Tak Hanya Jago "Open Mic", 5 Komika Ini Juga Jago Nulis Buku

Jumat, 14 Januari 2022 | 16:15:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Tak Hanya Jago "Open Mic", 5 Komika Ini Juga Jago Nulis Buku

Potret Fico Fachriza. (Special)

Ladiestory.id - Stand up comedy adalah suatu bentuk pertunjukan komedi yang dibawakan oleh pemain solo dan berinteraksi langsung dengan penonton. Stand up comedy biasanya dibawakan secara monolog oleh komika, sebutan untuk pemain stand up comedy.

Masing-masing komika memiliki style tersendiri dalam menyampaikan materi stand up comedy. Stand up comedy bukan hanya lawakan yang tak berfaedah. Terkadang para komika mengajak para penonton untuk berfikir kritis namun dengan gaya yang santai.

Di Indonesia sudah banyak tercetak komika-komika bertalenta. Mereka berhasil menghadirkan warna tersendiri dalam dunia komedi. Selain jago dalam hal "open mic" beberapa komika berikut juga ternyata jago menulis lho. Bahkan karya tulisan mereka telah berhasil diterbitkan. Yuk simak siapa saja komika yang juga seorang penulis buku.

1. Raditya Dika

Potret Raditya Dika. (Special)
Potret Raditya Dika. (Special)

Dika Angkasaputra Moerwani Nasution atau biasa yang dikenal dengan nama Raditya Dika pada mulanya adalah seorang penulis sebelum terjun ke dunia stand up comedy. Pria kelahiran 28 Desember 1984 ini telah berhasil menuliskan beberapa judul buku. Bukunya pertama kali diluncurkan pada 2005 dengan judul Kambing Jantan.

Selain itu, ia juga berhasil meluncurkan buku Cinta Brontosaurus, Radikus Makankakus, Babi Ngesot, Marmut Merah Jambu, Manusia Setengah Salmon, Koala Kumal, dan Ubur-Ubur Lembur.

Buku-bukunya tersebut sebagian besar bercerita tentang keseharian Raditya Dika yang dibumbui dengan komedi. Bahkan beberapa judul bukunya tersebut berhasil diangkat menjadi film yang sukses dipasaran. Tak hanya menjadi penulis, komika ini juga merupakan seorang aktor, sutradara dan YouTuber. Wah multitalenta ya, Ladies.

2. Ernest Prakasa

Potret Ernest Prakasa. (Special)
Potret Ernest Prakasa. (Special)

Ernest Prakasa merupakan juara ke-3 dalam ajang Stand Up Comedy Indonesia. Semenjak mengikuti ajang tersebut, namanya semakin melejit. Selain dikenal sebagai seorang komika, pria kelahiran 29 Januari 1982 ini juga ternyata seorang penulis buku.

Ia telah merilis buku yang berjudul Ngenest (2013) yang telah diadaptasi menjadi sebuah film pada 2015 dan juga buku Setengah Jalan (2017).

Tak hanya itu, Ernest juga dikenal sebagai sutradara. Film karyanya juga sukses di pasaran. Seperti Ngenest The Movie, Cek Toko Sebelah, Susah Sinyal, Milly dan Mamet: Ini Bukan Cinta dan Rangga, dan Imperfect.

3. Pandji Pragiwaksono

Potret Pandji Pragiwaksono. (Special)
Potret Pandji Pragiwaksono. (Special)

Pandji Pragiwaksono Wongsoyudo atau yang lebih dikenal sebagai Pandji Pragiwaksono juga merupakan komika yang jaga menulis. Pria kelahiran 18 Juni 1979 ini telah mengeluarkan beberapa judul buku diantaranya Nasional.Is.Me, Berani Mengubah, Juru Bicara, Persisten, hingga yang terakhir berjudul Pecahkan.

Buku karya Pandji kebanyakan berisi tentang keadaan negara Indonesia dalam berbagai aspek kehidupan seperti sosial, ekonomi, hukum, dan politik.

Dikemas dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti tak menjadikan buku karya Pandji menjadi sesuatu yang berat untuk dibaca. Bisa menambah wawasan, Ladies.

4. Dzawin Nur Ikram

Potret Dzawin Nur Ikram. (Special)
Potret Dzawin Nur Ikram. (Special)

Dzawin Nur Ikram atau yang biasa dikenal dengan Dzawin adalah komika yang terkenal dengan lawakan khas santri. Pria kelahiran 22 Agustus 1991 ini juga ternyata pernah menulis buku.

Bukunya diterbitkan pada 2017 dengan judul Santri Jahil Iyah. Buku ini berisi tentang perjalanan hidup Dzawin sebagai seorang santri. Namun sekarang Dzawin lebih aktif sebagai seorang YouTuber.

5. Fico Fachriza

Potret Fico Fachriza. (Special)
Potret Fico Fachriza. (Special)

Nama Fico Fachriza saat ini tengah hangat diperbincangkan. Pria kelahiran 24 Mei 1994 ini baru saja ditangkap polisi pada Kamis malam (13/1/2022). Penangkapan tersebut terkait kepemilikan dan pemakaian narkoba jenis ganja.

Selain sebagai seorang komika, Fico Fachriza juga merupakan seorang penulis. Buku karyanya sudah berhasil diterbitkan. Buku yang ditulis oleh Fico bukan merupakan buku komedi melainkan berisi tentang kuliner. Buku karya Fico yang berhasil diterbitkan diantaranya Martabak Asam Manis pada 2014 dan Puncak Nasi Tumpeng pada 2018.