Tahun Ketiga, TikTok Shop Lanjutkan Komitmen Tuk Hadirkan Pengalaman Berbelanja yang Menghibur

Rabu, 7 Juni 2023 | 19:45:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Tahun Ketiga, Tiktok Shop Lanjutkan Komitmen Tuk Hadirkan Pengalaman Berbelanja Yang Menghibur

Ilustrasi perempuan. (Special)

Ladiestory.id - TikTok Shop, platform e-commerce yang terintegrasi dengan TikTok,merayakan dua tahun kehadirannya di Indonesia melalui kampanye bertajuk "Happy Big Day 6.6". Kampanye yang digelar pada 2-6 Juni 2023 ini menjadi bentuk apresiasi TikTok Shop kepada para merchant, affiliate, dan komunitas TikTok yang telah berperan besar dalam perjalanan TikTok Shop sejak hadir pada tahun 2021 lalu.

Memasuki tahun ketiganya beroperasi di Indonesia, TikTok Shop ingin memperkuat komitmennya untuk terus menghadirkan pengalaman berbelanja yang menghibur, sekaligus aman dan nyaman bagi para merchant, kreator, maupun komunitas TikTok di seluruh Indonesia.

Demi mencapai komitmen ini, TikTok Shop menghadirkan serangkaian kebijakan, fitur, dan fasilitas guna mendukung kegiatan penjualan para merchants. Selain itu, TikTok Shop juga rutin menggelar program pelatihan dan pemberdayaan bagi para merchant sekaligus kreator untuk meningkatkan performa mereka bersama TikTok Shop.

"Selama dua tahun terakhir, TikTok Shop terus berupaya untuk membuka peluang ekonomi nyata bagi semua pihak yang datang ke platform kami. Kini, semakin banyak brand dan UMKM lokal yang mampu meningkatkan operasionalnya berkat performa bisnis yang luar biasa setelah berjualan di TikTok Shop. Para kreator juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan
lewat kolaborasi langsung dengan brand teratas melalui program kreator affiliate yang ada di platform kami," ungkap perwakilan TikTok Shop Indonesia.

Selain pemberdayaan merchants dan kreator, pembaruan fitur dan fasilitas menjadi salah satu fokus utama TikTok Shop untuk memberikan pengalaman commerce yang mumpuni, termasuk dengan peningkatan keamanan dan kemampuan logistik. Perwakilan TikTok Shop Indonesia pun menambahkan, Kampanye 'Happy Big Day 6.6' hadir untuk tidak hanya memberikan penawaran luar biasa seperti kampanye belanja sebelumnya, tapi juga ingin menyorot sejumlah fasilitas serta fitur yang tersedia di dalam TikTok Shop.

Untuk mengetahui berbagai dampak positif yang telah dihadirkan oleh TikTok Shop selama dua tahun perjalanannya di Indonesia, simak empat fakta menarik berikut ini.

TikTok Shop Happy Big Day 6.6. (Special)

 

Peningkatan Fitur dan Fasilitas untuk Tingkatkan Pengalaman Belanja Komunitas TikTok

Guna menghadirkan pengalaman berbelanja yang mudah dan menghibur bagi pengguna, TikTok Shop terus berinovasi untuk menghadirkan serangkaian fitur baru di dalam aplikasi.

Salah satu fitur yang baru diluncurkan tahun lalu adalah Shopping Center, sebuah hub khusus untuk membantu pengguna menemukan berbagai pilihan produk dan penawaran menarik sekaligus membantu merchant mengelola pesanan secara native di dalam TikTok Shop. Terletak di dalam tab 'Shop' yang mudah diakses, fitur ini mendorong interaksi yang lebih baik antara merchant dan komunitas TikTok saat terlibat dalam kegiatan jual beli di dalam ekosistem TikTok; selagi menikmati konten video menghibur dan menyenangkan di dalam satu platform. 

Selain fitur Shopping Center, TikTok Shop juga menambahkan fitur kreatif lainnya seperti sticker yang bisa disematkan oleh para merchants di sesi LIVE Shopping yang mereka gelar bersama para kreator affiliates. Fitur sticker ini diharapkan dapat membantu merchant membangun mood dan suasana yang lebih meriah demi menarik perhatian komunitas TikTok untuk menonton sesi LIVE Shopping yang ada, dan melakukan pembelian.

Berbagai peningkatan yang dilakukan TikTok Shop ternyata berdampak positif pada pengalaman berbelanja konsumen dan komunitas TikTok di Indonesia.

Dilansir dari data internal TikTok Shop, diketahui bahwa 1 dari 3 pengguna TikTok pernah membeli produk di TikTok Shop. Fitur LIVE Shopping juga menjadi fitur favorit konsumen untuk melakukan transaksi berkat adanya interaksi real-time dengan para merchants.

