Bisa Picu Alergi, Singapura Tarik Kecap dan Saus ABC

Rabu, 7 September 2022 | 20:00:00

Andi Afifah

Penulis : Andi Afifah

Bisa Picu Alergi, Singapura Tarik Kecap Dan Saus Abc

Kecap ABC (Special)

Ladiestory.id - Dua produk Indonesia, ABC Kecap Manis dan ABC Sambal Ayam Goreng ditarik oleh Badan Makanan Singapura (Singapore Food Agency/ SFA). Kedua produk tersebut dikarenakan adanya kandungan alergen yang tidak diumumkan oleh masing-masing produk.

Dua produk yang diproduksi oleh PT Heinz ABC Indonesia ini ditarik SFA karena mengandung sulfur dioksida. Pihak SFA mengatakan habwa alergen dalam makanan bisa mengakibatkan reaksi alergi pada individu yang sensitif.

“Penarikan kembali berlaku untuk semua Kecap Manis ABC yang diimpor oleh New Intention Trading, dengan tanggal kadaluwarsa 26 Juni 2024,” kata SFA dilansir dari Channel News Asia pada Rabu (07/08/2022).

Saus ABC Ayam Goreng (Special)

ABC Sambal Ayam Goreng yang diimpor oleh distributor Arklife memiliki tanggal kadaluwarsa 6 Januari 2024. SFA juga mendeteksi adanya asam benzoat yang terdapat dalam kedua produk tersebut yang tidak disebut pada label kemasan.

Namun, SFA menambahkan bahwa kadar sulfur dioksida dan asam benzoat masih dalam batas yang diizinkan dalam produk makanan yang ditentukan.

Selain dua produk Indonesia, Fokutoku Seika Soft Cream yang berasal dari Jepang juga ditarik lantaran memiliki kandungan alergen putih telur dan tepung terigu yang tidak di deklerasikan.

Berdsarkan peraturan makanan Singapura, produk makanan yang mengandung bahan penyebab hipersesintivitas harus dicantumkan pada lebel kemasan makanan. Selain itu, semua bahan makanan juga wajib dicantumkan pada label kemasan makanan.

SFA menambahkan bagi konsumen yang telah membeli produk dan alergi terhadap alergen tidak mengonsumsinya.