Tak Hanya Enak, Intip 5 Camilan Sehat yang Bantu Program Hamil

Minggu, 15 Januari 2023 | 00:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Tak Hanya Enak, Intip 5 Camilan Sehat Yang Bantu Program Hamil

Ilustrasi Cemilan Untuk Program Hamil. (Special)

Ladiestory.id - Salah satu program kehamilan yang berhasil dipengaruhi oleh pola hidup yang sehat, lho. Bagi kamu yang kini tengah menanti buah hati tentu perlu memperhatikan makanan atau camilan yang dikonsumsi.

Sebab, mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat dapat membantu kehamilan berjalan dengan baik. Selain memperhatikan makanan yang dikonsumsi cemilan sehari-hari pun perlu diperhatikan.

Nah, bagi kamu yang bingung camilan apa yang cocok untuk dikonsumsi. Yuk, simak lima camilan sehat dan enak yang bantu program kehamilan mu.

1. Dark Chocolate

Ilustrasi Dark Chocolate (Special)

Coklat merupakan salah satu cemilan yang menjadi favorit bagi sebagian orang. Nah, bagi kamu pecinta coklat, pilihan satu ini sangat tepat untuk dikonsumsi. Cokelat yang memiliki kandungan lebih sehat serta tidak membuat berat badan naik berlebihan yaitu dark chocolate.

Berdasarkan jurnal dari Harvard School of Public Health mengungkapkan bahwa dark chocolate mengandung flavonoid yang dua hingga tiga kali lebih banyak dari coklat susu.

Kandungan ini dapat membantu membantu meningkatkan aliran darah serta menurunkan tekanan darah dan bantu kurangi risiko diabetes.

2. Roti Alpukat Panggang

Ilustrasi Roti Alpukat Panggang. (Special)

Jika kamu bosan menikmati alpukat yang dikonsumsi langsung. Kamu bisa mencoba cara lain, yaitu dengan mencampur alpukat menjadi isian roti panggang. Kandungan vitamin K pada alpukat dapat membantu menyerap nutrisi secara efektif untuk menjaga keseimbangan hormon pada wanita.

Selain itu, alpukat memiliki kandungan kalori serta lemak tak jenuh tunggal. Adanya kalium juga dapat membantu mengontrol tekanan darah.

Sedangkan, roti memiliki kandungan folat yang memberikan nutrisi pada tubuh. Kamu dapat tambahkan roti panggang alpukat mu dengan minyak zaitun serta sayuran supaya semakin bergizi dalam rangka bantu program kehamilan mu. 

3. Biji Bunga Matahari

Ilustrasi Biji Bunga Matahari. (Special)

Salah satu camilan yang mudah didapatkan dan memiliki kandungan nutrisi bagi kamu yang tengah program hamil yaitu biji bunga matahari tanpa garam.

Adanya vitamin E pada biji bunga matahari memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Tak hanya itu, kandungan seng, folat, serta selenium dapat membantu kesuburan pria serta wanita.

Cemilan jni juga merupakan sumber asam lemak dan omega 3 serta omega 6. Kamu dapat menikmati biji bunga matahari dengan memasukkannya ke dalam mangkuk salad serta tambahkan selai kacang untuk tambahkan sumber protein pada tubuh.

4. Yoghurt

Ilustrasi Yoghurt. (Special)

Selain enak, yoghurt ternyata merupakan cemilan yang sehat lho. Khususnya bagi kamu yang tengah menjalani program kehamilan. Kamu dapat memberikan variasi buah-buahan yang disukai saat menikmati yoghurt.

Kandungan probiotik dan kalsium sangat baik bagi ibu yang juga tengah mengandung. Kalsium juga dapat membantu kamu terhindar dari osteoporosis selama hamil. 

5. Telur

Ilustrasi Telur. (Special)

Cemilan satu ini juga sangat cocok untuk kamu yang tengah menjalani program hamil. Kamu dapat membuatnya dengan cara direbus atau dimasukkan ke dalam roti.

Tak hanya memiliki rasa gurih, kuning dalam telur juga mengandung nutrisi seperti kalsium, zat besi, vitamin B6, seng, folat serta vitamin B12.

Telur juga merupakan sumber protein tanpa lemak yang sangat mudah didapatkan dan bantu meningkatkan kesuburan bagi pria serta wanita. Kandungan kolin juga mengurangi adanya resiko cacat lahir.  

Itulah lima cemilan yang tak hanya enak namun juga sehat. Khususnya bagi kamu yang tengah menjalani program kehamilan. Selain mengonsumsi berbagai cemilan, kamu juga perlu menerapkan pola hidup sehat. Kira-kira cemilan mana nih yang jadi favorit kamu, Ladies? Selamat mencoba dan salam sehat!