Bikin Wajah Glowing, Ikuti Tahapan Skincare Korea Pagi dan Malam!

Minggu, 9 Januari 2022 | 12:00:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Bikin Wajah Glowing, Ikuti Tahapan Skincare Korea Pagi Dan Malam!

Bae Suzy. (Special)

Ladiestory.id - Kulit perempuan Korea identik dengan sehat dan glowing. Selain dikenal dengan riasan naturalnya, perempuan Korea juga diketahui memberi perawatan ekstra untuk kulitnya.

Perempuan Korea benar-benar menjaga kulitnya dengan baik. Ini bisa dicapai dengan rutinitas skincare-nya yang panjang. Perawatan perempuan Korea biasanya dengan melakukan layering skincare berdasarkan konsistensi, mulai dari water-based product hingga oil-based product.

Jika Kamu ingin memiliki kulit seperti perempuan Korea, Ladiestory.id merangkum beberapa tahapan skincare Korea pagi dan malam, yang bisa Kamu tiru.

1. Cleanser (Pagi-Malam)

Ilustrasi perempuan mencuci muka. (Special)

Cleanser ini sangat perlu dilakukan baik pagi maupun malam. Walaupun Kamu tidak pergi atau merasa kulit wajah masih bersih, tapi cleansing pada pagi hari dapat membantu menghilangkan keringat dan sebum. Selain itu, juga mampu membersihkan sel kulit mati yang terkumpul dari sisa-sisa debu dan kotoran, yang mungkin menempel pada kasur atau handuk yang disentuh.

Sedangkan, skincare malam juga diawali dengan cleanser. Meskipun Kamu merasa capek setelah beraktivitas, jangan pernah malas untuk menghapus sisa makeup dan sunscreen sebelum tidur. Ini penting untuk menghilangkan kotoran dan polusi, agar tidak menyumbat pori dan dapat menimbulkan jerawat. Agar bersih maksimal, gunakan teknik double cleansing saat melakukan skincare malam.

2. Toner (Pagi-Malam)

Ilustrasi perempuan memakai toner. (Special)

Tahapan skincare Korea pagi dan malam yang tidak boleh dilewatkan adalah toner. Sebab dengan menggunakan toner, wajah Kamu akan dipersiapkan untuk menerima next step skicnare. Selain itu, toner juga berfungsi untuk mengembalikan pH wajah.

3. Essence (Pagi-Malam)

Essence adalah salah satu tahapan skincare dengan tekstur yang ringan dengan bahan aktif terkonsentrasi. Produk ini berfungsi menyiapkan kulit sebelum mendapatkan nutrisi dari serum.

Bila dibandingkan dengan serum, essence umumnya memiliki konsentrasi yang lebih ringan dan sedikit lebih kental. Namun, tidak sekental krim pelembap. Tekstur essence sendiri tergantung dengan kebijakan tiap brand yang membuatnya.

4. BHA/AHA (Malam)

BHA dan AHA merupakan bahan aktif yang berguna mengeksfoliasi kulit. Skincare dengan kandungan ini dapat dapat menggurnagi garis halus, menghilangkan jerawat, dan pigmentasi. Namun, skincare ini lebih baik digunakan saat malam, sebab penggunaan bahan aktif ini membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.

5. Serum (Pagi-Malam)

Ilustrasi perempuan menggunakan serum. (Special)

Serum dapat Kamu gunakan untuk skincare pagi dan malam. Skincare ini memiliki konsentrasi kandungan aktif yang lebih tinggi, sehingga ampuh untuk merawat kulit. Tekstur serum umumnya ringan dan mudah menyerap ke dalam kulit. Pilihlah serum yang sesuai dengan kebutuhan kulit.

6. Emulsion (Pagi)

Emulsion merupakan produk pelembap dengan teksur yang ringan. Biasanya tekstur ini mirip dengan lotion yang mengandung susu dan berwarna agak putih. Jika Kamu memiliki kulit kombinasi atau berminyak, emulsion sangat cocok sebab akan terasa ringan dan tidak lengket.

7. Sheet Mask (Malam)

Ilustrasi perempuan menggunakan sheet mask. (Special)

Di Korea masker dalam bentuk lembaran atau sheet mask mudah ditemukan. Masker jenis ini pun kerap digunakan oleh perempuan dan lakii-laki. Mereka meluangkan waktu setiap 15-20 menit menempelkan sheet mask untuk skincare malam hari. 

Sheet mask punya banyak essence, yang mampu memberi kelembapan ekstra pada kulit. Jika sudah selesai, pijat sisa essence hingga menyerap ke seluruh wajah. Kalau Kamu ingin efek cooling, simpanlah di kulkas sebelum memakainya.

8. Eye Cream (Pagi-Malam)

Ilustrasi perempuan memakai eye cream. (Shutterstock/puhhha)

Eye cream bermanfaat untuk melindungi area mata. Pilih eye cream dengan kandungan kafein dan peptida kalau Kamu memiliki masalah mata bengkak maupun lingkaran hitam.

9. Cream (Pagi-Malam)

Ilustrasi perempuan memakai cream. (Special)

Jika Kamu sudah melewati rangkaian skincare di atas, kini saatnya Kamu mengunci kelembapan dengan pelembap atau krim. Pelembap perlu digunakan setiap hari sesuai kebutuhan dan jenis kulit.

10. Sleeping Pack (Malam)

Tahapan terakhir skincare malam adalah sleeping pack atau sleeping mask. Masker ini digunakan sebelum tidur dan baru dibilas keesokan harinya. Fungsinya untuk mengunci semua rangkaian skincare malam. Sehingga, beberapa item skincare sebelumnya tidak akan mengering saat tidur, tapi dapat meresap ke kulit.

11. Sunscreen (Pagi)

Ilustrasi perempuan memakai sunscreen. (Special)

Nah, jika sleeping mask sebagai penutup skincare malam, maka sunscreen sebagai penutup skincare pagi. Orang Korea, baik perempuan ataupun laki-laki rutin menggunakan suncreen sebelum keluar rumah. Sunscreen berguna mengunci semua kelembapan dan  melindungi kulit dari sinar matahari yang dapat merusak kulit.