6 Tahapan Skincare Untuk Remaja Pemula, Agar Wajah Lebih Bersih dan Cantik

Jumat, 10 September 2021 | 08:59:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

6 Tahapan Skincare Untuk Remaja Pemula, Agar Wajah Lebih Bersih Dan Cantik

Foto: Soompi

Sebagai wanita wajib menjaga kulit wajah dan tubuh tetap agar tetap sehat, cantik dan flawless. Perawatan bisa di mulai sejak remaja. Bagi remaja pemula yang baru saja ingin memulai bermakeup bisa simak tahapan penting dalam skincare dalam artikel ini.

Tahapan Skincare Untuk Remaja Pemula 

Berikut tahapan skincare untuk remaja pemula.

1. Pembersih Wajah

Tahapan Skincare Untuk Remaja
Foto: Ladiestory.id

Pembersih wajah merupakan langkah pertama untuk membuat wajah kita seperti impian. Pada umumnya, kita bisa menggunakan pembersih wajah yang biasanya facial foam untuk kulit berminyak. Namun bila kita sering berkeringat, makeup tebal, dan suka berada di luar ruangan, sebaiknya gunakan juga double cleansing, ya, Ladies. 

Teknik double cleansing yaitu dengan menggunakan cleansing oil untuk kulit berminyak atau cleansing balm untuk kulit kering terlebih dahulu sebelum mencuci muka dengan sabun cuci muka biasa. Tujuannya adalah untuk menghilangkan kotoran dan makeup yang ada di permukaan wajah.

2. Scrub Wajah

Hal yang tidak boleh terlewatkan dalam hal membersihkan wajah adalah penggunaan scrub wajah. Setiap harinya, kulit kita akan menghasilkan sel kulit mati yang berganti dengan sel kulit baru.

Jika sel tersebut sudah sangat menumpuk, sel kulit mati akan  membuat kulit kita tampak kusam dan tidak sehat. Nah, untuk menghilangkan sel kulit mati tersebut, maka kita butuh menggunakan scrub wajah, lo, Ladies.

3. Toner

Tahapan Skincare Untuk Remaja
Foto: Ladiestory.id

Toner sangat berguna untuk menjaga kebersihan wajah kita. Penggunaan Toner akan menyeimbangkan pH kulit dan menghilangkan residu makeup, kotoran, dan sabun pencuci muka yang masih menempel pada permukaan kulit kita. Wajah juga dijamin jadi makin terhidrasi dengan baik.

4. Serum

Langkah berikutnya adalah penggunaan serum wajah, pemakaian serum akan membuat wajah kita makin flawless lagi karena formulanya yang dirancang khusus untuk mengatasi masalah kulit tertentu.

Bila wajah kita butuh kelembaban, kita bisa pakai serum dengan kandungan hyaluronic acid, tapi kalau yang kita lakukan hanya untuk pencegahan atau peningkatan kondisi wajah, kita bisa gunakan serum dengan kandungan vitamin C atau retinol.

5. Pelembap

Tahapan Skincare Untuk Remaja
Foto: Ladiestory.id

Pelembap adalah skincare yang paling penting untuk kulit kita. Tanpa pemakaian pelembap, kulit akan mengalami banyak masalah dan tidak terhidrasi dengan baik. Hasilnya, punya kulit yang flawless hanya akan jadi mimpi belaka.

Pastikan kita memilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulit kita. Buat yang memiliki kulit kering, pastikan memakai pelembap yang creamy, sedangkan buat yang punya kulit berminyak, coba gunakan pelembap dengan bahan dasar air atau gel yang lebih ringan di wajah.

Akan jauh lebih baik kalau kita bisa membedakan krim pagi dan malam. Jadi, krim pagi lebih ringan daripada krim malam yang lebih creamy.

6. Sunscreen

Tahapan terakhir dari pemakaian skincare adalah penggunaan Sunscreen akan melindungi kulit dari sinar matahari yang bisa membuat kulit wajah tampak kusam dan rusak. Pastikan hanya memakai sunscreen di pagi dan siang hari serta mengaplikasikannya minimal 2 kali dalam sehari, ya, Ladies!

Enam tahapan di atas bisa diterapkan untuk para remaja yang ingin mulai merawat kulit. Semoga tulisan ini bermanfaat!