan produktif.

Aplikasi untuk Teknik Pomodoro

Ilustrasi Teknik Pomodoro. (Special)

Jika kamu merasa bingung mengatur waktu dalam penerapan teknik pomodoro, kamu bisa menggunakan timer di handphone. Kamu juga bisa lihat video YouTube yang memberikan konten mengenai timer set pomodoro. Kini ada juga aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mendukung penerapan teknik pomodoro. Beberapa aplikasi bahkan dilengkapi fitur mengunci handphone supaya kamu tetap fokus hingga efek suara menenangkan seperti rintik hujan atau kicauan burung untuk memberi rasa rileks. Aplikasi tersebut antara lain; Focus Plant- Pomodoro Forest, Flip- Focus Timer for Study dan Study Bunny: Focus Timer.

Itulah penjelasan mengenai teknik pomodoro, semoga dapat membantu kamu menjadi lebih fokus dan produktif. Kamu bisa juga mengajak orang-orang sekitarmu dengan menyebarkan artikel ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, Ladies!