Jumlah kategori produk yang dihadirkan oleh TikTok Shop pun semakin beragam, mulai dari 'Home and Living' hingga 'Sports and Outdoor' yang paling digemari oleh konsumen pria dan perempuan.

Pemberdayaan Merchant Secara Berkelanjutan

Sepanjang 2022, TikTok Shop telah menggelar program pemberdayaan untuk membantu para brand, termasuk UMKM, memaksimalkan fitur dan fasilitas yang tersedia di dalam platform.

Saat ini, terdapat setidaknya 200 merchants yang mengikuti pelatihan reguler dua bulanan yang diadakan oleh TikTok Shop. Selain itu, sekitar 4.000 merchants juga mendapatkan pembinaan langsung melalui ajang networking TikTok Shop Summit yang diselenggarakan tahun lalu.

Para UMKM yang ingin mulai berjualan di TikTok Shop juga mendapatkan pembinaan khusus melalui sesi onboarding untuk mendapatkan ilmu dasar tentang berjualan dan mempromosikan produknya dengan berbagai fitur dan fasilitas di TikTok Shop. Ke depannya, diharapkan program-program pelatihan ini dapat menjangkau lebih banyak brand dan pelaku
UMKM di seluruh Indonesia.

Berkat dukungan berkelanjutan yang terus dihadirkan, jumlah merchants (termasuk UMKM) yang bergabung dengan TikTok Shop naik secara signifikan hingga 8 kali lipat bila dibandingkan dengan tahun 2022.

Optimasi keamanan dan kecepatan pengiriman untuk merchants, kreator, dan komunitas Bicara soal transaksi daring, faktor keamanan dan kecepatan pengiriman memainkan peran yang sangat penting, baik untuk merchant maupun konsumen di TikTok.

Sepanjang tahun, TikTok Shop bersama para mitra logistik terus memperbarui sistem internalnya agar waktu pengiriman yang diperlukan, mulai dari pengambilan barang di merchant hingga diterima oleh konsumen dapat dilakukan secepat mungkin. Mulai dari sistem routing hingga perluasan titik pick-up, kini waktu tunggu untuk penjemputan dan pengiriman telah berkurang hingga 29%.

TikTok Shop juga fokus menangani isu hak kekayaan intelektual (intellectual property - IP) secara sangat serius. Setiap merchant yang diketahui menjual produk palsu atau melanggar IP akan dihapus dari platform. Untuk menangani isu ini, TikTok Shop meluncurkan Intellectual Property Protection Center (IPPC), sebuah portal yang bisa dimanfaatkan oleh brand atau merchant untuk mengunduh dokumentasi hak kekayaan intelektual serta menelusuri pelanggaran terhadap hak kekayaan intelektual mereka di TikTok Shop.

Melalui tools ini, TikTok Shop telah berhasil menghapus lebih dari 130 ribu produk yang melanggar hak milik intelektual dan menutup lebih dari 5.000 merchants di seluruh wilayah Asia Tenggara yang terbukti menjual barang palsu sepanjang April 2022 hingga Maret 2023.

Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan konsumen dan komunitas TikTok saat berbelanja di TikTok Shop, terdapat juga beberapa fitur keamanan yang diperkenalkan oleh TikTok Shop. Berbagai fitur keamanan ini termasuk proses pelaporan akun, proses refund, pemberian ulasan, hingga pelaporan penipuan, yang semuanya dapat dilakukan melalui aplikasi TikTok.

Laporan yang diterima kemudian diproses secara otomatis agar respon bisa diberikan lebih cepat. Tim pelayanan konsumen yang terus bekerja setiap hari ini memungkinan lebih dari 70% pelaporan dapat diselesaikan dalam kurun waktu waktu 24 jam (per Mei 2023 untuk wilayah Asia Tenggara).

Perayaan dua tahun di Indonesia secara seru dan meriah di 'Happy Big Day 6.6'

Perayaan ulang tahun tentunya tidak lengkap tanpa hadiah. Berlangsung mulai 2-6 Juni 2023, kampanye yang diberi nama "Happy Big Day 6.6" menghadirkan diskon hingga Rp660 ribu dengan crazy deals yang dimulai dari Rp6.000 saja. Kampanye "Happy Big Day 6.6" di TikTok Shop juga turut dimeriahkan dengan berbagai keseruan LIVE Shopping dari kreator hingga
selebritas papan atas seperti Sarwendah.

Para pengguna TikTok pun menyambut kampanye "Happy Big Day 6.6" dengan antusias, terlihat dari kenaikan penjualan online (GMV) sebesar 160% bila dibandingkan periode lainnya.